Proses persalinan Caesar atau Caesarean section adalah proses persalinan melalui pembedahan pada perut dan rahim Ibu. Proses ini biasanya disarankan oleh dokter kandungan Ibu jika proses kelahiran normal melalui vagina memberikan risiko keselamatan pada Ibu maupun janin, khususnya jika Ibu memiliki komplikasi kehamilan atau riwayat penyakit tertentu.

Pasca persalinan Caesar, Ibu akan merasakan nyeri di sekitar area perut tempat jahitan bedah terjadi. Selain itu, beberapa dari Ibu akan merasakan sakit saat buang air besar akibat jahitan pada otot perut yang belum sepenuhnya pulih. Untuk mempercepat pemulihan pasca operasi Caesar, Ibu sebaiknya melakukan tips berikut.

Makan makanan bernutrisi dan kaya serat

Salah satu upaya pemulihan pasca operasi Caesar adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi. Makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan gandum mudah dicerna tubuh sehingga mempemudah Ibu buang air besar tanpa rasa sakit. Selain makanan kaya serat, Ibu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, terutama yang kaya akan protein, zat besi, kalsium dan vitamin C. Protein membantu proses pembentukan sel-sel jaringan tubuh dan mengembalikan kekuatan otot sekitar rahim pasca operasi, zat besi membantu pembentukan sel darah untuk menggantikan sel darah merah yang hilang saat proses melahirkan, sementara kalsium dapat membantu melemaskan otot-otot dan menguatkan tulang.

Menyusui si Kecil

Menyusui si Kecil merupakan cara efektif untuk pemulihan pasca persalinan. Pasalnya, proses menyusui sendiri dapat membantu mengembalikan rahim Ibu ke ukuran semula seperti sebelum hamil, juga membantu mengembalikan berat badan Ibu. Selain itu, proses menyusui juga diketahui dapat mencegah Ibu terserang sindrom baby blues pasca melahirkan karena produksi hormon oksitoksin yang meningkat.

 Minum banyak cairan

Selain makan makanan bernutrisi dan kaya serat, Ibu juga perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Minum banyak cairan, utamanya 8-10 gelas per hari pasca persalinan Caesar akan membantu mempermudah penyerapan makanan dan mencegah Ibu dari risiko sembelit, konstipasi dan dehidrasi.

Jangan terlalu banyak bergerak

Pasca persalinan Caesar Ibu sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang membuat Ibu terlalu banyak bergerak, contohnya naik turun tangga atau berolahraga. Namun, Ibu disarankan rutin berjalan kaki untuk membantu meningkatkan pemulihan pasca operasi dan mencegah terjadinya penggumpalan darah atau konstipasi. Jika Ibu ingin mulai kembali beraktivitas, tunggulah setidaknya delapan minggu atau sesuai dengan anjuran dokter.

 

Sumber:

Stephanie Watson and Debra Sullivan, PhD. C-Section: Tips for A Fast Recovery. Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-tips-for-fast-recovery

Hedwige Saint Louis, MD, MPH, FACOG. Medscape.  Caesaean Delivery. Post-Procedure, Postoperative  Care. August 2016  https://emedicine.medscape.com/article/263424-overview#a4

 

CVM: 02-529/8/2018

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+