Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Bagaimana Gaya Hidup Sehat Selama Menyusui

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat bagi 10 pemenang, Mama dengan pertanyaan menarik pada Live Chat kali ini.Segera kirim data diri ke inbox FB Fanpage Mama Care dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang #LiveChat, untuk mempermudah pengiriman paket eksklusif dari Mama Care dan Mama Nadia Mulya.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Terima kasih banyak atas partisipasi Mama di Live Chat bersama Mama Care Expert Mama Nadi Mulya. Saat ini sesi live chat ini resmi ditutup. Semoga jawaban kami bisa membantu permasalahan Mama. Sampai jumpa di Live Chat Lactamil Mama Care di lain waktu dengan Mama Care Experts dan topik yang berbeda. Nantikan pengumuman pertanyaan terbaik yang akan mendapat hadiah dari Mama Care dan Mama Nadia Mulya ya, Ma. 

     

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • erniati bernadetta pardosi
    erniati bernadetta pardosi
    selamat siang mama nadia, anak saya full asi selama ini akan tetapi anaknya saya dikatan dokter mengalami anemia..apakah salah satu penyebabnya karena anak saya full asi??untuk asupan makanan yang saya makan sebenernya tidak begitu saya atur dalam artian apa yang saya suka yah saya makan , saya wanita pekerja jadi kalau dikantor ASI saya perah.gaya hidup sehat seperti apa yang harus saya jalankan?terimakasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama erni pardosi, informasinya kurang lengkap, usia anak Mama berapa bulan, bila sudah di atas 6 bulan, maka seharusnya sudah mendapatkan mpasi yang dapat membantu mengatasi anemia seperti bubur saring ati ayam dengan banyam. kalau si kecil masih di bawah 6 bulan dan full ASI, mama dapat membantu melalui asupan nutrisi Mama.perbanyak makanan yang mengandung zat besi seperti aprikot, jagung, telur, kangkung, bayam, jambu biji, buah naga dan sayuran serta buah-buahan lainnya. coba juga Mama makan seafood dan kambing tetapi observasi dulu dampaknya kepada si kecil melalui babnya. Semoga membantu ya Ma :)

    • erniati bernadetta pardosi
      erniati bernadetta pardosi
      maaf mama nadia, usia ketika dinyatakan anemia 9bln, karena sebenernya anak saya susah makan semenjak dimulai MPASI :( tapi ASI nya kuat. terimakasih untuk masukannya :D...
    • Live Chat sudah selesai.

  • Solihat Umi
    Solihat Umi
    Selamat siang mama nadia...saya mama menyusui,agar tetap sehat,mama menyusui harus memperhatikan nutrisi yang masuk kecdalam tubuh.diantaranya meningkatkan asupan kalori,protein,vitamin dan mineral.pertanyaannya:
    -Perlukah mama selalu mempertahankan asupan yang sempurna selama menyusui untuk menghasilkan Asi yang barkualitas?jika kualitas makanannya tidak baik,apa akan berpengaruh terhadap Asi.misal makan pedas dan minum es
    -Apakah mama menyusui harus lebih sering dan lebih banyak makan dan minum supaya Asi jd banyak.
    -apa yang mama menyusui makan supaya menghasilkan Asi yang tidak bening dan lebih padat gizi juga bisa membuat bayi gampang kenyang?terimakasih mama ..
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama Solihat Untuk makanan pedas tergantung dari masing-masing mama. Bagi mama yang terbiasa makan pedas maka otomatis “selera” atau “kemampuan” mengonsumsi makan pedas juga diturunkan kepada anak. Satu satunya cara adalah observasi reaksi si kecil (BAB) usai mengonsumsi makanan pedas. Kalau si kecil tidak diare maka mama bebas makan pedas semau mama. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi tentunya adalah makanan segar dan terbebas dari kimia seperti MSG dan zat pengawet. Buah dan sayuran terutama sayuran hijau sangat baik untuk memperbanyak produksi asi selain itu, mama disarankan banyak makan protein seperti lauk ayam dan daging-dagingan, omega dari ikan salmon, dan kalsium dari susu dan produk turunan susu (yoghurt, mentega,dsb) sementara bagi mama yang ingin menurunkan berat badan dapat mengurangi konsumsi karbohidrat. Nah, makanan yang sebaiknya dihindari secara garis besar adalah makanan yang dapat mencetus alergi dan makanan yang berpotensi membuat mama sakit. Misalnya hindari kacang-kacangan, sea food, tomat, dan makanan pencetus alergi lain apabila mama ada riwayat alergi. Hindari juga makanan yang tidak dimasak dengan baik karena dapat membuat mama diare bahkan keracunan makanan sehingga mengalami dehidrasi dan tentunya mempengaruhi produksi asi. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Septiyani
    Septiyani
    mama nadia, klo mama menyusui bekerja di lingkungan perokok ASIPny bisa tercemar tidak, dan bagaimana carany biar isa tetap sehat selama menyusui selain makan bergizi dan olahraga serta istirahat yg cukup
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama Ahza, Bagus sekali pertanyaannya, Dan ini memang dilema dari para Mama menyusui yang suaminya atau lingkungannya merokok. Dampak dari pada secondhand smoking perokok pasif sama saja bahayanya seperti perokok aktif salah satunya dapat menurunkan produksi ASI karena berpengaruh terhadap hormon prolaktin dan LDR (Let Down Reftes) yaitu turunnya Asi keputing agar dapat dimunum oleh bayi. Selain itu bagi anak yang terpapar Asap rokok memeliki kemungkinan lebih tinggi terserang SIDS ( Sudden Infant Death Sindrom), meningkatkan resiko Asma dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), dapat mempengaruhi perkembang otak yang menyebabkannya mengalamai ganggunan berpikir terutama saat sekolah nanti. Untuk itu sedapat mungkin hindari mereka yang merokok bila perlu diskusi dengan atasan untuk menyediakan ruangan khusus merokok :)

