Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Gaya Hidup Keluarga Sehat

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Berliana
    Berliana

    Mama, berikut ini 10 nama peserta live chat yang menurut Nadia Mulya pertanyaannya paling menarik dan berhak mendapatkan masing-masing 1 merchandise menarik. Kepada para pemenang, mohon mengirimkan data diri Mama melalui FB inbox Mama Care di https://www.facebook.com/lactamilmama Selamat ya :)

     :)

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Hai Mama, Terima kasih untuk partisipasinya dalam Live Chat hari ini. Merangkum dari sharing kita hari ini, ada beberapa hal yang penting dalam menerapkan Gaya Hidup Keluarga Sehat.

    Sehat itu bermuara dari 3 Faktor : Makanan, Olahraga dan Istirahat. Ketiganya harus seimbang tidak ada yang lebih dominan. Makanan yang dimaksud adalah makanan dengan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan kita atau si kecil.

    Anak belajar dengan mencontoh dari orang tuanya. Untuk mendidik anak mempunyai kebiasaan hidup sehat, orang tua harus punya peran aktif untuk memberikan contoh kepada anak. Selain itu orang tua juga bisa melibatkan anak dalam memantau gaya hidup sehat. Misal, jadikan anak 'polisi' kebersihan dirumah, selain anak jadi lebih mudah belajar mereka juga punya kebanggaan tersendiri.

    Nah Mama, bisa mulai terapkan Kebiasaan/Gaya Hidup Keluarga Sehat mulai dari sekarang dan jadikan keluarga Mama panutan untuk gaya hidup yang lebih sehat.

    Terima kasih  dan sampai ketemu di sesi Live Chat berikutnya.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • sunengsih
    sunengsih
    Mama...
    Apakah kebiasaan tidak sarapan pagi akan membuat kurus....???
    Padahal saya pengen gemuk, hanya saja waktu untuk sarapan sering terlewat karena kesibukan dsb

    Terimakasih...
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • ika saelina
    ika saelina
    Mama, bagaimana ya caranya supaya sikecil yg baru berusia 20 bulan bisa ikutan gaya hidup sehat seperti ayah bundanya??
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Mama ikasaelin, Anak mencontoh orang tuanya, jadi manakala Mama atau Papa suka konsumsi junk Food anak pun akan demikian Ma. Untui menerapkan pola hidup sehat di dalam keluarga, harus lah bekerjsama menciptakan lingkungan yang sehat mulai dari pola makan, serta  pola hidup yang sehat. Contoh nya Bagaimana mungkin anak doyan sayur dan buah manakala Mama atau Papa suka makan gorengan atau jajanan kaki lima? Jika Mama menginginkan anak memilih makanan yang sehat, aktif bergerak, memiliki pola tidur yang teratur, maka tentu saja Mama harus melakukan itu semua. Berikanlah penjelasan dibalik semua keputusan yang dilakukan, jadi anak tidak hanya saja mencontoh tetapi juga memahami mengapa mereka melakukan hal tersebut. Nantinya, Mama dapat menjelaskan juga mengenai dampak hidup tidak sehat, seperti mudah sakit sehingga tidak bisa bermain. Dengan pemahaman menyeluruh seperti itu, maka anak akan terbiasa dengan gaya hidup sehat yang notabene berarti tubuhnya sehat, jarang sakit serta memiliki pola pikir yang cerdas. Beruntunglah saat ini gaya hidup sehat sedang nge-tren. Setiap Minggu pagi di Sudirman-Thamrin diberlalukan car free day agar warga dapat menikmati udara segar dan fasilitas luas. Banyak pasangan mengajak anak-anaknya; bayi dan balita di stroller, anak lebih besar naik sepeda atau sepatu roda, atau sekedar jalan santai. Ritual seperti ini tidak hanya saja sehat secara fisik, tetapi juga secara kualitas hubungan keluarga. Semoga bermanfaat ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat Siang semuanya, Live Chat hari ini dengan Topik 'Gaya Hidup Keluarga Sehat' kami tutup ya. Untuk pertanyaan yang masuk sebelum jam 15.10 tetap akan kami jawab. Terima kasih untuk partisipasi dari Mama atau Papa dalam LIve Chat kali ini, semoga bermanfaat bagi semuanya. Sampai ketemu di sesi Live Chat berikutnya.

