Search logo Menu logo

Question and Answer

dok saya mau tanya,setelah 2 bulan melahirkan bolehkah saya berhubungan intim lagi?
lidaniyati
lidaniyati
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Lidaniyati, pada dasarnya setiap perempuan memiliki kesiapan yang berbeda-beda untuk bisa berhubungan suami istri kembali setelah melahirkan. Tidak ada waktu yang pasti untuk memulai hubungan suami istri, karena berkaitan dengan kesiapan secara fisik dan emosional. Namun Mama sudah dapat melakukan hubungan suami istri apabila sudah selesai masa nifas. Mama dapat mencoba melakukan hubungan suami istri secara perlahan dan komunikasikan dengan Papa apabila mengalami keluhan. Namun jika Mama mengalami sakit atau nyeri saat melakukan hubungan suami istri walaupun sudah dilakukan secara perlahan, Mama dapat berkonsultasi dengan bidan atau dokter ya. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Dok saya blm menstruasi smp skrg.trakhir menstruasi tu saat hari ke-35 masa nifas.apakah ada masalah pd tubuh saya atau krna faktor lain?
Sabania
Sabania
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Sabania, kondisi pada setiap Mama pasca melahirkan berbeda-beda. Umumnya Mama akan mengalami menstruasi kembali pasca melahirkan setelah masa nifas 40 hari atau 6 minggu. Namun apabila Mama belum mengalami menstruasi kembali hingga mas nifas berakhir, sebaiknya Mama dapat berkonsultasi secara langsung dengan bidan atau dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan dan diketahui secara pasti penyebabnya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Malam dokter, apakah jam makan anak yang tidak teratur dapat mempengaruhi nutrisinya? Terima kasih
Arnisa Dewi Pane
Arnisa Dewi Pane
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Arnisa Dewi Pane, apabila jadwal makan si Kecil yang tidak teratur namun mengikuti pola makan 3 kali makan utama dan 2 kali selingan, maka Mama tidak perlu merasa khawatir. Namun jika pola makan si Kecil kurang dari 3 kali makan utama dan 2 kali selingan, maka hal tersebut dikhawatirkan kurang memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebaiknya Mama secara perlahan dapat mengatur kembali jadwal makan si Kecil ya dan pastikan si Kecil mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Bu Budiarti,sy ibu menyusui.anak sy mau 6 bulan.akhir Maret kmrin si kecil hbis sakit & sy jg hbis sakit. Akhirnya si kecil Ndak mau menyusu.Bgaimana caranya agar si kecil mau menyusu lgi.trima ksih..
Qurroti ayun
Qurroti ayun
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Qurroti ayun, ada beberapa faktor penyebab si Kecil tidak mau mengonsumsi ASI, diantaranya karena sudah terbiasa menggunakan botol susu sehingga bingung puting, posisi menyusui tidak nyaman sehingga membuat si Kecil tidak mau menyusu, atau pun daya tahan tubuh si Kecil sedang menurun dsb. Jadi untuk saat ini, sebaiknya Mama bisa memberikan ASI kepada si Kecil dengan menggunakan sendok atau pipet, namun Mama juga dapat mencoba memberikan ASI langsung dari payudara Mama. Pastikan posisi menyusui sudah benar serta berikan ASI sesering mungkin. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
pada saat anak sakit batuk ,pilek untuk para ibu yg menyusui apakah ada pantangan untuk makanan yg dimakan untui ibu tersebut apakah berpengaruh untuk anak sya.terimakasih dok Febriansyah
Yulansari Winanda
Yulansari Winanda
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Yulansari Winanda, saat masa menyusui tentunya makanan yang Mama konsumsi secara tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI ya. Apabila saat ini Mama mengalami flu sebaiknya Mama dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang terutama yang mengadung Vitamin C seperti jambu biji, jeruk, mangga dll. Kemudian istirahat yang cukup, kurangi aktivitas berat dan perbanyak konsumsi air putih. Semoga membantu dan semoga Mama lekas sembuh. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
dok anak sy mau berusia 2bln, kl pup gk tiap hari dr sejak lahir,kdg 2x sehari,3x sehari,4x sehari,5x sehari,pnh sampai 1minggu sekali. normal gk dok?tp gk rewel. bayi sy minum asi dan sufor
Rita We Lah
Rita We Lah
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Rita We Lah, ASI adalah nutrisi yang terbaik untuk usia si Kecil saat ini. Si Kecil yang masih konsumsi ASI Eksklusif wajar jika belum BAB dengan rentang waktu selama 2 hari sampai dengan 1 minggu. Karena ASI yang dikonsumsi oleh si Kecil cepat sekali terserap didalam tubuh si Kecil. Sebaiknya pada saat menyusui sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan tinggi serat karena makanan yang Mama konsumsi tentunya dapat mepengaruhi kualitas ASI. Selain itu Mama bisa lakukan pemijatan di bagian perut secara berputar membentuk LOVE, serta gerakkan kaki si Kecil seperti sedang mengayuh sepeda secara lembut selama beberapa kali untuk membantu mengeluarkan BAB. Untuk penggunaan susu formula bagi si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter ya karena sistem pencernaan si Kecil yang masih sangat sensitif terhadap susu formula. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
selamat siang Dr.Febriansyah pertanyaan saya pda saat mentmyusui adakah pantangan untuk para ibu dalam mengkonsumsi makanan terutama makanan yg pedas terimakasih dok.
