Search logo Menu logo

Question and Answer

Perut Masih Kecil Usia Kandungan 24minggu
Tirza Siera Tarihoran
Tirza Siera Tarihoran
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Tirza Siera Tarihoran, bentuk perut setiap Mama hamil berbeda-beda. Mama tidak perlu khawatir dengan bentuk perut Mama yang terlihat kecil, karena umumnya bentuk perut terlihat membesar pada kehamilan trimester ketiga. Yang terpenting kondisi kehamilan Mama dan janin dalam keadaan sehat. Sebaiknya selama hamil Mama dapat mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang, istirahat yang cukup dan rutin memeriksakan kondisi kehamilan dengan bidan atau dokter. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
hai dok saya mau tanya usia kehamilan saya 18 minggu knpa saya sering buang air kecil stiap jam,,dan sering sakit di selangkangan kalo berdiri dan jalan,,jdi tak nyaman saat beraktifitas,gmn solusinya
ekaliana
ekaliana
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Ekaliana, sering buang air kecil saat hamil bisa disebabkan karena perubahan hormon, janin yang semakin membesar sehingga menekan bagian kandung kemih. Untuk mengontrol sering buang air kecil, Mama dapat melakukan aktivitas fisik sesuai kondisi, silangkan kaki (dalam kondisi bersin, batuk dan tertawa), cukupi kebutuhan air putih setiap hari, jangan menahan jika ingin buang air kecil dan kurangi konsumsi air menjelang tidur malam. Selangkangan sakit bisa disebabkan karena posisi Mama tidak nyaman saat duduk atau tidur, bertambahnya usia kehamilan sehingga perut juga akan semakin membesar yang menyebabkan ligamentum rahim menggantung, perubahan bentuk tulang dan adanya penekanan. Untuk mengatasinya, Mama bisa mandi dengan air hangat, minum segelas susu hangat sebelum tidur, cari posisi tidur yang dapat membuat Mama nyaman seperti miring ke arah kanan atau kiri untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen dari Mama ke janin. Sedangkan nyeri punggung saat hamil bisa disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
selamat malam ..
ameelia arsyad
ameelia arsyad
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Ameelia Arsyad, ada yang bisa kami bantu?
pagi dok, saya Rena.. ini hamil anak pertama saya.. yg saya mau tanyakan.. lactamil ada 3rangkaian.. saat ini saya pakai hamil inisis.. untuk ganti ke pregnasis masuk ke minggu atau bulan berapa? thx
Rena Maynanda
Rena Maynanda
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Rena Maynanda, susu Lactamil Inisis adalah susu yang diformulasikan untuk Mama hamil yang mengalami mual muntah karena mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi mual muntah selama kehamilan, sedangkan untuk Lactamil Pregnasis yaitu susu yang diformulasikan untuk Mama hamil dengan kondisi normal atau tidak mengalami mual muntah selama hamil yang dapat dikonsumsi sampai menjelang persalinan. Namun untuk keduanya sama-sama memiliki kandungan ADIK (Asam folat, Vitamin D, Iron dan Kalsium), tinggi Protein, tinggi Vitamin, tinggi Mineral dan rendah gula (Sukrosa) yang penting dibutuhkan oleh Mama hamil. Jika saat ini Mama masih mengalami mual muntah silahkan mengkonsumsi Lactamil Inisis, namun jika saat ini Mama tidak mengalami mual muntah, Mama dapat mengkonsumsi Lactamil Pregnasis. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Salam dok.. Ini kehamilan pertama saya, dari awal kehamilan ada flek, tp skrng sudah kehamilan mau 4bln selalu keluar cairan seperti keputihan dan berbau.apkh normal? Ini disebabkan karena apa yah?
