Search logo Menu logo

Question and Answer

Dokter saya HPHT tgl 17 september 2017. Jd berapa ya usia kehamilan saya. Terus. Gejala yg saya alami. Saya sering pusing dan suka laper.. dan akhir ini saya seperti mudah masuk angin kenapa ya..
Fifit mayasary
Fifit mayasary
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Fifit mayasary, untuk usia kehamilan Mama saat ini 8 Minggu 4 hari. Pusing yang Mama alami bisa jadi dikarenakan Mama kekurangan zat besi, tekanan darah rendah, kurang istirahat, telat makan. Untuk mengatasinya Mama bisa konsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti daging, ikan, telur, bayam dan lainnya. Cukupi istirahat dan setelah tidur sebaiknya Mama tidak langsung bangun dari tempat tidur, Mama bisa miringkan badan terlebih dahulu lalu duduk setelah itu Mama bisa berdiri untuk menghindari pusing setelah tidur. Lapar adalah hal yang wajar ketika Mama hamil karena kebutuhan Mama hamil meningkat 300 kkal dari kebutuhan utama Mama tetap konsumsi makanan yang bernutrisi serta beranekaragam untuk memenuhi kebutuhan Mama selama hamil. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Waktu itu saya usg pertama umur 6 minggu kata dokter tapi kok usg janin gak keliatan akhirnya di usg vagina baru bs terlihat. Knp ya dok kok spt itu?
Yulaika
Yulaika
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Yulaika, di awal usia kehamilan misalnya usia kehamilan 6 minggu pada umumnya, kantung kehamilan dapat terlihat dengan melakukan USG transvaginal (melalui vagina). Namun jika Mama melakukan USG abdominal (melalui dinding perut), maka wajar saja jika kantung kehamilan belum terlihat. Jika Mama khawatir, Mama bisa konsultasikan kembali dengan dokter kandungan ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Assalamualaikum , selamat pagi.. Saat ini usia kehamilan saya 9 minggu kemarin keluar cairan warna kecoklatan itu apa ya dokter ? Saya kwatir mohon pencerahannya terimakasih
Dwi Sulistiyowati
Dwi Sulistiyowati
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Waalaikumsalam Mama Dwi Sulistiyowati, pengeluaran flek saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya istirahat, terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat, stres, dll. Sebaiknya Mama istirahat yang cukup, hindari stres dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang. Namun untuk mengetahui secara pasti penyebabnya dan apabila disertai nyeri perut, Mama dapat konsultasikan dengan bidan atau dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
selamat sore dok..sy Anis. mau tanya sy baru hamil 5 minggu. td sy beli lactamil hamil pregnasis. boleh diminum ga ya dok? apa harus ganti yg lactamil hamil inisis ? terima kasih
Anis rahayu
Anis rahayu
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Anis Rahayu, susu Lactamil Inisis yaitu susu yang diformulasikan untuk Mama hamil yang mengalami mual muntah karena terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat mengurangi mual muntah selama kehamilan, sedangkan untuk Lactamil Pregnasis yaitu susu yang diformulasikan untuk Mama hamil dengan kondisi normal atau tidak mengalami mual muntah selama hamil yang dapat dikonsumsi sampai menjelang persalinan. Namun untuk keduanya sama-sama memiliki kandungan ADIK (Asam folat, Vitamin D, Iron dan Kalsium), tinggi inulin dan omega 6, serta rendah gula yang penting dibutuhkan oleh Mama hamil. Jika saat ini Mama mengalami mual muntah silahkan menggunakan Lactamil Inisis, namun jika tidak mengalami mual muntah gunakan Lactamil Pregnasis. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
siang dokter, dok kehamilan saya baru masuk 10 minggu namun rasa mual dan muntah sangan menggangu saya sampai saya tidak ada selera makan. apakah ada tipe dok /obat untuk masalah saya dan BB turun2kg?
