Ibu yang sedang menjalani kehamilan khususnya pada trimester ketiga mungkin sudah mulai memfokuskan perhatian pada janin yang sebentar lagi lahir. Tak sedikit pula Ibu yang mulai mengambil cuti dari kantor demi mempersiapkan kelahiran si Kecil. Dengan banyaknya waktu luang di rumah, apa saja yang bisa Ibu lakukan?

  • Membaca

Siapa yang tak ingin jadi Ibu yang cerdas dan pandai? Ibu bisa memperkaya pengetahun seputar bagaimana menjadi Ibu yang baik atau cara-cara dalam menjaga kehamilan dan mempersiapkan persalinan dengan membaca buku atau artikel terkait.

  • Mengikuti kelas persalinan

Ibu juga perlu mengetahui tips untuk kelancaran proses persalinan dengan mengikuti kelas persalinan di waktu luang. Tak hanya belajar tips-tips penting saat melahirkan, Ibu juga bisa bertanya seputar kehamilan, kelahiran dan cara merawat si Kecil dengan baik pada mentor Ibu.

  • Mengajak si Kecil ngobrol

Jika janin Ibu sudah berusia 23 minggu atau lebih, Ibu bisa luangkan waktu setiap harinya untuk mengajaknya mengobrol. Meski terlihat aneh, namun mengajak bicara si Kecil sejak dalam kandungan justru menjadi cara terbaik untuk menstimulasi perkembangan organ sensoriknya, khususnya telinga.

  • Berolahraga

Untuk sehat, Ibu harus menjaga agar tubuh tetap aktif. Berolahraga secara teratur bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan mood Ibu, mengontrol kenaikan berat badan Ibu, dan juga membantu Ibu supaya dapat tidur nyenyak pada malam hari. Lakukan olahraga yang direkomendasikan aman untuk Ibu hamil, seperti berenang, yoga atau jogging.

  • Istirahat dengan maksimal

Waktu luang juga bisa dimanfaatkan dengan tidur atau beristirahat. Tubuh Ibu yang sedang hamil membutuhkan banyak energi untuk kelancaran pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga tidur bisa jadi salah satu solusinya. Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of California, San Fransisco, Ibu yang kerap tidur kurang dari enam jam sehari akan meningkatkan risiko kelahiran caesar.

  • Ngemil sehat

Ibu perlu lebih banyak asupan vitamin dan mineral agar tumbuh kembang janin optimal. Jangan malas untuk ngemil buah-buahan, seperti pisang, alpukat, kiwi dan mangga atau makan camilan sehat, seperti yoghurt, kacang-kacangan dan sup ayam.

 

 

Sumber:

Laurie Herr. Parents. 17 Tips for A Healthy Pregnancy. http://www.parents.com/pregnancy/my-body/pregnancy-health/healthy-pregnancy-tips/view-all/

Baby Centre. 2014. Will My Baby Learn Anything in The Womb? https://www.babycentre.co.uk/a1049781/will-my-baby-learn-anything-in-the-womb

Carol Hyman. 2004. UCSF News Center. UCSF Study Finds Inadequate Sleep in Late Pregnancy May Influence Length of Labor and Type of Delivery. https://www.ucsf.edu/news/2004/12/5239/ucsf-study-finds-inadequate-sleep-late-pregnancy-may-influence-length

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+