Search logo Menu logo

Question and Answer

siang dokter, dok kehamilan saya baru masuk 10 minggu namun rasa mual dan muntah sangan menggangu saya sampai saya tidak ada selera makan. apakah ada tipe dok /obat untuk masalah saya dan BB turun2kg?
DESI WULAN LISTIANINGSIH
DESI WULAN LISTIANINGSIH
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Desi Wulan Listianingsih, untuk penggunaan obat saat hamil sebaiknya dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan. Saat trimester pertama ( tiga bulan pertama kehamilan) rasa mual dan muntah adalah hal yang biasa dialami Mama, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon. Untuk mengatasi mual muntah sebaiknya Mama cukup istirahat, konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, konsumsi cemilan seperti biskuit, roti kering, konsumsi air jeruk hangat, air jahe dan teh hangat. Selain itu hindari makanan yang bersantan, berlemak dan beraroma atau berbumbu tajam. Namun apabila mual muntah yang Mama alami hingga mengganggu aktivitas Mama, sebaiknya Mama konsultasikan kondisi Mama kepada bidan atau dokter kandungan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
siang dokter,
DESI WULAN LISTIANINGSIH
DESI WULAN LISTIANINGSIH
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Desi Wulan Listianingsih, ada yang bisa kami bantu? :)
Dear ibu Budiarti. Saya ingin tanyakan nutrisi apa saja yang dpt membantu saya melengkapi kebutuhan tumbuh kembang janin? usia kandungan saat ini 6minggu, saya mengkonsumsi vitamin folaplus dan susu.
AYU TYTA
AYU TYTA
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Ayu Tyta, selama hamil sebaiknya Mama dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang seperti Karbohidrat (nasi,kentang,roti, dll), Protein (hewani seperti ikan, daging, telur, nabati seperti tempe, tahu) Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, air serta dilengkapi dengan konsumsi susu khusus kehamilan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Mama dan janin ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
dok saya nana, saya suka nyeduh susu tp tidak langsung diminum tp ditaruh dulu dikulkas smpe 5 jamkarena kelupaan itu membahayakan debaynya gak dok ?? mohon penjelasannya
nana haryani
nana haryani
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Nana Haryani, susu yang sudah disajikan atau dibuat sebaiknya langsung dihabiskan karena ketahanan susu setelah dibuat yaitu maksimal 2 jam jika belum dikonsumsi dan dalam keadaan tertutup rapat di suhu kamar. Apabila tidak segera dikonsumsi susunya dikhawatirkan sudah terkontaminasi oleh bakteri yang berada di udara sehingga menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
slmat pgi dok. saat ini usia kndungan sya 12w..tapi sya msih sring mersakan mual dan muntah tidak jrng pula sya mersa pusing dan lemas ...apa itu tidak berpngaruh negatif pada kndungan sya dok..
nia aprilia
nia aprilia
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Nia Aprilia, Saat usia kehamilan di trimster pertama (tiga bulan pertama kehamilan) sebagian besar Mama mengalami mual, muntah, pusing dan lemas hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon. Jadi Mama tidak perlu khawatir dengan keadaan ini ya Ma... Dan perlu diingat bahwa Mama adalah sumber nutrisi satu satunya untuk janin Mama, jadi sebaiknya Mama usahakan makan dalam porsi kecil tapi sering, tetap mengonsumsi susu Lactamil Inisis hangat, roti bakar hangat, teh dengan jahe. Selain itu hindari makanan bersantan, makanan beraroma tajam dan berbumbu tajam. Namun apabila keluhan yang Mama alami mengganggu aktivitas Mama, sebaiknya dikonsultasikan dengan bidan atau dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapat penanganan yang tepat. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
slmt pgii, sya mau brtnyabrtnya apkh bhy puasa diusia khmlan yg kurng dr 1bln,krn sblmnya sya prnh mngalami khmiln BO
Meishella junawidi Asih
Meishella junawidi Asih
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Meishella Junawidi Asih, boleh saja berpuasa saat hamil selama Mama tidak mengalami keluhan. Namun sebaiknya Mama konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter/bidan untuk memastikan kondisi Mama dan janin apakah dapat berpuasa atau tidak, mengingat kehamilan sebelumnya Mama memiliki riwayat kehamilan BO. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
slamat sore dok, saya sudah tespek 2 kali hasil positif, perkiraan bidan memasuki 5w, pas saya usg tapi kata dokter tidak terlihat. apa kah saya hamil atau tidak. trmksh
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, pada usia kehamilan 5 minggu apabila dilakukan pemeriksaan USG dengan dokter biasanya yang terlihat hanya kantung rahimnya saja karena umumnya ukuran janin usia kehamilan 5 minggu kira-kira sebesar biji apel dan pada minggu ini disebut sebagai embrio. Namun apabila Mama merasa khawatir, Mama dapat melakukan pemeriksaan USG kembali sekitar 1 atau 2 minggu kedepan untuk lebih memastikannya ya. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
pagi dok, saya tita.. saya mau tanya supaya kehamilan saya tidak rentan keguguran pasalnya saya lg hamil bulan pertama...oya boleh ga minum susu ibu hamil dari usia 1 bulan ?
