Search logo Menu logo

Question and Answer

Sy sdg hamil 8bln.saat ini sy mengalami diare slama 2hari.sy hny makan bubur dan air antioksidan agar tdk dehidrasi.adakah obat diare yg aman tuk bumil?mknn apa yg bs membantu mmulihkan kondisi sy,?Tq
Ema Siti Mardiah
Ema Siti Mardiah
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Ema Siti Mardiah, penggunaan obat saat hamil sebaiknya dikonsultasikan secara langsung dengan bidan atau dokter agar dapat disesuaikan dengan kondisi Mama ya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Mama memperbanyak pengkonsumsian cairan agar tidak mengalami dehidrasi, mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau seperti pisang, pear, apel sayur bayam dan lain-lain. Perhatikan juga kebersihan tangan Mama saat sebelum dan sesudah makan. Mama tidak perlu khawatir dengan kondisi janin Mama selama Mama dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan setiap harinya. Jika diare Mama terus berlanjut, konsultasikan kondisi Mama ke dokter atau bidan agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semoga Mama lekas sembuh ya. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Slamat pagi dok,sy sdg hamil 8bln.saat ini sy sudah mengalami diare slama 2hari.sy hny makan bubur dan air antioksidan agar tdk dehidrasi.
Ema Siti Mardiah
Ema Siti Mardiah
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Ema Siti Mardiah, mengalami diare saat hamil dapat disebabkan beberapa hal seperti karena asupan makanan, perubahan hormonal, serta obat tertentu, atau pun kebersihan lingkungan. Diare yang Mama alami saat ini jika Mama hanya mengkonsumsi bubur adalah tindakan yang benar. Mama juga dapat menambahkan lauk protein hewani yang diolah dengan dikukus atau dipepes. Hindari gorengan dan pengolahan makanan dengan berbumbu tajam, serta batasi makanan yang berserat seperti sayuran dan buah buahan agar diare Mama cepat berhenti.Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi cairan seperti minum air putih sebanyak 10-12 gelas/ hari agar terhindar dari dehidrasi. Mama tidak perlu khawatir dengan kondisi janin, selama Mama memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan setiap harinya. Jika diare Mama terus berlanjut, konsultasikan kondisi Mama ke dokter atau bidan agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semoga Mama lekas sembuh ya. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
hai dok,saya hamil 22w,sy sring kesulitan saat tidur, sbaiknya posisi ny gimana ya dok?
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, susah tidur adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh Ibu hamil karena adanya perubahan postur tubuh, kehamilan yang semakin membesar, sedang banyak pikiran, kondisi Mama yang tidak nyaman dll. Sebaiknya Mama tetap melakukan istirahat di pagi atau siang hari, perhatikan posisi yang nyaman saat tidur, misalnya tidur dengan posisi miring ke kiri karena dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dari Mama ke janin atau sesekali miring ke kanan, hindari posisi tidur telentang karena akan membuat Mama sulit untuk bernafas dan Mama juga dapat mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur atau teh chamomile. Lakukan juga olahraga ringan agar tubuh merasa capai sehingga pada waktu tidur, akan cepat terlelap. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
siang dok,sy hamil 22w knapa sering skali kluar lendir gitu stiap sy duduk trlalu lma krna pinggang pegal,apa itu wajar dok?