Yulansari Winanda
Yulansari Winanda
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Yulansari Winanda, selama masa menyusui Mama dapat hindari makanan yang terlalu pedas, asam, bergas, minuman bersoda, kafein dan beralkohol ya. Sebaiknya Mama dapat mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang karena selama masa menyusui makanan yang Mama konsumsi berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Dear Ibu Anna, saya mau tanya.. Saya memiliki adik kembar yang berusia 3 tahun namun saat malam hari, tidurnya selalu larut di atas jam 1 hingga jam 3 pagi. Bagaimana solusinya ya?
Rika Wulandari
Rika Wulandari
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Rika Wulandari, terima kasih atas pertanyaannya. Maksud Mama adalah anak kembar kan, bukan adik kembar? Anak 3 tahun membutuhkan waktu tidur 10-13 jam sehari, sudah termasuk tidur siang. Anak yang terus-terusan kurang tidur dapat beresiko mengalami berbagai masalah tumbuh kembang dan masalah perilaku. Jika jumlah waktu tidur anak-anak sehari sudah cukup, maka tinggal Mama geser waktu tidurnya. Sementara jika waktu tidur sehari masih kurang, maka Mama perlu menambah waktu tidur mereka. Bagaimana caranya? Atur waktu aktivitas mereka. Bangunkan setiap hari pada jam yang relatif sama, dan usahakan cukup pagi, misalnya jam 7 pagi atau sebelumnya. Lalu buat aktivitas yang cukup aktif, terutama di pagi dan siang hari. Perbolehkan anak untuk berlari-larian, melompat-lompat, memanjat, berguling, dll. Jika mereka lelah, bisa tidur siang dulu. Sore bisa melakukan aktivitas yang cukup tenang misalnya mendengarkan dongeng Mama. Sekitar pukul 7 Mama bisa memulai rutinitas sebelum tidur, misalnya mencuci muka dan kaki dan menyikat gigi, lalu mendengar dongeng yang tenang. Setelahnya lampu dimatikan, TV dimatikan, dan buatlah suasana rumah lebih tenang. Periksa suhu kamar agar tak terlalu panas, namun cukup nyaman. Jika mereka masih mengajak bermain, abaikan saja. Mama bisa pura-pura tidur ataupun ikut tertidur. Jika selama ini tidur selalu di atas jam 1, maka tidak mungkin bisa langsung tidur pada pukul 8 malam. Namun Mama bisa sedikit-sedikit menggeser waktu tidurnya. Misalnya biasa memulai rutinitas sebelum tidur jam 12, maka sekarang jadi jam 11, lalu setelah terbiasa menjadi jam 10 dst. Agar pendekatan ini berhasil, butuh kehangatan sekaligus ketegasan Mama. Janganlah mudah dialihkan karena kerewelan atau ajakan main mereka. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Slmat pagi... Para ahli.. Sya mo tanya bgaimana cara mnyusui sikecil supaya puting tdk digigit oleh sikecil krn tumbuh gigi.trimakasi..