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, sebaiknya selama hamil Mama dapat membatasi aktivitas fisik, tidak terlalu lelah, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan rutin memeriksakan kehamilan Mama dengan bidan atau dokter. Konsumsi susu khusus Ibu hamil dapat dikonsumsi dari awal kehamilan atau pada saat pertama kali Mama mengetahui kehamilan Mama hingga menjelang persalinan ya. Konsumsi susu Ibu hamil secara rutin sesuai anjuran dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mama selama hamil. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
malam dok...saya hamil baru masuk 5w tpi kenapa mulut saya semua sariawan...dan obat oles ap yang cocok untuk ibu hamil
nursaadah siregar
nursaadah siregar
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Nursaadah Siregar, saya psikolog nih bukan dokter. Sariawan dapat disebabkan beberapa faktor seperti daya tahan tubuh yang menurun, kebersihan mulut yang kurang terjaga, kekurangan vitamin C atau karena infeksi bakteri dan virus. Untuk mangatasinya, jaga kebersihan Mama, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, terutama yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu, pepaya dan lain-lain. Namun untuk penggunaan obat, sebaiknya dikonsultasikan dengan bidan atau dokter ya. Semoga dapat membantu dan semoga Mama lekas sembuh ya. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
seamat sore dok saya hami 6minggu tai mempunyai tekanan darah tinggi bagai mana cara mengatasinya dan gimana perkembangan bayinya nanti mksh.
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, tekanan darah yang tinggi saat hamil bisa disebabkan karena makanan dan minuman yang Mama konsumsi, daya tahan tubuh Mama yang sedang menurun, kurang beristirahat, stres dan lain-lain. Tekanan darah tinggi saat hamil dapat menyebabkan berkurangnya suplai darah kejanin, kelahiran prematur dan lain-lain. Untuk mengatasinya Mama bisa hindari makanan yang berlemak, bersantan dan berkadar garam tinggi. Sebaiknya Mama konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan hindari stres. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
selamat siang dok, mohon bantuannya, istri saya lagi hamil 2 bulan, beliau beli susu lactamil yg pregnasis itu boleh di minum atau tidak ya dok? trimakasih sbelumnya
fendi irawan
fendi irawan
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Papa Fendi Irawan, untuk susu Lactamil Pregnasis boleh saja dikonsumsi untuk Mama apabila tidak mengalami mual dan muntah di awal kehamilannya karena susu Lactamil Pregnasis merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk Ibu saat hamil yang dapat dikonsumsi sampai persalinan nanti, dengan komposisi ADIK (Asam Folat, Vitamin D, Iron dan Kalsium), tinggi protein, tinggi vitamin, tinggi mineral dan rendah gula (sukrosa). Namun apabila saat ini Mama mengalami mual dan muntah. Mama bisa mengkonsumsi susu Lactamil Inisis yaitu susu yang diformulasikan khusus untuk Ibu yang mengalami mual dan muntah saat hamil dengan komposisi ADIK (Asam Folat, Vitamin D, Iron dan Kalsium), tinggi protein, tinggi vitamin, tinggi mineral dan rendah gula (sukrosa) serta adanya tambahan vitamin B6 untuk mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan. Semoga membantu Papa. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
khamilan prtma kx sya sring mrsa cemas.. cemas pd kondisi bayi , cemas pd situasi yg lain.. umur khamilan 5 minggu.. bgaiman cara mngatasi ny