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, saya psikolog nih bukan dokter. Jika pengeluaran lendir yang Mama maksud adalah keputihan, maka Mama tidak perlu khawatir ya. Keputihan disebabkan karena perubahan hormon dan kelelahan sehingga menimbulkan pengeluaran lendir yang berlebih. Hal ini memang sering terjadi saat hamil dan tidak berbahaya bagi janin selama tidak ada perubahan bau dan warna. Untuk mengatasinya, Mama bisa menjaga kebersihan bagian intim seperti sering mengganti pakaian dalam, membersihkan dengan air hangat serta mengeringkannya setelah selesai buang air kecil atau buang air besar. Apabila keputihan yang Mama alami mengganggu kondisi Mama serta terdapat perubahan pada warna dan bau, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter atau bidan. Pada masa kehamilan terjadi perubahan fisik yang membuat Mama jadi mudah capek dan lelah, sakit pinggang, pegal-pegal, dan tulang terasa nyeri karena seiring bertambahnya usia kehamilan perut Mama akan semakin membesar, dan adanya perubahan hormon selama kehamilan. Mama bisa tetap mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memiliki waktu istirahat yang cukup, agar tidak mudah lelah dan tetap bersemangat dalam menjalani masa kehamilan ini. Selain itu Mama juga boleh menggunakan minyak penghangat untuk menghilangkan rasa pegal, tetapi jika rasa pegal sudah menggangu aktifitasnya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter atau bidan ya. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Hai Dok, sy preggo 28w. Suka makan buah sayur, gak bs minum vitamin, 1 month lately suka mkn roti, akinatnya overweight (57kg TB 147cm, before preggo 45kg). Sy harus diet apa?
Alhimni Fahma
Alhimni Fahma
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Alhimni Fahma, untuk IMT (Indeks Masa Tubuh) Mama berdasarkan berat badan per tinggi badan sebelum hamil masuk dalam kategori normal. Untuk Mama yang berat badannya ideal sebelum hamil, ketika hamil diperlukan penambahan berat badan 1-2 kg per bulan atau 11-16 kg selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah sayur yang cukup dapat memenuhi asupan vitamin. Untuk mengatasi berat badan berlebih saat hamil sebaiknya Mama dapat menjaga pola makan dengan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang seperti Karbohidrat atau biasa di kenal sebagai makanan pokok (nasi,kentang,roti, dll), Protein (hewani seperti ikan, daging, telur, nabati seperti tempe, tahu), Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, serta air. Hindari makanan atau minuman yang tinggi kandungan pemanis, makanan yang berkalori tinggi dan tinggi lemak, selain itu sebaiknya Mama mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, roti gandum, oatmeal, jagung. Selain itu Mama dapat mengkonsumsi camilan sehat seperti susu hamil, potongan buah, jus buah sayur, salad. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Mlm bunda ana saya mau tanya saya sekarang hamil udah masuk 7 bulan tapi tempat kerja saya jauh kurang lebih 1.30menit , bagai mana cara saya menjaga kehamilan saya?
Bunda_dewi
Bunda_dewi
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Dewi. Terima kasih atas pertanyaannya. Tantangan masa kini memang termasuk jauh dan macetnya perjalanan dari dan ke tempat kerja. Kelelahan karenanya, bisa beresiko untuk kehamilan. Oleh karena itu, untuk menjaga kehamilan, Mama sebaiknya menjaga kesehatan tubuh. Cara pertama tentu saja dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang. Selain itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan istirahat. Jika tidak mungkin tidur atau bahkan bersandar selama perjalanan, maka ketika sampai di kantor, usahakan menyempatkan diri untuk duduk tenang selama sekitar 15 menit. Setiap kali waktu istirahat, misalnya makan siang atau istirahat sore, pergunakan sebaik-baiknya. Di rumah, jangan memaksakan diri membereskan rumah jika lelah, namun istirahatlah. Supaya bisa beristirahat selama waktu bekerja, tentu saja Mama perlu memastikan bahwa pekerjaan Mama tetap berjalan dengan baik. Apapun yang dialami, nikmatilah sambil tersenyum, walaupun sederhana, cara ini efektif untuk meringankan stres. Penting juga untuk memeriksakan kehamilan Mama dengan bidan atau dokter secara rutin agar janin Mama dapat tumbuh secara optimal. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi Lactamil Mamacare di 0800-1-600-600 :)
