Ditulis oleh: Anna SUrti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi.

Hamil adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua wanita. Walaupun membahagiakan, hamil juga sering menimbulkan kerepotan sendiri. Misalnya, sejak awal hamil Ibu biasanya mengalami morning sickness, yang membuat aktivitas Ibu di pagi hari kadang terasa sangat menantang.

Di akhir kehamilan, Ibu mungkin mengalami kesulitan tidur karena perut mama yang sudah sangat besar. Selain itu, ada pula beberapa larangan yang harus Ibu patuhi, seperti dilarang mengonsumsi makanan mentah walaupun mama penggemar sushi sekalipun.

Selain perubahan fisik, perubahan sosial juga turut mengalami perubahan. Respons lingkungan yang berubah terhadap Ibu hamil, ada yang membuat nyaman dan juga tak nyaman. Salah satunya adalah semakin seringnya orang-orang di sekitar mengingatkan Ibu untuk memelihara kesehatan dan juga  berbagai mitos, termasuk mitos-mitos yang salah kaprah.

Berbagai perubahan fisik dan respons lingkungan berpengaruh pada kondisi psikis Ibu. Banyak Ibu yang semakin cemas menjalani kehamilan, takut bayi tak sehat, cemas tak cukup dana untuk melahirkan, khawatir perubahan tubuh kelak akan membuat papa berubah sikap, dan sebagainya. Pada beberapa kasus, kecemasan yang terlalu besar dapat berujung ke depresi kehamilan yang dapat berpengaruh pada kurang baiknya perkembangan janin yang di dalam kandung.

Nah, daripada memikirkan hal-hal yang negatif, sebaiknya Ibu menikmati berbagai kemewahan selama hamil. Ada berbagai hal menyenangkan yang hanya diperuntukkan bagi Ibu hamil yang bahkan tak selalu bisa didapatkan Ibu lain yang tak sedang hamil. Apa saja itu? Ayo cek daftar berikut ini:

  1. Kapan lagi foto Ibu setiap bulan akan berbeda? Cobalah berfoto setiap tanggal tertentu. Setelah itu, kumpulkan foto-foto tersebut menjadi koleksi pribadi mama dan jadikan memen yang sangat menyenangkan buat hadiah si kecil kelak. Hal tersebut bertujuan agar, si kecil dapat mengetahui bahwa ia telah mengubah tubuh mamanya sejauh itu.
  2. Buku harian kehamilan juga akan menyenangkan. Ibu bisa menuliskan segala yang Ibu rasakan. Kelak ketika Ibu membaca ulang, Ibu bisa menyadari begitu banyak jenis emosi yang dirasakan gara-gara makhluk mungil di dalam rahim Ibu.
  3. Inilah saat-saat di mana hobi belanja Ibu dapat terpuaskan tanpa terlalu banyak pertanyaan dari papa. Baju hamil, bra hamil, celana dalam hamil, sepatu yang berubah ukuran, dan beberapa item fashion lainnya. Nantinya Ibu juga perlu berbelanja untuk keperluan si kecil kan?
  4. Banyak yang bilang bahwa Ibu yang hamil lebih cantik dan lebih menarik dibandingkan biasanya. Apalagi ketika aura kebahagiaan itu memancar, menjadi luar biasa, bukan?
  5. Ibu dapat beristirahat lebih lama dengan alasan kesehatan Ibu dan bayi.  Selain itu, Ibu juga dapat memanjakan diri, salah satunya adalah dengan mengikuti yoga dan spa khusus hamil.
  6. Semakin besar perut Ibu, semakin Ibu dimanjakan saat berada di tempat umum, apalagi transportasi umum. Selain itu, Ibu juga akan mendapatkan begitu banyak perhatian dari orang-orang disekeliling.
  7. Ibu akan lebih mudah mendapatkan teman di manapun dan kapanpun. Semua orang sepertinya punya cerita tentang kehamilan yang seru untuk didengarkan.
  8. Semua kelas kehamilan dan persiapan melahirkan terbuka secara eksklusif menyambut Ibu.
  9. Ibu akan dianggap normal ketika bicara tanpa ada orang di sekitar Ibu. Semua orang akan meyakini bahwa Ibu sedang bicara dengan si kecil dalam perut sambil menstimulasinya.
  10. Hanya Ibu hamil yang dapat merasakan tendangan si kecil dari dalam tubuhnya.
  11. Inilah saat-saat di mana ada minimal 2 jantung sekaligus di dalam tubuh Ibu. Ibu akan merasa jauh lebih hidup dibandingkan biasanya.
  12. Sadari bahwa begitu banyak ahli yang khusus bekerja untuk Ibu hamil, seperti dokter kandungan, perawat obgin, konselor laktasi, dan lainnya.
  13. Ibu punya teman yang terus-menerus menemani ke manapun dan kapanpun selama 9 bulan.
  14. Ibu akan merasa menjadi orang yang sangat perkasa, karena ada makhluk kecil yang sungguh tergantung untuk dilindungi Ibu.
  15. Jika ingin menikmati kehamilan lebih spesial, Ibu dapat meminta sahabat yang pintar melukis untuk melukisi perut Ibu, tentunya dengan cat yang ramah untuk tubuh seperti cat dari henna atau cat finger atau face painting.

Itulah beberapa ide yang dapat mama lakukan selama menjalani kehamilan agar lebih menyenangkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat hati Ibu lebih senang. Jika Ibu senang, tentunya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan fisik dan psikis janin. So, tunggu apalagi. Selamat mencoba!

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+