Salah satu gejala yang kerap menyerang Ibu di masa kehamilan adalah pegal-pegal. Banyaknya perubahan di tubuh Ibu, termasuk kenaikan berat badan seiring dengan semakin besarnya si Kecil merupakan salah satu penyebab utama Ibu kerap merasakan pegal.

Naiknya berat badan Ibu memberi tekanan lebih pada bagian lutut, juga membuat tulang sendi Ibu terasa lebih longgar sehingga Ibu kerap merasa goyah saat berjalan. TIdak hanya itu, naiknya kadar cairan dalam tubuh saat hamil juga membuat Ibu merasa pegal di bagian pergelangan kaki, punggung dan tumit kaki. Ibu bisa lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi rasa pegal yang menyerang.

Berolahraga

Jika Ibu merasakan pegal-pegal saat hamil, ada baiknya untuk mulai berolahraga ya, Ma. Olahraga seperti jogging atau berenang bisa jadi pilihan yang aman untuk Ibu lakukan saat hamil. Dengan berolahraga, tubuh akan melakukan beragam gerakan sehingga membantu membuat sendi-sendi tubuh Ibu menjadi lebih fleksibel. 

Pijat dan akupuntur

Apabila kondisi Ibu tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga, Ibu dapat memijat atau melakukan akupuntur pada bagian tubuh yang terasa pegal. Pijat dan akupuntur dapat membantu mengurangi rasa pegal yang terasa di sendi Ibu.

Mandi dengan air hangat

Selain olahraga atau melakukan pijat akupuntur, Ibu juga bisa memanfaatkan air hangat atau air dingin untuk mengurangi rasa pegal di tubuh kala hamil. Mandi dengan air hangat, mengompres bagian sendi kaki yang pegal menggunakan lap hangat, atau mengompres dengan handuk yang berisi es batu bisa jadi pilihan lain untuk mengatasi pegal.

Konsumsi makanan dengan kandungan omega 3

Ibu juga bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau untuk mencegah terserang rasa pegal. Makanan tersebut merupakan sumber omega 3, nutrisi yang diketahui dapat membantu mengurangi inflamasi atau nyeri pada sendi.

Beristirahat

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan teratur ya, Ma. Aktivitas harian seperti duduk di meja kerja selama berjam-jam, atau sekadar berjalan dari satu tempat ke tempat lain dapat membuat otot dan sendi Ibu kelelahan. Tidur atau rebahan selama beberapa saat bisa jadi solusi tepat agar Ibu terhindar dari pegal-pegal.

 

Sumber:

American Pregnancy. 2016. Treating Joint Pain Naturally during Pregnancy. http://americanpregnancy.org/naturally/treating-joint-pain-naturally-during-pregnancy/

Ann Pietrangelo, 2016, Arthritis During Pregnancy. http://www.healthline.com/health-slideshow/pregnancy-arthritis#1

 

CVM: 680/10/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+