Luluk Ainiyah
Luluk Ainiyah
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Luluk Ainiyah, Biasanya si Kecil menggigit puting payudara ketika ia mulai tumbuh gigi. Pada saat itu gusinya terasa gatal, sehingga ketika mengisap payudara, ia pun menggigit-gigit untuk mengurangi rasa gatalnya. Akibatnya puting ibu bisa lecet-lecet dan rasanya perih. Untuk cara mengatasinya, begitu si Kecil menggigit, Mama dapat menunjukkan reaksi kesakitan sambil memegang dagunya agar ia melepaskan gigitannya. Begitu gigitannya sudah lepas, tatap mata si kecil dan katakan "tidak boleh" dengan suara lembut tapi tegas. Si Kecil yang sensitif biasanya akan menangis melihat reaksi Mama seperti itu. Jika si Kecil menangis, bujuk agar berhenti menangis dan susui kembali. Apabila si Kecil menggigit kembali, Mama dapat bereaksi seperti itu lagi. Mama juga dapat hentikan sejenak, saat si Kecil mulai menggigit. Dengan begitu, si Kecil akan belajar bahwa jika ia menggigit, maka tidak akan mendapatkan ASI yang diinginkannya. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
dok asi saya lancar tapi tidak kental dan agak bening apakah tidak masalah
rochmatul fadhilah
rochmatul fadhilah
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Rochmatul Fadhilah, saya psikolog nih bukan dokter. Mama tidak perlu khawatir ya, hal tersebut merupakan hal yang wajar karena ASI terdiri dari ASI Foremilk dan Hindmilk. ASI Foremilk yaitu ASI yang keluar lebih dahulu saat si Kecil menyusu. ASI Foremilk lebih bersifat encer, kaya akan laktosa dan protein yang penting untuk pertumbuhan otak dan berguna untuk menghilangkan rasa haus pada si Kecil. Sedangkan ASI Hindmilk yaitu ASI yang keluar setelah beberapa saat setelah Foremilk. ASI Hindmilk bersifat lebih kental dan mengandung lebih banyak lemak yang bermanfaat untuk pertumbuhan fisik anak. Hindmilk yang lebih kaya lemak inilah yang memberikan efek kenyang pada bayi. Selama menyusui pastikan Mama selalu konsumsi makanan bernutrisi seimbang ya karena makanan yang Mama konsumsi berpengaruh terhadap kualitas ASI dan tetap susui si Kecil ya Ma. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Assalamualaikum dok usia baby saya 16 hari bagaimana cara meningkatkan kualitas asi biar bb bayinya cepat naik
Eny kristanti
Eny kristanti
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Waalaikumsalam Mama Eny Kristanti, ASI merupakan makanan yang terbaik untuk si kecil saat ini. Untuk meningkatkan kualitas ASI, Mama bisa mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi protein seperti sandwich, omelet, keju, ayam, daging, telur, susu, jus dan lain-lain. Selain itu, istirahat yang cukup, hindari stres dan tingkatkan pemberian ASI. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Dok klo susu soya yg bagus untuk bayi 2 bulan apa ya ???
yuliawati
yuliawati
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Yuliawati, ASI adalah nutrisi yang terbaik. Untuk penggunaan susu formula dibawah usia 1 tahun sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan ya, karena sistem pencernaan si Kecil yang berbeda-beda dalam menerima susu formula. Apabila si Kecil mengalami alergi sehingga Mama ingin memberikan susu soya, sebaiknya dikonsultasikan secara langsung kondisi alergi si Kecil dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan si Kecil mendapatkan penanganan yang sesuai ya. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
dok apakah boleh ibu menyusui tapi tak bisa lepas dari gadget nya?apa ada efek pada bayi nya dok?