DESI WULAN LISTIANINGSIH
DESI WULAN LISTIANINGSIH
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Desi Wulan Listianingsih, untuk penggunaan obat saat hamil sebaiknya dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan. Saat trimester pertama ( tiga bulan pertama kehamilan) rasa mual dan muntah adalah hal yang biasa dialami Mama, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon. Untuk mengatasi mual muntah sebaiknya Mama cukup istirahat, konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, konsumsi cemilan seperti biskuit, roti kering, konsumsi air jeruk hangat, air jahe dan teh hangat. Selain itu hindari makanan yang bersantan, berlemak dan beraroma atau berbumbu tajam. Namun apabila mual muntah yang Mama alami hingga mengganggu aktivitas Mama, sebaiknya Mama konsultasikan kondisi Mama kepada bidan atau dokter kandungan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
siang dokter,
DESI WULAN LISTIANINGSIH
DESI WULAN LISTIANINGSIH
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Desi Wulan Listianingsih, ada yang bisa kami bantu? :)
Malam dok sya hamil 9w, mau tanya saat hamil brp kali usg yg dharuskan ato maksimal brp kali? Jika terlalu bnyak usg apakah akan membahayakn janin? terimA kasih
Nurvita rachmawati
Nurvita rachmawati
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Nurvita rachmawati, tidak perlu khawatir melakukan USG setiap bulan boleh saja dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Mama. Mama bisa melakukan USG minimal 4 kali selama kehamilan, yaitu pada trimester pertama, kedua dan terimester ketiga ya. Mama tidak perlu khawatir, sering melakukan USG tidak akan berpengaruh terhadap janin dan Mama. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Dear ibu Budiarti. Saya ingin tanyakan nutrisi apa saja yang dpt membantu saya melengkapi kebutuhan tumbuh kembang janin? usia kandungan saat ini 6minggu, saya mengkonsumsi vitamin folaplus dan susu.
AYU TYTA
AYU TYTA
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Ayu Tyta, selama hamil sebaiknya Mama dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang seperti Karbohidrat (nasi,kentang,roti, dll), Protein (hewani seperti ikan, daging, telur, nabati seperti tempe, tahu) Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, air serta dilengkapi dengan konsumsi susu khusus kehamilan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Mama dan janin ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Dok, saya mau tanya.. saya mmpnyai siklus mens sekitar tgl 20an tp bln ini maju jd tgl 13 n itu cm 2 hari. Perut terasa kencang n paydara brbeda,pusing setiap pagi,mdah mengantuk. Ap itu tnda khamiln
Indi Respitasari
Indi Respitasari
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Indi Respitasari, tanda-tanda tidak pasti kehamilan pada setiap Mama berbeda-beda. Ada beberapa tanda tidak pasti kehamilan seperti sering buang air kecil, payudara terasa sakit atau nyeri, tidak datang menstruasi, mual, pusing dan sakit kepala, rasa lelah dan mengantuk yang berlebih. Untuk memastikan adanya kehamilan Mama dapat melakukan testpack terlebih dahulu saat sudah mengalami telat menstruasi sekitar 2-3 minggu atau Mama dapat melakukan pemeriksaan USG dengan dokter ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Assalamualaikum wr wb,, Selamat Pagi,,Dok saya mau tanya makanan apa saja yang perlu dihindari & makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil biar tidak terjadi keguguran untuk kedua kalinya?
