Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Apa Saja Persiapan Nutrisi Mama Menyusui Saat Trimester Akhir

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil
    Selamat bagi 10 Mama terpilih pada Live Chat 12 November 2015 bersama Ahli Nutrisi Mama Budiarti. Segera kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Mama Care (nama lengkap, alamat, no. telepon dan email) serta harap sebutkan Mama sebagai pemenang Live Chat 12 November 2015. Terima kasih untuk Mama yang sudah berpartisipasi, sampai bertemu di Live Chat berikutnya dengan tema menarik lainnya.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • lauri bintang tampeang
    lauri bintang tampeang
    Selamat siang mama



    Saya mau bertanya



    apabila wanita saat hamil tidak ada cairan bening yang keluar di payudara apakah nanti dapat menyusui dengan baik?



    Kira-kira bagai mana cara nya agar asi nya banyak dan harus mengkonsumsi apa saja agar saat bersalin nanti asi nya keluar.



    Terimakasih sebelumnya
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Frida santi
    Frida santi
    Assalamualaikum

    Siang mama Budiarti, wah tema nya sangat menarik semoga bisa menambah ilmu pengetahuan nih, langsung saja ya ma, yang mau saya tanyakan adalah :

    1. Jika saat kita memasuki kehamilan trimester akhir sudah mulai memproduksi ASI, mengapa ya ma setelah saya melahirkan baru 4 hari kemudian ASI saya baru keluar, apakah itu karena saya kurang mempersiapkan nutrisi pada saat saya masih hamil ?

    2. Banyak makan itu saya alami pada kehamilan trimester akhir, apakah dengan makan_makanan yang seimbang itu bisa memicu ASI kita lancar nantinya?

    3. Nutrisi berupa apa saja yang harus dikonsumsi bumil agar sukses ASI nya nanti,? (Makanan/minuman)

    4. Apakah dibantu dengan dukungan orang terdekat juga bisa membantu ASI kita sukses nantinya?

    5. Kiat² apa saja yang bisa dilakukan pada kehamilan trimester akhir agar kita siap melahirkan dan memproduksi ASI yang lancar?

    Terima kasih ma, selamat siang
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Wa'alaikumsalam. Selamat siang Mama Frida Santi.

      1. Alhamdulillah sudah keluar ASI nya ya Mama :) Hal ini adalah wajar terjadi yang penting ASI mama sudah keluar.

      2. Betul Mama Frida, dengan mengkonsumsi nutrisi seimbang dapat membantu memperlancar ASI Mama.

      3. Nutrisi yang dapat memperlancar ASI dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan segar, makanan tinggi protein khususnya protein hewani seperti telur, ikan, ayam, daging dll dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, katuk, kangkung dll.

      4. Orang-orang terdekat seperti keluarga, suami, teman dapat membantu mempelancar keluarnya ASI.

      5. Kiat-kiat yang dapat Mama lakukan untuk mempersiapkan persalinan dan memperlancar ASI yaitu selama hamil sebaiknya Mama tetap berfikir positif, menjaga pola makan dengan konsumsi makanan nutrisi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral), dan cukup istirahat. Semoga dapat membantu ya Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • pienky meliana
    pienky meliana
    nutrisi yg dibutuhkan supaya ASI nya banyak ya bu ? karena dulu wkt anak pertama ASI saya dikit & hrs segera disambung sufor
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Pienky, kebutuhan kalori di kehamilan trimester 3 meningkat menjadi sekitar 300 kalori/hari yang bisa didapatkan dari protein, karbohidrat dan lemak. Nutrisi penting yang perlu Mama konsumsi yaitu diantaranya pepaya yang masak/matang (mengandung vitamin c, folat, serat dan potassium untuk meringankan rasa panas dalam perut dan hindari pepaya yang masih muda karena getah pepaya mengandung pepsin yang akan merangsang kontraksi), ikan lemak (seperti salmon dan tuna mengandung omega 3 yang berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama), kacang-kacangan, dan konsumsi sayur serta buah-buahan. Namun selain nutrisi, kondisi psikologis juga harus prima karena salah satu kesuksesan pemberian asi adalah faktor psikologis. Mama juga bisa melakukan pemijatan pada payudara untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar susu secara teratur yakni 2 hari sekali di waktu pagi dan sore hari ketika mandi. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Lira Hanifa Khairunnisa
    Lira Hanifa Khairunnisa
    waktu kehamilan pertama saya merasa sedih karena gagal memberikan ASI untuk anak saya.saya sudah mengkonsumsi vitamin2 penambah asi dan sayur katuk setiap hari.tapi asi saya hanya 10cc sekali pompa.kebetulan bayi saya tidak bisa saya susui karena harus berada di inkubator dikarenakan prematur dengan berat badan hanya 1 kg.saya ingin hamil lagi dan bisa memberikan asi kepada anak saya kelak.apa yang harus saya persiapkan?makasih untuk jawabannya.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Lira Hanifa Khairunnisa.



