Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Kurangnya Nutrisi di Awal Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil
    Selamat bagi 10 Mama terpilih pada Live Chat 7 April 2016 bersama Ahli ObGyn dr. Febriansyah Darus, SpOG.

    Mohon kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Lactamil (nama lengkap, alamat, no. telepon, email, tanggal lahir Mama) dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang Live Chat 7 April 2016. Data tersebut kami gunakan untuk pengiriman hadiah dan bisa untuk keperluan lainnya.

    Terima kasih untuk Mama yang sudah berpartisipasi, sampai bertemu di Live Chat berikutnya dengan tema menarik lainnya.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nurida Putri
    Nurida Putri
    Selamat siang dr.febriansyah

    Saya irt umur 26 tahun sekarang saya sedang hamil 17mggu .dan alkhamdulilah baby didlm geraknya sudah aktif banget ,perut saya juga sudah kelihatan buncit tp seiring dengan makin besarnya perut ,terkadang saya males banget buat makan nasi ,karena makan sedikit aja suka begah.oleh sebab itu saya sering bgt komsumsi makanan instan ,,nah yg jadi pertanyaan saya

    1.Apa dampak mengkomsumsi makan makanan instan ?

    2.Apa saja tanda bahwa kita kekurangan nutrisi dok ?

    3.Saat ini saya mengalami penurunan berat bdn yg tadinya 52 sekarang jd 50 apakah itu pertnda saya kurang nutrisi?

    4.Dan bagaimana langkah selanjutnya agar pola makan kita tercukupi nutrisinya ?

    Itu saja dok pertanyaan dari saya sebelumnya makasih ban├Żak buat lactamil
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Nurida Putri, begah merupakan hal yang normal selama hamil apalagi dengan bertambahnya usia kehamilan. Yang harus di ingat kalau hamil tidak perlu harus makan nasi atau jenis karbohidrat lainnya dalam jumlah yang berlebih. Cukup secukupnya saja tetapi lauk pauk sayur dan buah tidak boleh di tinggalkan.

      1. Makanan instan di buat dengan bahan pengawat dan penyedap rasa hal ini tidak baik untuk kesehatan.

      2. Tanda awal kekurangan nutrisi dapat di lihat dari keluhan badan lemas, pucat, rambut rontok, gampang sakit, berat badan ibu dan bayi tidak bertambah.

      3. Menurunnya berat badan tidak serta merta menandakan Mama kekurangan nutrisi.

      4. Untuk memenuhi nutrisi tersebut konsumsilah makanan dengan sehat seimbang dan menu makanan yang bervariasi jika merasa kurang lengkapi dengan susu dan konsumsi suplemen tambahan.
    • Live Chat sudah selesai.

  • winda aisyah
    winda aisyah
    dokter bagaimana cara mendapat asupan gizi yg seimbang d awal kehamilan mengingat kondisi dan berat badan saya yg terus menurun krn sempat kambuh asma saya shg nafsu makan saya menurun selain itu jg saya sering kecapean krn pekerjaan yg tdk bs dtinggalkan. d awal kehamilan saya jg krg suka mengkonsumsi susu.

    terimakasih dok
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama winda aisyah, yang pertama harus dilakukan adalah mengontrol kondisi asma tersebut. Tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan alasan kecapean atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Perbaiki manajemen waktu mama sehingga tidak mengorbankan kehamilan dengan alasan apapun. Tetap mengkonsumsi makanan gizi sehat seimbang dan tinggi protein yang tentunya sangat berpengaruh terhadap janin mama. Jika tidak bisa mengkonsumsi susu mama bisa mengganti dengan produk susu seperti keju, es krim, atau yoghurt.
    • Live Chat sudah selesai.

  • heptawan
    heptawan
    Sore dok,mau tanya bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil yang terkena morning sickness,makasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat sore mama,

      Mual muntah diawal hamil adalah hal yang normal. Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan sedikit sedikit tetapi sering. Jika tidak bisa mengkonsumsi nasi atau sejenisnya mama bisa mengkonsumsi makanan lainnya yang sehat seperti sereal dll.

