Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Atasi Gangguan Kulit Selama Hamil

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat bagi 10 Mama dengan pertanyaan menarik pada Live Chat 30 Juli 2015
    bersama Ahli Gaya Hidup Nadia Mulya. Segera kirim data diri ke inbox
    Facebook Fanpage Mama Care (nama lengkap, alamat, no. telepon) dan harap
    sebutkan Mama sebagai pemenang Live Chat 30 Juli 2015

    Terima kasih untuk Mama yang sudah berpartisipasi, sampai bertemu di Live Chat berikutnya dengan tema menarik lainnya.

     

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Reni Resnawati
    Reni Resnawati
    Ketika memasuki kehamilan 7 bulan setiap habis mandi kulit jadi gatal dari bagian dada kebawah. Itu disebabkan karena apa ya bun ?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Hi Mama Reni,

      Terima Kasih atas partisipasinya. Mohon maaf saat ini Live Chat sudah ditutup. Mama bisa mengikuti Live Chat selanjutnya atau hubungi Mama Care Lactamil di 0-800-1-600-600

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup, ya. Terima kasih atas partisipasinya dan ikuti Live Chat selanjutnya dengan topik yang lebih menarik. :)

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • runti yunita
    runti yunita
    siang mama,
    mama bagaimana mengatasi gangguan gatal saat hamil?
    sering tidak sengaja mengaruk2 perut saat hamil dan sekarang membekas, jadi tidak PD di depan suami.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Runti Yunita,

      Seperti yang banyak saya jawab pada Mama lain, gatal itu memang hal yang wajar akibat kulit yang menjadi lebih sensitif, cenderung menjadi kering dan tipis akibat melar untuk mengakomodir kehamilan. Selain itu tentu pengaruh hormon berperan besar dalam membuat reaksi yang berbeda pada kulit. Seperti telapak tangan dan kaki yang menjadi kemerahan. Hal yang sebelumnya baik-baik saja malah bisa mencetus rasa gatal yang berkisar dari geli-geli menjadi rasa panas yang mengganggu.

      Gatal dapat diatasi dengan menjaga kekeringan tubuh (tidak berkeringat) sekaligus menjaga kelembapan kulit. Maksudnya, pastikan tubuh Mama bersih dengan mandi 2-3x sehari. Usai mandi, tepuk-tepuk wajah dan tubuh dengan handuk (jangan digosok) dan pada wajah tepuk-tepukkan kapas yang diberi cairan toner (letakkan toner di dalam lemari es untuk memberi efek yang lebih menyegarkan). Oleskan pelembab wajah yang terbukti aman bagi kulit Mama dan pelembab berbahan alami pada tubuh seperti minyak zaitun, shea lotion, dan lain-lain. Jika ingin menggunakan make up, sebaiknya gunakan yang water based agar tidak berminyak. Selain itu banyak minum air putih dan hindari makanan yang dapat mencetus reaksi alergi seperti kacang, tomat, makanan laut, dan lain-lain.

      Jangan digaruk ya Ma, karena bila terluka akan meninggalkan bekas. Nah bekas itu kemudian menjadi cacat pada kulit yang tidak dapat dihilangkan. Hindari hal-hal yang dapat membuat gatal, seperti pakaian dalam yang ketat atau baju yang terbuat dari polyester, dan sebagainya. Hindari juga pemakaian parfum atau body lotion dengan wangi yang keras. Hindari juga mandi dengan air panas yang dapat membuat kulit semakin kering.

      Tetapi sama dengan berbagai keluhan kulit lainnya, akan hilang usai melahirkan. Sabar ya Ma. Semoga jawaba ini bisa membantu.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Sahira Zakkiya
    Sahira Zakkiya
    Hi mama, persalinan pertama saya secara sc nah bekas sc nya mebjadi keloid, apakah keloid itu bisa hilang ma? Terus yg kehamilan yg kedua menyisakn stretchmark itu cara ngilanginnya gmn pada pinggang sebelah kiri... Makasih mama Nadya
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Sahira,

      Sayangnya keloid tidak bisa dihilangkan karena merupakan pertumbuhan jaringan ikat yang tumbuh berlebihan pada kulit bekas luka, seperti luka operasi caesar. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti tetapi dipengaruhi oleh faktor keturunan. Keloid bisa dihilangkan dengan perawatan seperti laser dan suntikan cortison yang sebaiknya dilakukan bila Mama sudah selesai menyusui.

      Nah kalau stretchmarks atau guratan kehamilan adalah hal yang dialami oleh nyaris semua Mama hamil. Biasa terjadi pada perut, panggul, pantat, paha dan payudara atau bagian tubuh yang mengalami perubahan paling besar, dan biasa muncul di trimester akhir. Stretch marks adalah cacat kulit karena permukaan sobek, sehingga tidak dapat dihalangkin, hanya sekedar disamarkan.

      Untuk mengurangi tampilannya Mama dapat mengoleskan berbagai krim perawatan usai menyusui yang mengandung tretinoin (Retin-A) dan glycolic acid (tidak aman bagi Mama menyusui.) Bila sangat mengganggu, Mama dapat melakukan perawatan ke dokter kulit dengan laser atau bahkan tummy tuck, dimana sebagian kulit yang “gombyor” dan ber-stretch marks diangkat. Sebaiknya dilakukan bila tidak ada rencana hamil lagi, karena percuma saja, kulit akan melar setiap kehamilan.