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Thythyn Gusttama Poethrii, terima kasih atas pertanyaannya. Jika Mama terus menggunakan gadget selama menyusui, ada resiko si Kecil terkena efek radiasi dari gawai/gadget Mama. Kabarnya efek radiasi berlebihan dapat mengakibatkan penyakit kanker. Ini baru efek fisiknya lho Ma. Masih ada efek psikologisnya. Menyusui sebetulnya bukan hanya memberikan nutrisi kepada si Kecil. Secara psikologis, menyusui adalah membangun hubungan batin kepada si Kecil, yang disebut bonding. Bonding ini adalah dasar dari pembentukan attachment, yaitu hubungan mesra timbal-balik dari si Kecil kepada Mama dan sebaliknya. Attachment adalah dasar dari pembentukan konsep diri dan rasa percaya diri si Kecil. Kelak konsep diri dan rasa percaya diri yang positif adalah dasar dari berbagai perkembangan psikologis yang lain. Saat Mama lebih memperhatikan gawai dibanding si Kecil, pembentukan attachment akan terhambat. Mama tak sungguh menikmati kebersamaan dengan si Kecil, demikian pula si Kecil terhadap Mama. Jika saling tak menikmati dan tak mengenal satu sama lain, maka perilaku masing-masing kurang terkait. Maksudnya, si Kecil bisa saja melakukan sesuatu yang Mama nilai nakal, padahal sebetulnya ia punya maksud lain yang sulit tersampaikan akibat Mama jadi kurang sensitif menangkap maksudnya. Seringkali si Kecil jadi lebih sulit diatur, karena tak betul-betul 'terikat' mesra dengan Mama. Jadi banyak ruginya kan, Ma. Bagaimana kalau Mama coba untuk lebih menikmati kebersamaan dengan si Kecil. Ketika si Kecil butuh disusui, lepaskan dulu gawai Mama. Kalau ada telpon penting masuk, tentu saja tak apa untuk meresponnya. Namun kalau hanya hal-hal kurang penting seperti bergosip, main game atau melihat-lihat katalog belanja, Mama perlu menimbang lagi keseriusan Mama sebagai seorang yang sudah punya anak. Masa sih hal-hal semacam itu lebih penting dibandingkan tumbuh kembang si Kecil? Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
selamat mlm dok Anna Surti Ariani sebenrnya kalo sedang menyusui berpengaruh gak sih dok untuk makan yang pedas2?terimaksih
Yulansari Winanda
Yulansari Winanda
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Yulansari Winanda, saya psikolog nih bukan dokter, hehehe. Selama masa menyusui makanan yang Mama konsumsi memang berpengaruh terhadap kualitas ASI walaupun tidak secara langsung karena makanan yang Mama konsumsi dicerna terlebih dahulu. Jadi sebaiknya selama masa menyusui Mama dapat konsumsi makanan bernutrisi seimbang agar kualitas ASI Mama baik sehingga tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih optimal ya. Untuk yang pedas, perhatikan apakah ada pengaruh terhadap si Kecil. Secara psikologis, yang menjadi sangat penting selama Mama menyusui adalah adanya pelukan hangat dan tatapan mata penuh kasih Mama kepada si Kecil. Bonding semacam ini akan membantu menciptakan attachment alias kemesraan yang akan sangat bermanfaat buat perkembangan si Kecil. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
bunda nadia ..saya mau nanya anak saya gak mau susu sambung/formula btol gimanaya cara mengatasinya..padahal mau di tinggal kerja lagi ,,
dia fera wati A
dia fera wati A
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Dia Fera Wati A, ASI adalah yang terbaik untuk si Kecil saat ini. Dengan memberikan ASI, Mama “mentransfer” antibodi Mama sehingga si kecil lebih kuat dalam menghadapi penyakit. Ini investasi luar biasa, Alhamdulillah anak-anakku jarang sekali sakit dan ke dokter sehingga hampir tidak pernah bolos sekolah. Apabila kondisi Mama tidak memungkinkan dalam memberikan ASI secara langsung di karenakan bekerja, Mama tetap dapat memerah ASI dan mengantarkannya ke rumah dengan layanan ojek khusus pengantar ASIP atau menyimpan di kulkas kantor, kalau ada. Memang harus pintar-pintar memanajemen waktu. Mama dapat memerah ASI dipagi hari sebelum berangkat kerja, kemudian berikan ASI perah dengan menggunakan sendok teh secara perlahan-lahan. Sore hari setelah pulang kerja, berikan ASI secara langsung kepada si Kecil. Aku paham pengorbanan para wanita karir, tetap semangat ya Ma! Berjuang dan repot dulu sampai enam bulan agar si kecil dapat ASI eksklusif, setelah itu kan sudah dapat makanan pendamping dan ketergantungannya pada ASI sedikit demi sedikit berkurang. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Load More
Loading