Tati solihat
Tati solihat
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Tati solihat, pengeluaran flek saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya istirahat, terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat, stres, dll. Sebaiknya Mama istirahat yang cukup, hindari stres dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang. Apabila cairan yang Mama maksud adalah keputihan, maka merupakan hal yang sering terjadi pada Mama hamil karena disebabkan adanya perubahan hormon dan kelelahan sehingga menimbulkan pengeluaran lendir yang berlebih. Hal ini tidak berbahaya bagi janin selama tidak ada perubahan bau dan warna. Keputihan yang normal yaitu berwarna jernih, putih susu, sedikit kekuningan, tidak disertai rasa gatal maupun bau amis. Untuk mengatasinya, Mama bisa menjaga kebersihan bagian vagina seperti sering mengganti pakaian dalam, membersihkan dengan air hangat serta mengeringkannya setelah selesai buang air kecil atau buang air besar, menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan memperhatikan asupan cairan khususnya air putih. Apabila keputihan yang Mama alami sangat mengganggu aktivitas Mama serta terdapat perubahan pada warna, bau dan menimbulkan rasa gatal sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan agar mendapatkan penanganan yang tepat ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
selamat pagi para ahli.. saya mau nanya nih.. saya biasa minum susu lactamil pagi dan malam.. tp jika saya tidak minum pagi.. saya merasakan mual.. kenapa ya.? trims
Martini Juli
Martini Juli
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Martini Juli, Rasa mual pada setiap Mama hamil berbeda beda, jadi Mama tidak perlu khawatir. jika yang Mama konsumsi susu Lactamil Inisis, merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk perencanaan kehamilan dan awal kehamilan yang mengalami mual dan muntah dengan komposisi ADIK (Asam Folat, Vitamin D, Iron dan Kalsium), tinggi Protein, tinggi Vitamin, tinggi Mineral dan rendah gula (Sukrosa) dengan lebih banyak kandungan Vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Mengenai waktu minum susu, bisa disesuaikan dengan kondisi dan keinginan Mama bisa pagi, siang ataupun malam. Pengkonsumsian susu Lactamil, sebaiknya disesuaikan dengan aturan penyajian pada kemasan yaitu 2 kali sehari. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Usia kehamilan sdh 26minggu tp BB saya bru naik 4kg. Apa yg hrs saya lakukan spy BB saya bertambah,?
Sessy herdiana
Sessy herdiana
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Sessy herdiana, kenaikan berat badan selama hamil merupakan indikator tumbuh kembang janin. Umumnya kenaikan berat badan saat hamil yang disarankan yaitu sekitar 1-2 kg setiap bulannya atau 16 kg selama kehamilan. Sebaiknya Mama dapat mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, makan dengan porsi kecil namun sering, istirahat yang cukup, berfikiran tenang, dan kurangi aktivitas yang terlalu berat serta rutin memeriksakan kondisi kehamilan dengan bidan atau dokter ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Bu saya mau tanya usia kehamilan saya 26 minggu tp berat badan saya blm bertambah.apa nutrisi yg baik untuk saya dan bayi saya?
Sessy herdiana
Sessy herdiana
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Sessy herdiana, kenaikan berat badan selama hamil merupakan indikator tumbuh kembang janin. Umumnya kenaikan berat badan saat hamil yang disarankan yaitu sekitar 12 kg setiap bulannya atau 16 kg selama kehamilan. Untuk meningkatkan berat badan Mama, Mama dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang yang mengandung makro nutrisi (karbohidrat, Protein dan Lemak) yang akan menghasilkan energi. Makanan yang mengandung karbohirat seperti nasi, roti, oatmeal dan kentang. Protein terdapat pada lauk seperti ikan, telur, susu, tempe dan tahu, sedangkan lemak digunakan untuk menambah rasa. Selain itu perlu juga mikronutri (vitamin dan mineral) walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit tapi sangat penting untuk membantu proses metabolisme (contohnya adalah sayuran dan buah buahan), serta asupan cairan kurang lebih 10 gelas/ hari dan asupan serat agar Mama terhindar dari sembelit. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
saya rizki, hamil 6 bulan. saya mulai sakit mata dan banyak belek setiap bangun tidur dan sakit rasanya. apakah bahaya dok pada penglihatan saya?
Rizki Ramadani
Rizki Ramadani
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Rizki Ramadani, untuk dapat mengetahui apakah sakit mata yang Mama alami dapat membahayakan penglihatan Mama atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Sebaiknya Mama dapat berkonsultasi dengan bidan atau dokter agar mendapat penanganan yang tepat ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
selamat pagi dokter, saya hamil anak pertama kehamilan 6 bulan, saya mulai merasakan sakit mata pada saat ini. bahkan setiap bangun tidur banyak belek di sekitar mata dan sakit, apa solusinya dokter?
