Kehamilan yang Ibu dan Ayah tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Banyak hal tentunya akan dialami Ibu, seperti perubahan bentuk fisik dan suasana hati yang dipicu oleh produksi hormon-hormon selama masa kehamilan.

Salah satu hormon yang aktif sejak kehamilan trimester pertama adalah Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon yang memicu produksi hormon lain seperti estrogen dan progestron ini menimbulkan perubahan emosi atau mood swings pada Ibu ketika masa kehamilan. Ibu bisa saja merasa senang dan ceria di satu waktu kemudian tiba-tiba berubah menjadi murung dan menangis dalam waktu yang berdekatan.

Meski membingungkan, Ibu tidak perlu khawatir akan perubahan emosi selama masa kehamilan. Kondisi ini normal dan dapat diatasi dengan melakukan beberapa tips berikut:

Selalu berpikir positif

Ibu dapat meredam perubahan mood yang naik turun dengan terus membiasakan diri berpikir positif. Penting untuk selalu menanamkan pikiran bahwa kondisi perubahan mood ini normal terjadi di usia kehamilan trimester pertama dan akan lebih stabil ketika memasuki masa trimester kedua.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Ibu bisa mencoba melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan suasana hati menjadi gembira untuk mengalihkan diri dari emosi negatif yang dapat membuat Ibu merasa cemas, khawatir berlebih dan mudah marah. Contohnya, jika Ibu gemar berolahraga,  Ibu bisa mengajak Ayah untuk menemani jogging santai pada pagi atau sore hari. Atau, jika gemar membaca atau membuat kerajinan tangan, Ibu bisa melakukan hobi tersebut di waktu senggang.

Makan makanan sehat untuk mengontrol mood swings

Ibu juga bisa mencegah dan mengurangi perubahan emosi selama masa kehamilan dengan cara menjaga asupan makanan sehat. Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang polong bisa membantu memperbaiki mood dan mengurangi depresi pada Ibu hamil karena kacang mengandung lemak baik, omega 3 dan selenium. Selain itu, Ibu juga bisa mengonsumsi dark chocolate yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Kandungan antioksidan, flavonoid dan fenolik phytochemical dalam dark chocolate juga bisa membantu meningkatkan mood Ibu selama kehamilan.

 

Sumber:

  1. The Baby Center Medical Advisory Board. August 2016. Mood Swings during Pregnancy
  2. Shelly, Yona. 2014. 5 Sarapan untuk Meningkatkan Mood selama Kehamilan
  3. dr Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG, M.Kes dan Fitria Chakrawati, S.Sos., MM. Panduan Super Lengkap Hamil Sehat. Penebar Plus: 2014. Perubahan Fisik dan Emosi, page 31.

 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+