Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat bagi 10 pemenang, Mama dengan pertanyaan menarik pada?#‎LiveChat? 6 Mei 2015 bersama dr. Febriansyah Darus, Sp.OG. Segera kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Mama Care dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang #LiveChat 6 Mei 2015.

    Mama mau bertemu dan konsultasi langsung dengan dr. Febriansyah Darus, Sp.OG? Update terus info lengkapnya di timeline Mama Care

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • FALIANTI
    FALIANTI
    salam hormat dok,selamat sore.saya saat ini hamil anak ke 2 uk 6bulan.anak pertama saya melalui persalinan normal dan asi saya keluar pada hari ke 3,saya takut persalinan saya ke 2 ini harusoperasi karna kata dokter anak saya kelilit tali pusar.yang ingin saya tanyakan apakah melalui operasi sesar asi saya keluar lebih cepat atau lebih lama dibandingkan melalui persalinan normal dulu? adakah hal yang mempengaruhi hal tersebut? terima kasih banyak dokter
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Lia,
      Keluarnya asi tidak dipengaruhi oleh jenis persalinan tetapi dipengaruhi oleh kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memproduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi dan Semakin Mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Terima kasih banyak atas partisipasi Mama di Live Chat bersama Mama Care Expert dr. Febriansyah Darus Sp.OG. Saat ini sesi live chat ini resmi ditutup. Semoga jawaban bisa membantu permasalahan Mama.

     Mama,mau konsultasi atau bertemu langsung dengan dr. Febriansyah Darus Sp.OG? SImak terus Facebook dan Timeline Mama Care untuk info lebih lanjut :)

     

     

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • eka dian yuspita
    eka dian yuspita
    Siang dok
    Sy mau bertanya, ap ad perbedaan IQ ank yg dilahir kn secara normal dan secara ceasar. Trmksh.
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Dian,

      Mohon maaf pertanyaan Mama di luar topik kali ini. Untuk pertanyaan tersebut Mama bisa konsultasikan dengan Mama Care Lactamil di 08-001-600-600.

      Terima Kasih :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Munarsih
    Munarsih


    Selamat sore Dok...
    di kesempatan kali ini saya ingin menanyakan beberapa hal :
    1. Apa ada perbedaan yang scr fisik & psikis pasca melahirkan normal dan sesar terhadap ibu dan juga baby?
    2. Manakah kondisi yg lebih parah diantara keduanya ( yg lbh membutuhkan penanganan)
    3. Bagaimana peran keluarga thd masalah yg dialami ibu pasca mlhrkn normal dan sesar? Berbedakah?
    4. Sering saya menjumpai ibu pasca mlhrkn scr sesar, mengkonsumsi obat "cina" tanpa resep dokter dg alasan spy luka cpt smbuh, berbahayakah? Apa dampaknya dokter?
    5.Dan ada juga teman saya yg setelah minum obat2n d luar resep dokter malahan Asi nya g keluar.
    Terimakasih sebelum nya atas jawaban nya y dok

    balas
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sri maryuni
    Sri maryuni
    Siang dok
    Saya mau tny apa betul panggul/pinggul menentukan proses lahiran secara normal?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Hallo Mama Riri,

      Terima kasih atas pertanyaannya. Namun sayang, untuk pertanyaan Mama kali ini di luar topik. Mama bisa konsultasi langsung dengan dr. Febriansyah Darus Sp.OG di bit.ly/ExpertKandungan atau hubungi Mama Care Lactamil di 08-001-600-600