      Terima kasih
    • Live Chat sudah selesai.

  • lilis fujiyati
    lilis fujiyati
    Selamat siang dok,,

    Biasanya setiap diawal kehamilan pasti selalu mengalami yg namanya mual muntah ,Nahh..klo udh mual muntah kan selera makan pasti hilang..nasi ,susu ,buah2an bahkan air putih pun saya tidak mau..apakah itu akan berdampak buruk pada janin dan mempengaruhi pertumbuhannya?? Klo saya tidak makan bgmn dgn nutrisi utk janinnya ?? Apakah ada ciri2 tertentu jika janin & ibu hamil kekurangan nutrisi?Bagaimana dampaknya ?

    Terimakasih yya dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang mama Lilis,

      Diawal hamil samapai janin berusia 12 minggu kebutuhan nutrisinya akan diperoleh dari cadangan nutrisi yang sudah tersimpan di dalam tubuh mamanya. jadi mama tidak perlu khawatir bahwa mual muntah dan kondisitidak bisa makan akan berdampak buruk terhadap bayi. Tetapi kondisi nutrisi mama sebelum hamil akan sangat menentukan. pada usia janin diatas 12 minggu barulah ia akan sangat tergantung dari apa yag di konsumsi si ibu. Jika ibu kurang makan pertumbuhan bayi akan kurang dan sebaliknya. Ciri-ciri awal kekeurangan gizi bisa diliat dari pertambahan badan berdasarkan usianya. Tetapi untuk ibu bisa dilihat dari keluhan atau tanda seperti anemia, lemas, rambut rontok, BB tidak naik dll. Dampak kekurangan nutrisi jika tidak diatasi bisa menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat (kecil), kelainan organ, gampang menderita penyakit nantinya atau pertumbuhannya nanti tidak optimal (pendek/stunting)

      Terima Kasih
    • Live Chat sudah selesai.

  • nina juliati
    nina juliati
    Selamat siang dok perkenalkan nama saya nina juliati sekarang saya sedang hamil uk.35w pertanyaan saya apakah dampak buruk jika di awal kehamilan kekurangan nutrisi apakah bayi yang saya kandung nantinya akan kekurangan gizi dan bagaimana cara menanggulanginya supaya anak saya yang akan lahir nanti gizinya terpenuhi apakah dengan menambah nutrisi diusia kehamilan sekarang nutrisi yang dulu kurang terpenuhi nantinya bisa tergantikan mohon penjelasanya dok terimakasih banyak :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama nina juliati, nutrisi merupakan hal yang paling penting buat seorang wanita yang sedang mengandung, karena asupan yang di peroleh selama hamil sampai usia 2 tahun akan sangat menentukan kehidupan si calon anak nantinya. Dampak apa saja yang terjadi jika seorang wanita hamil dengan kondisi kekurangan nutrisi ? bisa mengalami bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah, pertumbuhan anak tidak optimal, bisa mengganggu kecerdasan dan meningkatkan resiko terkena penyakit-penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes melitus atau gangguan kekebalan tubuh. Cara mengatasinya dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta degan makanan yang bervariasi. Bisa di lengkapi dengan konsumsi susu dan suplemen tambahan lainnya :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sri Dewi Teti Sari
    Sri Dewi Teti Sari
    Selamat siang dr. Febriansyah Darus, SpOG,, saya mau tanya 1. Gejala-gejala apa saja yang dapat dirasakan pertama kali apabila kurangnya nutrisi diawal kehamilan ?.. 2. Dampak atau efek apa yang paling menonjol akibat kekurangan nutrisi selama kehamilan ?.. 3. Apakah dampak pola makan yang buruk merupakan awal kurangnya gizi dan pengaruhnya terhadap perkembangan janin bagi ibu yang tinggal didaerah terpencil ?.. 4. Risiko apa yang dapat diakibatkan apabila kekurangan nutrisi dan kelebihan nutrisi bagi perkembangan ibu dan janin ?.. Bagaimana cara mengatasinya ?.. 5. Bagaimana cara mengatasi jika kurangnya nutrisi dialami oleh ibu yang usianya diatas 30an, adakah dampak yang sangat berpengaruh pada ibu dan janin ?.. 6. Bagaimana jika diawal kehamilan ibu tidak mengetahui bahwa kekurangan nutrisi ?.. Mengatasinya ?.. Terima kasih maaf banyak pertanyaan,, sukses selalu..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Sri Dewi Teti Sari,