Mlm bunda ana
Bunda_dewi
Bunda_dewi
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Bunda_dewi, bisa diperjelas untuk pertanyaannya? :)
pgi dok saya hamil udah 36w5d ciri2 dd masuk panggul gmn ya dan apkah bnar jika bayinya grak ny lelek kemungkinan jk ny cwe
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, setiap kondisi Mama hamil berbeda-beda. Umumnya janin masuk pintu atas panggul pada usia kehamilan 38 minggu, dengan ciri-cirinya perut akan lebih terlihat turun dan gerakan janin mulai berkurang. Tetapi untuk memastikan janin sudah masuk pintu atas panggul Mama dapat melakukan konsultasikan dengan dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG. Jenis kelamin janin dapat dipengaruhi oleh pembelahan kromosom di dalam rahim Mama pada saat pembuahan sehingga tidak ditentukan berdasarkan pergerakannya. Untuk mengetahui jenis kelamin janin Mama dapat melakukan pemeriksaan USG dengan dokter kandungan ya. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
dok usia kehamilan sya sudh memasuki usia 7bln knp ya dok perut sebelah kiri dan bokong sblh kanan sya sering trsa sakit ngilu dok mohon mnjlsan'a trmaksh
ririn winasa putri
ririn winasa putri
Anna Surti Ariani
Anna Surti Ariani
Ahli Psikologi Anak
Hai Mama Ririn Winasa Putri, saya psikolog nih bukan dokter. Sakit pada perut sebelah kiri saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesalahan menu makanan atau minuman, terlalu banyak aktivitas, kandungan yang semakin membesar dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Mama dapat istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, dan batasi aktivitas fisik. Sedangkan sakit pada bagian bokong sebelah kanan saat hamil bisa disebabkan karena mengalami kenaikan berat badan, perubahan postur tubuh, perubahan hormon, duduk yang terlalu lama, posisi tidur yang tidak nyaman, kurang asupan kalsium dan lain-lain. Untuk mengatasinya coba duduk disanggah dengan bantal dan konsumsi makanan dengan tinggi kalsium seperti seperti susu, keju, ikan teri, bayam, brokoli, kacang almond, jeruk, pisang atau alpukat. Semoga dapat membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
msuk khamilan 7 blan sy sring mlakukan hub intim ,tpi trkadang prut di bagian bawah trasa sakit atwpun sdikit nyeri ,pdahal sperma d kluarkn di luar , mnurut dokter bagaimana ? n apa aman untk bayi sy
eka noviapuspita sari
eka noviapuspita sari
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Eka Noviapuspita Sari, boleh saja Mama melakukan hubungan seksual dengan berhati-hati dan dengan posisi yang tidak menekan perut Mama serta pengeluaran sperma diluar. Berhubungan seksual dengan pengeluaran sperma di dalam disarankan untuk Mama yang sudah mendekati persalinan karena dapat mempercepat adanya pembukaan serviks secara alami. Apabila setelah berhubungan seksual, Mama merasakan nyeri atau keluar flek sebaiknya tidak berhubungan intim dahulu dan segera konsultasikan dengan dokter atau bidan agar dapat dilakukan pemeriksaan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
usia kehamilan 28 minggu dengan tinggi fundus 24cm apakah normal?
Leni Handayani
Leni Handayani
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Hai Mama Leni Handayani, untuk tinggi fundus uteri usia kehamilan 28 minggu berkisar antara 26-30 cm. Selama hamil sebaiknya konsumsi makanan bernutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa di kenal sebagai makanan pokok (nasi,kentang,roti, dll), protein (hewani seperti ikan, daging, telur, Nabati seperti tempe, tahu) Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, konsumsi air putih 2,5 liter dalam sehari, camilan sehat, susu khusus kehamilan serta rutin memeriksakan kehamilan dengan bidan atau dokter. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Assalamualaikum,dok saya sdg hamil 8 bln,setiap bangun tidur tangan saya koq susah bergerak ya dok,rasanya ngilu klw ngangkat sesuatu,kesemutan dan kulit tgn serasa menebal.Bagaimna mengobatinya dok?