      Semoga menjawab ya Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Pita Amelia
    Pita Amelia
    siang mama...sy hamil menginjak bl ke 7, awalnya kulit sy normal2 saja,,,tiba2 paha kaki dua2nya bagian belakang menghitam, smp ke pantat...dan ada garis hitam memanjang dr paha smp ke kaki...itu apa y?bagaimana terjadi seperti itu dan bagaimana cr mengilangkannya?
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nani Susanti
    Nani Susanti
    Hi Mama Nadia,, saya mau tanya..
    Waktu hamil saya tidak ada strechmark sama sekali tetapi setelah melahirkan caesar, strechmark itu muncul di bagian perut & sampai skrg msh blm hilang. Bagaimana cara untuk menghilangkannya selain menggunakan cream penghilang strechmark?
    Terima kasih :)
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Nani Susanti,

      Sebenarnya stretchmark situ sudah ada dari kehamilan pertama, tetapi biasanya baru lebih tampak pada kehamilan kedua karena kulit perut kembali direnggangkan sehingga baru tampak.

      Sayangnya stretchmarks tidak dapat dihilangkan, tetapi hanya disamarkan.

      Kulit yang melar itu tidak dapat diakomodir oleh elastisitas kulit, sehingga permukaannya menjadi “sobek”. Tampilannya akan lebih memudar diawali dengan warna kemerahan kemudian menjadi kehitaman karena efek hormon, dan akhirnya memudar menjadi keputihan setelah sekitar setahun usai persalinan.

      Untuk mengurangi tampilannya Mama dapat mengoleskan berbagai krim perawatan usai menyusui yang mengandung tretinoin (Retin-A) dan glycolic acid (tidak aman bagi Mama menyusui.) Bila sangat mengganggu, Mama dapat melakukan perawatan ke dokter kulit dengan laser atau bahkan tummy tuck, dimana sebagian kulit yang “gombyor” dan ber-stretch marks diangkat. Sebaiknya dilakukan bila tidak ada rencana hamil lagi, karena percuma saja, kulit akan melar setiap kehamilan.

      Semoga terjawab ya Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Rosiana Setiawan
    Rosiana Setiawan
    Selamat siang mama nadia...

    Saya mau tanya selama kehamilan anak kedua bagian dada saya banyak d tumbuhi jerawat & ga sembuh"..
    Apakah itu pengaruh hormon kehamilan?
    Terimakasih mam atas jawaban'y..
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Rosiana,

      Gatal-gatal adalah hal yang wajar dialami oleh sebagian Mama hamil. Diakibatkan dengan semakin sensitifnya kulit, kulit cenderung menjadi kering dan tipis akibat melar untuk mengakomodir kehamilan. Selain itu tentu pengaruh hormon berperan besar dalam membuat reaksi yang berbeda pada kulit. Seperti telapak tangan dan kaki yang menjadi kemerahan. Hal yang sebelumnya baik-baik saja malah bisa mencetus rasa gatal yang berkisar dari geli-geli menjadi rasa panas yang mengganggu. Ya betul sekali Mama, penyebabnya adalah hormon. Maka dari itu setiap Mama dan setiap kehamilan memiliki reaksi yang berbeda terhadap perubahan hormon.

      Sementara jerawat atau acne juga diakibatkan oleh perubahan hormon khususnya androgen membuat produksi sebum (minyak) menjadi semakin banyak. Sebum ini bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran yang ada di udara sehari-hari menyumbat pori-pori. Kulit yang semakin sensitif membuat mudah meradang bila terkena hal yang kotor. Maka Mama harus rajin menjaga kebersihan dan kekeringan di area dada. Hindari penggunaan kimia dan setiap habis beraktivitas, bersihkan wajah, leher dan dada kemudian kompres dengan lap dan air dingin atau ditepuk-tepukkan kapas yang telah diberikan toner. Hindari gerakan yang menggesek atau menggosok. Bila banyak jerawat, jangan melakukan scrubbing karena dapat membuat semakin iritasi. Hindari menyemprot parfum ke dada, ganti deterjen dan pewangi dengan yang lebih halus (yang biasa untuk baju bayi), jangan memencet jerawat dan memberikan obat jerawat. Ada kandungannya (tetracycline, doxycycline, dan minocycline) yang dikhawatirkan berbahaya bagi kehamilan.

      Pilihlah produk perawatan wajah dan make up yang berbasis air (tidak berminyak) dan berlabel "noncomedogenic" atau "nonacnegenic." Bila sangat menggangu, temuilah dokter spesialis kulit.

      Tetapi sama dengan berbagai keluhan kulit lainnya, akan hilang usai melahirkan. Yang perlu Mama lakukan adalah menjaga kebersihan dan menghindari hal-hal yang dapat membuat gatal, seperti pakaian dalam yang ketat atau baju yang terbuat dari polyester, dan sebagainya. Hindari juga pemakaian parfum atau body lotion dengan wangi yang keras. Hindari juga mandi dengan air panas yang dapat membuat kulit semakin kering. Semoga terjawab ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Pita Amelia
    Pita Amelia
    siang mama...sy sedang hamil 7 bl, selama kehamilan kulit saya awalnya normal2 saja, tp tiba2 daerah sekitar paha belakang smp pantat tiba2 berwarna hitam, tp cm dibelakang, tdk smp depan, serta ada garis hitam dr pantat smp ke kaki....itu apa y ma...sy tanyakan pd keluarga yg pernah hamil, tdk pernah mengalami seperti ini. mohon pencerahannya, dan bagaimana cara menghilangkannya...terima kasih... ;)
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Pita Amelia
    Pita Amelia
    siang mama...sy sedang hamil 7 bl, selama kehamilan kulit saya awalnya normal2 saja, tp tiba2 daerah sekitar paha belakang smp pantat tiba2 berwarna hitam, tp cm dibelakang, tdk smp depan, serta ada garis hitam dr pantat smp ke kaki....itu apa y ma...sy tanyakan pd keluarga yg pernah hamil, tdk pernah mengalami seperti ini. mohon pencerahannya, dan bagaimana cara menghilangkannya...terima kasih... ;)
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.