      1. Gejala yang pertama kali dirasaklan pada kekurangan gizi adalah badan terasa lemas dan gampang sakit.

      2. Dampak kekurangan gizi yang paling menonjol adalah kenaikan BB bayi yang tidak optimal.

      3. Pola makan yang buruk merupakan awal mula terjadinya kekurangan gizi dan tentunya akan mengganggu dan menghambat pertumbuhan janin.

      4. Kekurangan gisi yang paling nyata adalah anemia, rambut rontok, ngilu pada sendi dan kram. Sementara pada janin berat badannya kurang, pertumbuhan tidak optimal atau kelainan fisik lainnya. Untuk mengatasi kondisi kekurangan gizi perbaiki pola makan dengan gizi sehat dan seimbang, kandungan protein tinggi, mencukupi kebutuhan mikro nutrisi seperti, kalsium, vitamin D, DHA, dll.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nur Wulandari
    Nur Wulandari
    Selamat sore dok,, apa ada pengaruh keyika ngidam yang sangat parah, tak mau makan beberapa minggu, ketika awal hamil terhadap pertumbuhan janin? Apa pengaruh ke BB nya atau gimana. Spa solusi ny, ketika ngidam yg parah tsb. Trimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang mama Nur,

      Perlu diketahui bahwa sampai usia 12 minggu janin di dalam kandungan tidak serta merta langsung dipengaruhi oleh apa yang mamanya makan. Pada usia ini kebutuhannutrisi bayi akan tetap terpenuhi melalui cadangan yang ada dalam tubuh mamanya melalaui pembuluh darah di rahim mama. Mual muntah berdampak lebih kepada kondisi kesehatan mama seperti dehidrasi dan lemas. Umumnya 3 blnpertama BB mama akan turun tetapi hal ini lumrah selagi bayi tetap tumbuh dan berkembang. Solusi mengatasi ngidam dengan mengkonsumsimakanan sedikit tetapi sering dan menghindari makanan yang ,erangsang asam lambung seperti terlalu berminyak atau terlalu banyak bumbu masakan.

      Terima Kasih
    • Live Chat sudah selesai.

  • mahana
    mahana
    Selamat siang dok, mau tanya , nutrisi apa yang paling utama yang harus dipenuhi saat hamil agar terhindar dari keguguran,terimaksih sebelum dan sesudahnya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama mahana, keguguran disebabkan beberapa faktor tidak hanya nutrisi. Nutrisi yang berperan dalam awal proses kehamilan sangat kompleks dari kebutuhan protein sampai mikro nutrisi seperti zat besi, magnesium,, kalsium, vitamin A, vitamin D akan sangat berpengaruh pada keberhasilan kehamilan.
    • Live Chat sudah selesai.

  • lia julianti
    lia julianti
    Siang dok....

    Saat ini saya sedang hamil anak ke2 usia 7minggu.saya mengalami mual sering sekali entah itu pagi siang maupun malam.selama kehamilan saya senang banget makan makanan pedas.pertanyaan saya apakah nantinya akan berdampak bila saya sering mengkonsumsi makanan pedas?dan nutrisi apa saja untuk kebutuhan diusia kehamilan saya?terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama lia julianti, makanan pedas tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi. Tetapi jika Mama konsumsi makanan pedas tidak mengkonsumsi makanan berat lainnya akan sangat berpengaruh terhadap kondisi lambung Mama. Sehingga Mama bisa menjadi tambah mual, sakit perut ataupun kembung yang akan mengurangi penyerapan makanan di tubuh. Mama dapat konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang. Semoga jawabannya membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.