      Nutrisi yang dibutuhkan Mama selama kehamilan yaitu banyak yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, maupun Mineral. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, karena Kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.

      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh. Mama bisa menggantinya dengan sayuran dan buah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan ya.

      Yogurt untuk mengatasi konstipasi

      Konstipasi atau susah buang air besar adalah hal biasa yang sering terjadi pada ibu hamil. Pada kehamilan 7 bulan dan seterusnya, konstipasi semakin parah karena sistem pencernaan kita tertekan perut yang semakin besar. Selain buah-buahan, yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu mengurangi konstipasi. Makanlah yogurt setiap hari karena dapat memperlancar buang air besar dan banyak mengandung kalsium. Selain itu perbanyak minum air dan sering-seringlah berjalan kaki.

      Asi yang berlimpah bisa didapatkan jika konsumsi makanan Mama yang bergizi seimbang dengan adanya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tetap berfikir positif, tidak terlalu capek, istirahat yang cukup, dan sesering mungkin untuk menyusui, karena rangsangan dari hisapan si kecil dapat merangsang produksi Asi yang banyak.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Alya rahmawati
    Alya rahmawati
    siang mama

    saya mau tanya, nutrisi apa yang baik untuk kehamilan pada trisemester ke 3 ? saya bukan penyuka susu apakah ada makanan lain misal mengkonsumsi vitamin untuk memenuhi nutrisi tersebut? terimakasih atas jawabannya mama.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Alya rahmawati.

      Nutrisi yang dibutuhkan Mama selama kehamilan yaitu banyak yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, maupun Mineral. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, karena Kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.

      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh. Mama bisa menggantinya dengan sayuran dan buah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan ya.

      Yogurt untuk mengatasi konstipasi

      Konstipasi atau susah buang air besar adalah hal biasa yang sering terjadi pada ibu hamil. Pada kehamilan 7 bulan dan seterusnya, konstipasi semakin parah karena sistem pencernaan kita tertekan perut yang semakin besar. Selain buah-buahan, yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu mengurangi konstipasi. Makanlah yogurt setiap hari karena dapat memperlancar buang air besar dan banyak mengandung kalsium. Selain itu perbanyak minum air dan sering-seringlah berjalan kaki.



      Untuk konsumsi vitamin sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter atau Bidan. Semoga dapat membantu Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • erlis suryani
    erlis suryani
    Selamat Siang mama Budiarti...

    Saya sedang hamil anak ke2 ususia kehamilan17 minggu.

    1.Ma puting sebelah kiri saya rata hingga sulit jika untuk menyusui.Bgmn cara supaya putingnya bisa menonjol agar mudah untuk menyusui?

    2. Perlukah perawatan khusus untuk payudara supaya puting nya menonjol agar mempermudah saat menyusui?

    3. Selain makan yg bergizi seimbang apa saja yg harus di persiapkan pada trimester akhir kehamilan agar menghasilkan ASI yg lancar dan baik untuk di konsumsi bayi?

    4. Apa dampak Positif dan Negatif bagi bayi yg tidak mendapatkan ASI ekslusif?

    Terima kasih atas jawaban nya mama Budiarto....
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Erlis Suryani, selamat ya mama atas kehamilan putra ke dua :)

      Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan ya mama :

      1. Sebenarnya puting tidak menonjol masih bisa menyusui walau memang agak sulit. Untuk itu mama perlu melakukan pemijatan payudara dimulai pada usia kehamilan 7 bulan, karena bila dilakukan sebelum usia kehamilan 7 bulan dikhawatirkan akan terjadi kontraksi. Permijatan berfungsi untuk melancarkan dan melarutkan lemak lemak dalam kelenjar susu

      Pemijatan dapat dilakukan secara teratur 2 hari sekali (pagi/ sore saat mandi), bersihkan area areola/ bagian payudara berwarna coklat dgn menggunakan kapas yang dibasahi dengan baby oil/ minyak zaitun. Mama juga bisa melakukan breast care yang dilakukan oleh bidan/ dokter saat mama berkonsultasi.

