Kehamilan yang Mama dan Papa tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Banyak hal tentunya akan dialami Mama, seperti perubahan bentuk fisik dan suasana hati yang dipicu oleh produksi hormon-hormon selama masa kehamilan.

Salah satu hormon yang aktif sejak kehamilan trimester pertama adalah Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon yang memicu produksi hormon lain seperti estrogen dan progestron ini menimbulkan perubahan emosi atau mood swings pada Mama ketika masa kehamilan. Mama bisa saja merasa senang dan ceria di satu waktu kemudian tiba-tiba berubah menjadi murung dan menangis dalam waktu yang berdekatan.

Meski membingungkan, Mama tidak perlu khawatir akan perubahan emosi selama masa kehamilan. Kondisi ini normal dan dapat diatasi dengan melakukan beberapa tips berikut:

Selalu berpikir positif

Mama dapat meredam perubahan mood yang naik turun dengan terus membiasakan diri berpikir positif. Penting untuk selalu menanamkan pikiran bahwa kondisi perubahan mood ini normal terjadi di usia kehamilan trimester pertama dan akan lebih stabil ketika memasuki masa trimester kedua.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Mama bisa mencoba melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan suasana hati menjadi gembira untuk mengalihkan diri dari emosi negatif yang dapat membuat Mama merasa cemas, khawatir berlebih dan mudah marah. Contohnya, jika Mama gemar berolahraga,  Mama bisa mengajak Papa untuk menemani jogging santai pada pagi atau sore hari. Atau, jika gemar membaca atau membuat kerajinan tangan, Mama bisa melakukan hobi tersebut di waktu senggang.

Makan makanan sehat untuk mengontrol mood swings

Mama juga bisa mencegah dan mengurangi perubahan emosi selama masa kehamilan dengan cara menjaga asupan makanan sehat. Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang polong bisa membantu memperbaiki mood dan mengurangi depresi pada Mama hamil karena kacang mengandung lemak baik, omega 3 dan selenium. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi dark chocolate yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Kandungan antioksidan, flavonoid dan fenolik phytochemical dalam dark chocolate juga bisa membantu meningkatkan mood Mama selama kehamilan.

 

Sumber:

  1. The Baby Center Medical Advisory Board. August 2016. Mood Swings during Pregnancy
  2. Shelly, Yona. 2014. 5 Sarapan untuk Meningkatkan Mood selama Kehamilan
  3. dr Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG, M.Kes dan Fitria Chakrawati, S.Sos., MM. Panduan Super Lengkap Hamil Sehat. Penebar Plus: 2014. Perubahan Fisik dan Emosi, page 31.

 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+