Rezalina Maulidah
Rezalina Maulidah
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Waalaikumsalam Mama Rezalina Maulidah, selama hamil pada dasarnya tidak ada pantangan makanan apapun. Namun Mama dapat menghindari makanan yang mentah, setengah matang, dan dibakar karena dapat mengganggu tumbuh kembang janin Mama. Selain itu selama hamil, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang bergas, pedas, dan bersantan serta minuman yang mengandung soda dan kafein seperti kopi karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan Mama. Mama dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang seperti Karbohidrat (nasi,kentang,roti, dll), Protein (hewani seperti ikan, daging, telur, nabati seperti tempe, tahu) Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, air serta dilengkapi dengan konsumsi susu khusus kehamilan ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
dok saya nana, saya suka nyeduh susu tp tidak langsung diminum tp ditaruh dulu dikulkas smpe 5 jamkarena kelupaan itu membahayakan debaynya gak dok ?? mohon penjelasannya
nana haryani
nana haryani
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Nana Haryani, susu yang sudah disajikan atau dibuat sebaiknya langsung dihabiskan karena ketahanan susu setelah dibuat yaitu maksimal 2 jam jika belum dikonsumsi dan dalam keadaan tertutup rapat di suhu kamar. Apabila tidak segera dikonsumsi susunya dikhawatirkan sudah terkontaminasi oleh bakteri yang berada di udara sehingga menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
malam dok, saya hamil sekitar 4-5w, perut sering ngerasa panas,nyeri apa itu wajar dok? soalnya saya pernah keguguran sebelumnya.
Fitriana Nurkhazizah
Fitriana Nurkhazizah
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Fitriana Nurkhazizah, perut panas saat hamil dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti gangguan pencernaan, asam lambung naik dan konsumsi makanan yang pedas dan bergas. Sedangkan nyeri perut yang Mama alami bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak aktivitas, makanan dan minuman yang Mama konsumsi, seringnya menahan buang air kecil, posisi tidur yang kurang tepat, dll. Namun untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Mama dapat berkonsultasi secara langsung dengan bidan atau dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Sya sdh TP hasilnya positif & usg tp yg terlihat msh kantung rahim krena br berumur 5 w. Tp smggu kmudian sya mengalami flek (tidak dsertai dg rasa sakit/kram/nyeri perut/pusing) apa it normal?
Vera Mei Ringgawati
Vera Mei Ringgawati
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Vera Mei Ringgawati, pengeluaran flek saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya istirahat, terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat dan stres. Sebaiknya Mama istirahat yang cukup, hindari stres, selalu konsumsi makanan bernutrisi seimbang dan jika sudah disertai dengan nyeri perut konsultasikan lebih lanjut dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
slmat pgi dok. saat ini usia kndungan sya 12w..tapi sya msih sring mersakan mual dan muntah tidak jrng pula sya mersa pusing dan lemas ...apa itu tidak berpngaruh negatif pada kndungan sya dok..
nia aprilia
nia aprilia
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Nia Aprilia, Saat usia kehamilan di trimster pertama (tiga bulan pertama kehamilan) sebagian besar Mama mengalami mual, muntah, pusing dan lemas hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon. Jadi Mama tidak perlu khawatir dengan keadaan ini ya Ma... Dan perlu diingat bahwa Mama adalah sumber nutrisi satu satunya untuk janin Mama, jadi sebaiknya Mama usahakan makan dalam porsi kecil tapi sering, tetap mengonsumsi susu Lactamil Inisis hangat, roti bakar hangat, teh dengan jahe. Selain itu hindari makanan bersantan, makanan beraroma tajam dan berbumbu tajam. Namun apabila keluhan yang Mama alami mengganggu aktivitas Mama, sebaiknya dikonsultasikan dengan bidan atau dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapat penanganan yang tepat. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
slmt pgii, sya mau brtnyabrtnya apkh bhy puasa diusia khmlan yg kurng dr 1bln,krn sblmnya sya prnh mngalami khmiln BO
Meishella junawidi Asih
Meishella junawidi Asih
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Meishella Junawidi Asih, boleh saja berpuasa saat hamil selama Mama tidak mengalami keluhan. Namun sebaiknya Mama konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter/bidan untuk memastikan kondisi Mama dan janin apakah dapat berpuasa atau tidak, mengingat kehamilan sebelumnya Mama memiliki riwayat kehamilan BO. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Load More
Loading