    • Septiyani
      Septiyani
      trimakasih penjelasanny mama nadia, usul mama soal ruangan khusus meroko akan sy sampaikan k atasan smoga mendapat respon yg positif
    • Live Chat sudah selesai.

  • Itta Hermawati
    Itta Hermawati
    Selamat Siang Mama Nadia..
    Saya mau bertanya :
    Bagaimana langkah & Posisi yang tepat untuk menyusui ?

    Terimakasih :)
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama Itta,Menyusui adalah proses dimana semua Mama perlu pendekatan sendiri agar dapat berhasil. Jangan lantas frustasi ketika si kecil yang baru lahir gagal menghisap puting saat proses inisiasi menyusui dini. Agar menyusui sukses, Mama harus dalam kondisi yang rileks dan positif. Tatkala si kecil kesulitan, janganlah patah semangat. Iapun sedang belajar mencari posisi yang nyaman. Posisi menyusui mungkin berbeda-beda bagi setiap Mama. Secara umum, perhatikanlah poin-poin ini: Sangga payudara dengan tangan, posisi ibu jari atas dan jari-jari yang lain di bawah atau dekatkan payudara ke bibir bawah bayi memancingnya membuka mulut. Ketika sudah membuka mulut, segera dekatkan bayi pada Mama, bukan menyodorkan payudara ke mulutnya atau pastikan bayi sudah latch on, yaitu dagu melekat di payudara, lidah bayi di bawah puting, dan sebagian besar daerah areola masuk ke mulut bayi atau di awal menyusui akan merasakan rasa seperti dicubit, tapi setelah itu hanya rasa seperti tertarik atau ASI mengalir. Bila terasa sakit, hentikan dan perbaiki posisi latch on bayi atau perhatikan bayi benar-benar minum dan bukan hanya ngempeng. Ia akan melepaskan sendiri dari payudara saat sudah kenyang, dan tampak tenang dan tidak rewel ketika selesai menyusu. Jangan lupa disendawakan ya Ma. Semoga membantu ya Mama Itta :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • rahma daniar
    rahma daniar
    Siang bunda nadia...saya ibu 2 org anak yg pertama 5.5thn dan 1.5thn...yg ingin saya tanyakan anak saya sdh tdk lg mau nyusu sama saya pdahal saya masih mau menyusui sampai 2thn...ntah kenapa dia nggak mau lg sdh 2 bln ini...pdhal ASI saya msi ada wkt itu...kira2 kenapa y bun dan apa yg hrs saya lakukan u mngganti ASI nya agar tumbuh kembang anak saya tetap bagus...
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama rahma, sama seperti anakku yang pertama, berhenti ASI si usia 1 tahun 11 bulan, jadi saya tidak bisa klaim menyusui 2 tahun dong. Jangan di risaukan ya Ma. Menyusui 6 bulan saja sudah investasi luar biasa bagi perkembangan dan daya tahan tubuh si kecil.Dengan Mama menyusui 1.5 tahun itu sudah hebat sekali. Anak memiliki kemampuan mengetahui apa saja yang tubuhnya butuhkan. mungkin saja saat itu si kecil sedang gemar-gemarnya mengeksplorasi rasa dan tekstur makanan baru. yang dapat Mama lakukan adalah terus memantau apa yang ia konsumsi dan memberikan pengalaman tekstur dan rasa lain agar keingintahuannya terus di stimulasi. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Enah Cicih Aisyah
    Enah Cicih Aisyah
    Hai Mama Nadia, saya mau tanya sekarang saya sedang menyusui dan usia anak saya 5 bulan. saya bekerja tetapi asi saya tidak terlalu banyak, stock susu saya hampir habis. bagamana cara'a biar asi saya banyak ? apakah benar jika saya minum es atau makan pedas akan berpengaruh ke asi saya ? dan sebenarnya asi kuat dalam brp lama jika di freezer?
    terima kasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama Enah, untuk memperbanyak stok ASI perah, Mama harus rajin memompa dan juga menyusui secara langsung saat bertemu dengan sikecil. produksi ASI tergantung pada hukum supply dan demand. semakin sering mama memompa/menyusui maka akan semakin berlimpah produksinya. dari segi nutrisi dapat di bantu dengan makanan protein tinggi, serat dan mengandung air banyak. seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Mama juga dapat minum suplement seperti susu menyusui yang mengandung asam folat dan mikro nutrisi lain yang akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.ASI Perah (ASIP) dapat bertahan hingga berbulan- bulan. Untuk ASIP dalam lemari pendingin/kulkas, pada suhu sekitar 4°C (tidak sampai beku), ASIP dapat bertahan 3 hingga 8 hari. Simpanlah di bagian