      Mama juga bisa lho ngobrol langsung dengan dr. Febriansyah Darus Sp.OG. Untuk caranya, simak terus timeline Facebook dan Twitter Mama care ya, Ma :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • isti faizah
    isti faizah
    selamat siang dokter..
    dokter, saya melahirkan 15 bulan yg lalu dg proses cesar.
    - pada waktu proses cesar stl bayi lahir mengapa bayi saya tdk IMD? saya tanyakan kpd dokternya di jawab "tdk apa-apa"...tp sampai skrg sy masih penasaran knp bayi sy tdk IMD.
    bayi lahir dg berat 2,25kg, ketuban pecah dini
    - mengapa sampai sekarang perut saya sering ada yg bergerak melingkar. sewaktu di USG tdk ada apa-apa (mungkin saat itu sy tdk merasakan ada yg bergerak) , apakah ini kontraksi rahim karena saya memberikan full asi kpd bayi saya?
    - sewaktu stl melahirkan ASI saya keluar stl 4 hari proses melahirkan, apakah ini dikarenakan obat-obatan yg diberikan stl proses persalinan?
    terimakasih sebelumnya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Aiz,
      1. Saya tidak bisa mengomentari kena anada tidak IMD pada secar itu, mungkin karena berat badan bayi yang rendah, sehingga ditakutka di kamar operasi bayi kedinginan dan itu berbahaya untuk bayi
      2. rasa bergerak melingkar-lingkar didalam perut, karena gerak peristaltik usus
      3. yang mempengaruhi lancarnta Asi adalah : kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi, semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • dyah ayu Purwati
    dyah ayu Purwati
    siang dok mau tanya adek saya melahirkan sesar sedangkan saya melahirkan normal tp kenapa hasil produksi asi kami berbeda saya lebih banyak menghasilkan asi drpd adik saya ?trus adek saya harus pakai pompa untuk membantu mendapatkan asi krn puting susu nya sulit di masukkan ke mulut bayi bagaimana cara membantu adik saya dok agar bisa memberi susu lbh banyak
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama dyah ayu purwati.
      1. Produksi asi tidak dipengaruhi oleh proses persalinan tetapi dipengaruhi oleh kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memproduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi dan Semakin Mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. 
      2. Untuk putting yang terlalu besar tetntunya si bayi diajarkan untuk membuka mulut lebih besar untuk menangkap putting tersebut. 
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Olieve Leksmana
    Olieve Leksmana
    Selamat siang dokter, saya ingin bertanya beberapa hal:
    1. Dua kali saya operasi sesar (jarak 2,5 tahun), pada operasi sesar pertama, ASI saya baru banyak hari ke-4 (agak lama), namun saya ingin mempertahankan agar anak saya tetap dapat ASI eksklusif sehingga dampaknya bayi saya malah kuning, kata dokter karena kurang ASI, namun karena tidak demam, dokter tetap menyarankan ASI saja, tanpa pakai susu formula apa pun. Repot sih karena pulang dari RS-jadi lebih lama karena bayi saya harus disinar. Sementara anak saya kedua hari ke-2 melahirkan ASI sudah banjir. Apakah benar anak pertama yang lahir sesar produksi ASI terlambat, kalau ya, kenapa ya?
    2. Kedua persalinan saya dg sesar semuanya IMD, hanya yang pertama hanya sebentar saja, paling 5 menit, karena suhu bayi saya jadi hipotermia. Sementara yang kedua bisa IMD sampai 15 menit - sampai operasi hampir selesai. Apakah lamanya IMD mempengaruhi produksi ASI.
    3. Bagaimana sih mencegah kuning pada bayi? Katanya bayi cukup cairan dan cadangan energi pada 3 hari pertama, nyatanya bayi saya pertama dulu jadi kuning. Mohon jawabannya, terimakasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Olieve Leksmana,

      1. Produksi asi sebenarnya tidak dipengaruhi oleh proses persalinan tetapi dipengaruhi oleh hormon yang akan memproduksi asi (oksitosin dan prolaktin) yang akan terjadi segera setelah hormon kehamilan turun. Hal ini berbeda-beda pada tiap proses persalinan. Semakin dini dan semakin sering mama menyusui di awal pesalinan (walaupun asi tidak ada) akan merangsang produksi hormon asi tersebut.
      2. IMD menurut sejumlah penelitian akan meningkatkan kualitas dan produksi asi tetapi kualitas produksi asi itu tidak semata-mata di tentukan oleh IMD tersebut.
      3. Kuning pada bayi disebabkan oleh banyak faktor bisa karena kurang minum, bisa karena infreksi, bisa karena perbedaan golongan darah, atau pengaruh hormon tiroid dan G6PD. Jadi untuk mencegahnya harus tau penyebabnya apa, tiga hari pertama kuning biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan.
      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Alya rahmawati
    Alya rahmawati
    Siang dok
    Saya baru melahirkan anak ke2 pada tgl 16 april lalu secra normal. Maaf klo pertanyaannya menyimpang, kenapa anak kepala anak saya sebelah kiri atas seperti ada benjolan dan empuk gitu ya dok ( seperti empuknya ubunĀ²) apakah itu nanti bisa mengeras ? ( Karna pas kelahiran anak pertama kepala sudah mengeras semua dan kelahiran ke2 ini juga pas seperti perkiraan dokter. )
    Terimakasih atas jawabannya.
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Siang Mama Alya.

      Mohon maaf pertanyaan Mama di luar topik kali ini. Mama bisa bertanya langsung ke dokter anak pilihan Mama atau bisa hubungi Mama Care Lactamil di 08-001-600-600

      Terima Kasih :)

       

       

    • Live Chat sudah selesai.