Susan Susilawati
Susan Susilawati
Febriansyah Darus
Febriansyah Darus
Ahli Obstetri dan Ginekologi
Waalaikum salam Mama Susan Susilawati, kebas atau kesemutan biasanya disebabkan karena perubahan fisik selama kehamilan dan kelelahan otot dalam menyangga tubuh Ibu hamil yang sering sekali terjadi di bagian tangan atau kaki. Untuk membantu mengurangi kesemutan, Mama dapat melakukan pemijatan ringan pada tangan atau kaki yang mengalami kesemutan, mandi atau rendam bagian tubuh yang sering kesemutan dengan air hangat yang dicampurkan dengan garam mineral. Untuk mengatasi dan mencegahnya, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin B seperti bayam, brokoli, jeruk, dan lain-lain. Hindari menekuk kaki atau berdiri terlalu lama, istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari, atur posisi yang nyaman saat tidur, melakukan peregangan dan pemijatan ringan di area tangan dan kaki saat bangun tidur, konsumsi makanan dan minuman dengan tinggi kalsium dan kalium seperti susu dan yoghurt, lakukan olahraga ringan sesuai kondisi kehamilan Mama dan jika sudah sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter/bidan. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Hallo Mom, Apakah sering mengonsumsi makanan pedas (saya termasuk doyan pedas & tidak ada efek) serta es batu+air putih berdampak buruk pada janin/kehamilan? Penambah darah yg bagus apa ya?
Siti Nurkarimah
Siti Nurkarimah
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama Siti Nurkarimah, sebaiknya saat hamil Mama hindari makanan yang terlalu pedas karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan Mama seperti diare, maag, mencret dan lain-lain. Konsumsi air putih yang ditambahkan dengan es batu boleh saja, namun jika es tersebut dengan rasa yang manis seperti sirup, atau minuman manis lainnya karena mengandung kalori, sebaiknya tidak terlalu sering karena khawatir dapat menyebabkan berat badan berlebih. Apabila kadar HB Mama rendah sehingga mengalami anemia, Mama bisa konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, asam folat, vitamin C dan zat besi, seperti bayam, tomat, brokoli, kacang-kacangan, asparagus, jagung, jeruk, anggur, pisang, jambu biji, pepaya, mangga dan lain-lain, istirahat yang cukup dan lakukan olahraga ringan secara teratur. Semoga membantu Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
hamil tua melakukan sex bagaimana, terimakasih
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II
Nadia Mulya
Nadia Mulya
Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Hai Mama Thythyn GUsttama Poethrii Edisii II, ketika usia kehamilan semakin tua yaitu di trimester III, gairah seksual biasanya berangsur surut kembali. Perut membesar, membatasi gerakan atau posisi nyaman berhubungan intim. Namun hal tersebut bukan berarti Mama tidak boleh melakukan hubungan seksual. Boleh saja Mama melakukan hubungan seksual dengan berhati-hati dan dengan posisi yang tidak menekan perut Mama serta pengeluaran sperma diluar. Berhubungan seksual dengan pengeluaran sperma di dalam disarankan untuk Mama yang sudah mendekati persalinan (38 minggu ke atas) karena prostaglandin dalam sperma dapat memicu terjadinya kontraksi. Apabila setelah berhubungan seksual, Mama merasakan nyeri atau keluar flek sebaiknya tidak berhubungan intim dulu dan segera konsultasikan dengan dokter atau bidan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
sore dokter budiarti,dok saya mau tanya bagaimana caranya agar berat badan bayi saya dalam kandungan karena berat badan bayi saya hanya 2,5 dan darah saya jufa rendah,apakah ada makanan khusus dok
nimas ayu sasmito
nimas ayu sasmito
Budiarti
Budiarti
Ahli Nutrisi
Hai Mama nimas ayu sasmito, untuk masa kehamilan memang di perlukan asupan nutrisi yang cukup. Mama sebaiknya selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa di kenal sebagai makanan pokok (nasi,kentang,roti, dll), protein (hewani seperti ikan, daging, telur, Nabati seperti tempe, tahu) Lemak, Vitamin, Mineral seperti sayuran dan buah, serta air agar Mama dan janin Mama selalu sehat. Untuk mengatasi darah rendah, Mama bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti asparagus, bayam, hati sapi, daging, kacang merah atau asparagus dll. Lakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulannya di dokter kandungan ataupun bidan ya Mama. Semoga kehamilan Mama selalu sehat ya. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Lactamil Mamacare 0-800-1-600-600 :)
Load More
Loading