kulkas yang paling dalam (paling dingin). Untuk freezer di lemari es satu pintu, ASIP aman dikonsumsi hingga dua minggu. Untuk freezer pada lemari es dua pintu, waktu penyimpanan bisa lebih lama, hingga 3-4 bulan. Freezer khusus dengan suhu sangat dingin di bawah 18°C, ASIP aman disimpan hingga 6-12 bulan. Agar lebih optimal lagi, simpanlah ASI dalam wadah plastik khusus atau botol yang sudah disteril. Botol kaca lebih baik. Simpanlah dalam wadah sesuai takaran pemakaian. Beri label tanggal dan jam pemerahan di botol ASI; gunakan ASIP dengan hari dan tanggal yang paling lama terlebih dahulu. Jangan campur ASI yang diperah sekarang dengan ASI yang diperah sebelumnya. Amati bau dan rasanya, jika terasa basi, jangan gunakan ASIP tersebut. Untuk defrost atau mencairkan ASIP dari freezer, pindahkan ke lemari es selama tidak lebih dari 24 jam. Sesudah ASIP beku dicairkan, hanya bertahan 4 jam saja pada suhu ruangan. ASIP yang sudah dihangatkan harus segera dihabiskan! Jangan simpan sisanya lagi dalam lemari pendingin apalagi dalam freezer. Hangatkan dengan cara merendam botol ASIP di dalam wadah yang berisi air hangat, atau pegang wadah ASIP dibawah aliran air hangat. Jangan memanaskan ASIP menggunakan api atau microwave, karena proses pemanasan akan menghancurkan kandungan vitamin di dalam ASI. Saat menyajikan ASIP, jangan dikocok-kocok agar tidak merusak kandungannya. Cukup goyangkan botolnya perlahan agar lapisan lemak tercampur dan warna ASIP terlihat homogen.Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Hartaty Angzelina
    Hartaty Angzelina
    Siang Mama ..Saya seorang ibu menyusui..anak say usia 10 bulan..Sebagai ibu pekerja saya juga pumpin di kantor..dan saya merasa ASIP saya mulai berkurang..Anak saya masih ASI ekslusif..tapi kenapa ya akhir akhir ini saat malam si kecil minta ASI ..sepertinya dia kurang puas dan kesel sendiri.Apa karena ASI saya berkurang..dan untuk memperlancar ASI saya harus makan apa ..karena ingin sekali anak sya bisa AI minimal 2 tahun..? Terimakasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama Hartaty, saat bayi mulai mpasi maka mama akan menyadari ada sedikit perubahan pada ASI. mungkin ASI tidak sederas sebelumnya, tetapi justru kaya akan antibodi untuk melindungi si kecil yang sedang banyakbereksperimen dengan makanan baru. tubuh seorang ibu memang luar biasa karena akan menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil.Apalagi si kecil sudah 10 bulan dan banyak mendapatkan asupan dari makanan lain.Mungkin alasan kenapa ia rewel di malam hari disebabkan oleh faktor lain, seperti over-stimulated atau stimulasi berlebihan di siang hari. coba mama bilang ke pengasuhnya mulai memasuki sore, matikan tv, dan sumber suara bising agar ia lebih tenang saat menyambut mama pulang dan tidur. sementara mama lanjutkan pola makan dan pumping di kantor, insya Allah akan tercapai target ASI dua tahun. Semoga membantu ya Mama :)

    • Hartaty Angzelina
      Hartaty Angzelina
      Ia mam..benar banget..memang anak saya aktif banget kalau siang..mungkin itu yg bikin dia rewel..apalagi dia sudah mulai belajar jalan di usianya yg mau 11 bulan..Wah berrguna sekali infonya..Thanx mom..
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sari Nila Krisna
    Sari Nila Krisna
    bunda nadia, saya wanita bekerja & menyusui bayi usia 6 bulan. Gaya hidup dan pola makan bagaimana yang bisa saya lakukan untuk menjaga produksi ASI tetap banyak?selama ini jika sy agak stres,capek dll produksi ASI menurun.Terimakasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama rahes, saat bayi mulai mpasi maka mama akan menyadari ada sedikit perubahan pada ASI. mungkin ASI tidak sederas sebelumnya, tetapi justru kaya akan antibodi untuk melindungi si kecil yang sedang banyak bereksperimen dengan makanan baru. tubuh seorang ibu memang luar biasa karena akan menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil. yang perlu mama lakukan adalah menata makanan dengan mengurangi karbohidrat apabila ingin menurunkan kelebihan bb. untuk produksi ASI lebih penting mengonsumsi protein, serat, kalsium, dan air putih yang banyak.semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.