      2. Perawatan payudara harus tetap dilakukan terutama mulai usia 7 bulan (trimester 3) seperti pijat payudara, senam teratur dan juga pemakaian bra yang pas

      3. Selain mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang sebaiknya Mama pun menyiapkan mental dan psikologis serta tetap berfikir positif ya mama

      4. Dampak postif pemberian ASI adalah si Kecil akan tumbuh sehat, pintar karena semua zat gizi yang terkandung pada ASI sesuai dengan kebutuhan si Keci, sedangkan dampak negatifnya bila tidak diberi ASI adalah si Kecil kadang sering sakit apabila kebutuhan gizinya kurang sehingga mama harus ekstra memperhatikan asupan gizi si Kecil. Semoga bermanfaat ya mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • syaqila salwa aurelia
    syaqila salwa aurelia
    Selamat siang dokter, saya ini sedang hamil 6bulan yang saya mau tanyakan nutrisi apasaja yang perlu diperhatikan agar nanti kalau melahirkan berjalan dengan normal, dan bagaimana dok agar nanti kalau saya melahirkan puting saya bisa menonjol dan keluar asi banyak??? Terima kasih dokter.. Assalamualaikum
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Syaqila Salwa Aurelia, selama hamil kebutuhan kalori akan meningkat sebanyak 300 kalori/hari yang dapat dipenuhi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Selama hamil sebaiknya Mama tetap berfikir positif, menjaga pola makan dengan konsumsi makanan nutrisi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral), dan cukup istirahat agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Agar puting Mama keluar pada saat menyusui nanti dapat melakukan pemijatan payudara secara rutin namun sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan Mama memasuki 7 bulan. Untuk memperlancar produksi ASI banyak konsumsi buah-buahan segar, makanan tinggi protein khususnya protein hewani seperti telur, ikan, ayam, daging dll dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, katuk, kangkung dll. Semoga membantu Ma.
    • Live Chat sudah selesai.

  • lauri bintang tampeang
    lauri bintang tampeang
    Selamat siang mama



    Saya mau bertanya



    apabila wanita saat hamil tidak ada cairan bening yang keluar di payudara apakah nanti dapat menyusui dengan baik?



    Kira-kira bagai mana cara nya agar asi nya banyak dan harus mengkonsumsi apa saja agar saat bersalin nanti asi nya keluar.



    Terimakasih sebelumnya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama lauri bintang tampeang.



      Cairan bening yang keluar disebut kolostrum. Kolostrum berfungsi untuk imunitas si kecil. Keluarnya kolostrum bisa terjadi pada saat kehamilan trimester ketiga atau setelah melahirkan. Jadi Mama tidak perlu khawatir jika pada masa kehamilan Mama belum mengeluarkan kolostrum. Pengeluaran kolostrum juga tidak berpengaruh dengan menyusui yang baik.



      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh. Mama bisa menggantinya dengan sayuran dan buah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan ya.





      Asi yang berlimpah bisa didapatkan jika konsumsi makanan Mama yang bergizi seimbang dengan adanya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tetap berfikir positif, tidak terlalu capek, dan istirahat yang cukup.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sahira Zakkiya
    Sahira Zakkiya
    Mama...saya ada beberapa pertanyaan. . .

    1. Nutrisi apa sajakah yg bisa merangsang keluar dan lancarnya asi?

    2. Apakah ada suplemen yg bisa melancarkan asi?

    3. Apakah ada perawatan payudara agar asi bisa lancar,

    4. Makanan atau minuman apa saja yg bisa menghambat keluarnya asi?

    5. Apakah faktor stress bisa menghambat keluarnya asi?

    Terima kasih ma atas jawabannya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Sahira,

      1. Kebutuhan kalori di kehamilan trimester 3 meningkat menjadi sekitar 300 kalori/hari yang bisa didapatkan dari protein, karbohidrat dan lemak. Nutrisi penting yang perlu Mama konsumsi yaitu diantaranya pepaya yang masak/matang (mengandung vitamin c, folat, serat dan potassium untuk meringankan rasa panas dalam perut dan hindari pepaya yang masih muda karena getah pepaya mengandung pepsin yang akan merangsang kontraksi), ikan lemak (seperti salmon dan tuna mengandung omega 3 yang berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama), dan konsumsi sayur serta buah-buahan.

      2. Penggunaan suplemen sebaiknya konsultasi secara langsung dengan dokter.

      3. Perawatan payudara yang bisa Mama lakukan yaitu diantaranya melakukan pemijatan pada payudara untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar susu secara teratur yakni 2 hari sekali di waktu pagi dan sore hari ketika mandi. Lalu bersihkan bagian areola (bagian payudara berwarna coklat) dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan baby oil atau minyak zaitun. Atau Mama juga bisa melakukan Breastcare yang dilakukan oleh bidan atau dokter saat Mama berkonsultasi.

      4. Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, bergas, minuman berkafein, alkohol dan makanan junkfood selama menyusui.

      5. Kondisi psikologis juga dapat mempengaruhi produksi asi, oleh karena itu sebaiknya selama menyusui Mama harus berpikiran positif, hindari stres, istirahat yang cukup, menyusui sesering mungkin, agar produksi asi tetap lancar.

      Semoga jawabannya dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.