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Thythyn Gusttama Poethrii, terima kasih atas pertanyaannya. Ma, sebetulnya wajar saja ketika Mama cenderung lebih cemas di trimester pertama kehamilan. Kecemasan cenderung menurun di trimester kedua dan kembali meningkat di trimester ketiga. Hal ini antara lain karena perubahan hormon, dan tentu saja karena perubahan peran dan tuntutan sosial pada Mama. Untuk bisa menghadapi kecemasan dengan efektif, Mama butuh tubuh yang fit. Oleh karena itu Mama perlu memperhatikan agar asupan Mama bernutrisi, Mama cukup beristirahat dan tetap melakukan kegiatan aktif. Mama juga dapat memilah sumber informasi yang Mama baca atau dengar. Tak perlu semua cerita atau informasi dipercaya, namun kritislah mana yang bisa dipercaya, dan mana yang sebaiknya diabaikan. Mama juga dapat mendekat pada kenalan-kenalan yang cenderung bersikap positif dan menenangkan, dibandingkan mereka yang sering menceritakan hal-hal menakutkan atau membuat cemas. Jika kecemasan masih berlanjut, jangan didiamkan dalam hati saja. Ada baiknya Mama bercerita kepada Papa atau kepada sahabat. Mama juga bisa menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif seperti mendengarkan musik, membuat kue, berjalan-jalan dengan Papa. Yang terpenting, banyaklah berdoa agar semuanya dimudahkan. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Assalamu'alaikum. Saya sdg hamil 8W. Di minggu2 awal kehamilan saya terkena asam urat. Saya pun memiliki riwayat kolesterol tinggi. Asupan gizi apa yang baik utk saya ya ,Bu?
Intan Farida
Intan Farida
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Intan Farida, untuk Mama yang mengalami asam urat dapat menghindari mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang atom, serta produk olahannya seperti susu kedelai ya. Sedangkan untuk kolesterol Mama dapat hindari makanan yang mengandung lemak seperti gorengan, jeroan, seafood dan lain-lain. Sebaiknya selama hamil Mama dapat konsumsi makanan bernutrisi seimbang, olahraga rutin sesuai dengan kemampuan Mama dan rutin memeriksakan kondisi kehamilan Mama dengan bidan atau dokter ya. Semoga dapat membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
dok,sy susah BAB, tdk ada rasa ingin BAB smpi 2minggu baru pingin BAB tapi tidak bisa di keluarkan smpi di pompa di RS,sy sdh minum laktulosa dan makan pepaya tpi ttp tdk bisa BAB,gimana solusinya dok
malicha akhmad safrudin
malicha akhmad safrudin
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Malicha Akhmad Safrudin, susah BAB atau sembelit saat hamil bisa disebabkan meningkatnya hormon progesteron, membesarnya rahim, konsumsi obat dan vitamin, kurang aktivitas, makan tidak teratur, stres dan kurang asupan serat dan cairan. Untuk mengatasinya sebaiknya Mama mengkonsumsi serat setiap hari seperti sayuran dan buah-buahan, perbanyak asupan cairan atau air putih, melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan seperti senam kehamilan, jalan pagi dan lain-lain. Apabila susah BAB yang Mama alami sudah sampai di pompa di RS, sebaiknya Mama dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan tepat yang sesuai dengan kondisi Mama. Semoga dapat membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
pagi dok,1.saya hamil 8minggu tapi saya mengalami mual muntah berlebihan sampai di rawat di RS,setelah keluar RS mual muntah lagi, bagaimana cara mengatasinya padahal sudah di beri obat mual?...
malicha akhmad safrudin
malicha akhmad safrudin
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Malicha Akhmad Safrudin, untuk mengatasi mual muntah, Mama bisa konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan yang dapat memicu muntah seperti makanan yang berlemak, bersantan, beraroma tajam, konsumsi cemilan ringan seperti roti, biskuit dan lain-lain. Kemudian konsumsi air jahe dan air jeruk, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Apabila sebelumnya mual muntah yang Mama alami sudah mengganggu aktivitas hingga menyebabkan Mama dirawat di RS, sebaiknya Mama dapat ikuti saran yang diberikan tenaga kesehatan untuk mengkonsumsi obat tersebut sesuai dengan anjuran ya. Semoga dapat membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Load More
Loading