Sering merasa gugup dalam menjalani aktivitas baru sebagai calon Mama? Kerap ragu ketika ingin memberikan asupan terbaik bagi janin di dalam kandungan? Atau malu saat bentuk tubuh menjadi membesar? Jika kondisi itu terjadi, maka Mama sedang merasakan takut gagal dan terbebani oleh tanggung jawab sebagai calon Mama baru karena merasa tidak percaya diri.

Mama tak perlu gelisah, problematika ini memang banyak dihadapi oleh calon Mama. Namun, meski banyak Mama yang mengalaminya bukan berarti tidak ada cara yang tepat untuk menghilangkannya. Ada beberapa solusi yang bisa Mama terapkan untuk meningkatkan percaya diri dalam menjalani kehamilan pertama, yaitu:

Rajin Mengukur Berat Badan

Perut yang membesar hanyalah satu dari banyak perubahan yang akan dialami tubuh ketika masa kehamilan. Jika Mama terbiasa memperhatikan berat badan yang terus naik dengan mengukur bobot melalui timbangan maka Mama tak akan terkejut saat melihat keadaan tubuh di depan cermin atau tidak merasa heran ketika mudah merasa kelelahan saat berjalan jauh.

Bersikap Terbuka

Terbuka dengan Papa tentang perasaan yang dihadapi ketika Mama sedang hamil sangat penting dilakukan. Pasalnya komunikasi akan selalu menjadi kunci. Cobalah untuk berbicara dengan Papa mengenai perubahan bentuk tubuh atau kekurangan yang dihadapi Mama saat masa hamil. Upaya komunikasi tersebut dapat membuat Mama merasa lega dan memupuk rasa percaya diri.

Bersosialisasi

Sebagai seorang perempuan tentunya Mama ingin tampil sempurna ketika bepergian ke luar rumah atau bersosialisasi dengan teman dekat. Namun, ketika hamil, kecenderungan tubuh menjadi besar, rambut tak berkilau serta kulit yang tak bersinar membuat Mama menjadi tidak percaya diri dan urung untuk keluar rumah.

Padahal, ketika berkumpul bersama teman atau menjalani olahraga khusus kehamilan dengan rekan-rekan, Mama dapat berbagi perasaan dengan Mama hamil lainnya  Bersosialisasi juga dapat mengalihkan fokus sementara Mama terhadap aktivitas kehamilan sebagai bentuk penyegaran.

Berolahraga

Kehamilan bisa menjadi momen yang tidak mudah dihadapi oleh Mama yang terbiasa aktif dan bugar. Bukan tanpa sebab, pasalnya aktivitas sehari-hari yang dilakukan Mama hamil saja sudah menguras energi, terutama pada trimester terakhir. Namun, perlu ditekankan bahwa tubuh lesu juga berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, Mama hamil sebaiknya tetap berolahraga.

Berolahraga ringan dipercaya dapat membantu tubuh Mama tetap bugar, mencegah timbulnya retensi air atau kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh dan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan percaya diri dalam menjalani kehamilan pertama.

Meminta Saran

Kerap ragu ketika ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dirasa baik bagi janin karena terbatasnya pengetahuan? Apabila hal ini dialami oleh Mama hamil maka mintalah saran kepada keluarga, teman atau dokter kandungan tentang apa saja yang baik untuk dikonsumsi atau apa saja yang harus dilakukan agar janin yang ada di kandungan Mama sehat.

Dorong juga keluarga atau teman Mama yang telah mengalami masa kehamilan untuk memberi masukan dan bercerita tentang masa-masa mereka ketika hamil. Upaya tersebut dilakukan untuk menambah pengetahuan Mama perihal kehamilan, sehingga  menumbuhkan rasa percaya diri saat memberikan asupan yang baik untuk janin.

 

 

Sumber:

  1. Francie M. Berg. 2008. Self Esteem / Body Image Size Positive. Healthy Weight Network. http://www.healthyweight.net/size1.htm
  2. Katie A. Loth, RD, MPH, Katherine W. Bauer, PhD, MS, MPH. 2011. Body Satisfaction During Pregnancy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3124621/?report=reader
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+