Rizki Ramadani
Rizki Ramadani
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Rizki Ramadani, sakit mata dapat disebabkan beberapa faktor seperti karena virus, bakteri, tungau debu, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara, dan lain-lain. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebaiknya Mama dapat berkonsultasi secara langsung dengan bidan atau dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ya. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Pagi Dok, saya ibu rumah tangga hamil memasuki 21 week,saat kelamaan berdiri panggul bagian belakang kok terasa nyeri terlebih saat digerakkan/dibuat bergerak kenapa ya Dok..??
Yulita Safitri
Yulita Safitri
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Yulita Safitri, nyeri panggul dapat disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Pada saat kehamilan tubuh akan memproduksi hormon relaksin. Hormon ini berguna untuk melenturkan ligamen (jaringan antar sendi) sehingga memudahkan proses kelahiran bayi. Namun hal tersebut ternyata membuat pergerakan antar sendi Mama menjadi lebih tidak stabil. Ketidakstabilan dan kekakuan sendi inilah yang menyebabkan keluhan nyeri. Peningkatan berat badan saat kehamilan juga berperan terhadap timbulnya nyeri panggul dan tulang ekor. Untuk mengatasinya Mama bisa melakukan senam memperkuat otot dasar panggul, perut, hindari mengangkat beban terlalu berat, tidur dengan posisi miring dan tambahan bantal di antara kaki, hindari posisi berdiri terlalu lama, istirahat yang cukup dan konsumsi air putih yang cukup. Jika kondisi yang Mama rasakan sudah sangat mengganggu sebaiknya Mama konsultasikan secara langsung dengan dokter. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Selamat malam dok, kehamilan saya menginjak 5bulan, tapi saya sering sakit dari pinggang sampai kaki, terasa panas ,linu, apalagi kalau banyak bergerak. Selain minum air banyak apalagi ya dok ?
Siti fatimah
Siti fatimah
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Siti Fatimah, pinggang yang terasa sakit, linu atau panas saat hamil bisa disebabkan karena perut Mama yang semakin membesar, terlalu banyak melakukan aktivitas berat, dll. Untuk mengurangi keluhan yang Mama alami, Mama bisa mandi dengan air hangat, minum segelas susu hangat sebelum tidur, Mama bisa menggunakan bantal yang empuk untuk menyangga pinggang, cari posisi tidur yang dapat membuat mama nyaman seperti miring ke arah kiri atau kanan untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen dari mama ke janin, perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu, produk olahan susu (yoghurt, keju dll), bayam, ikan, teri basah, dan tahu serta olahraga yang teratur. Mama dapat konsultasikan dengan bidan atau dokter apabila keluhan pada pinggang hingga menggangu aktivitas Mama ya. Semoga dapat membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Mlm dok, usia kehamilan saya 16W dan prioduksi air ketuban saya banyak. Itu karena apa ya dok dan cara mengobatinya gmn ?
Nila
Nila
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Nila, polihidramnion atau air ketuban yang berlebih bisa di sebabkan karena memiliki riwayat penyakit diabetes, mengandung bayi kembar, masalah genetika pada janin dll. Jika hasil pemeriksaan Mama mengalami polihidramnion, Mama dapat konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan yang memeriksa Mama untuk mengetahui penyebab pastinya ya. Semoga dapat membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Malam dok, saya nila. Dan saat ini saya sedang mengandung buah cinta pertama kami. Dan usia kandungan saya 4 bulan. 2 hari yg lalu ketika di USG , produksi air ketuban sa
Nila
Nila
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Nila, ada yang bisa kami bantu? :)
slmt siang dok, saya hamil 18w mau tanya soal posisi tidur yg baik gmna ya? soalnya sya sllu mrasa sakit bila tidur mnghadap ke kiri
Jankiss Jabrik
Jankiss Jabrik
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Jankiss Jabrik, saat hamil Mama dapat tidur dengan posisi senyaman mungkin misalnya sesekali dapat miring ke kanan, ke kiri ataupun telentang. Namun posisi tidur telentang dalam waktu yang lama saat kehamilan akan membuat Mama sesak, tidur dengan posisi miring ke kiri saat kehamilan sangat disarankan karena dapat melancarkan sirkulasi oksigen Mama ke janin ya. Semoga dapat membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Load More
Loading