     

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mervin Hadianto
    Mervin Hadianto
    Selamat siang Mama, keluarga kami tidak merokok dan di rumah kami benar-benar menjaga kebersihan dan kesehatan dengan makan bergizi dan olahraga, namun kok saya dan anak-anak saya gampang sekali ketularan penyakit, baik yang terbawa teman main anak saya (batuk pilek), termasuk gampang alergi debu, dan asap rokok orang lain yang tak sengaja terhirup. Apa yang masih kurang dalam gaya hidup saya untuk menjaga kesehatan agar selalu prima? Mohon sarannya.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Papa FB_Mervin_Hadianto, Bagus sekali keluarga Papa telah menerapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi, olahraga, menjaga lingkungan bebas dari asap rokok. Sayangnya yang namanya batuk pilek itu merupakan femomena yang kerap di temui pada anak-anak masa kini. Polusi , bakteri dan virus baru bertebaran sering kali mengganggu imunitas anak-anak yang memang sedang dalam tahap pembentukan. Selama tidak disertai demam maka biarkan lah pilek dan batuk itu "keluar" dari sistem anak karena dengan demikian anak membangun daya tahan tubuh yang lebih kuat lagi. Dapat di bantu dengan makanan bergizi, terutama yang kaya akan vitamin C dan bila diperlukan sirup imunity Booster. Dengan gaya hidup yang Papa terapkan si kecil akan tumbuh menjadi dewasa yang sehat dan tahan terhadap penyakit. Semoga bermanfaat ya Pa :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Diah Kusmawati
    Diah Kusmawati
    selamat siang Mama Nadia Mulya,
    saya sudah mengalami flex / keluar darah sebanyak 2x di usia kandungan 3 bulan, saat ini usia kandungan saya sudah 5 bulan dan puji tuhan tidak pernah flex lagi karena saya bed rest dan juga menghindari buah dengan kandungan vitamic c seperti pepaya/jeruk, apakah cara ini tepat saya lakukan ?
    mohon saran nya ya mam agar kandungan saya tetap sehat.makasih
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Hai Mama Diah, Pertanyaan ini tidak sesuai dengan topik kita hari ini, semoga lain waktu bisa sharing dengan pertanyaan yang sesuai ya. terima kasih

    • Live Chat sudah selesai.

  • Rusli Sudrajat
    Rusli Sudrajat
    Selamat siang para mama, Mama Nadia saya mau tanya. Pola hidup seperti apa supaya keluarga terbebas dari penyakit keturunan. Apakah bisa kita menghindari 'penyakit warisan' seperti dibetes dll. Mohon infonya Mama.... Terima kasih.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hi Papa Rusli, Penyakit keturunan seperti diabetes di pengaruhi oleh keturunan dan pola hidup yang kurang sehat. Untuk menghindari penyakit ini sebaiknya terapkan pola hidup sehat seperti menghindari terlalu banyak karbohidrat, bahan kimia, gula serta perbanyak olahraga. Salah satu alasan mengapa makin banyak wanita terkena kanker
      payudara atau serviks karena haid yang lebih cepat. Coba bandingan
      dengan jaman dulu, masa kini anak-anak perempuan haid di usia muda
      seperti bangku SD. Dan hal itu meningkatkan resiko terhadap kanker
      karena si anak terpapar estrogen lebih lama. Kenapa anak bisa haid lebih cepat? Karena faktor gaya hidup seperti malas bergerak,
      lebih memilih nonton tv atau main iPad, suka jajan atau makan makanan
      dengan banyak kimia (pengawet, perasa dan lain-lain) dan lain-lain. Jadi
      jika ingin putri Anda terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker,
      biasakanlah ia memakan makanan sehat dan segar, serta aktif bergerak.
      Batasi penggunaan gadget dan sering ajak berlibur ke alam terbuka.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Olieve Leksmana
    Olieve Leksmana
    Selamat siang Mama Nadia, saya kerja di Rumah Sakit, punya anak usia 8 bulan dan harus membawa anak saya ke Rumah Sakit untuk menyusui, karena ia sama sekali tidak mau minum ASI peras dengan sendok/botol dot dan maunya menetek langsung.
    1. Bagaimana mencegah penularan kuman selain cuci tangan? Apakah deterjen dan pelembut pakaian yang mengandung antibakteri memang bisa mengurangi populasi kuman berbahaya yang melekat pada baju saya?
    2. Walaupun di lingkungan kerja ada larangan merokok, namun tetap saja saya kontak dengan perokok (perokok pasif), apakah saya perlu konsumsi suplemen antioksidan setiap hari? Pilihan antioksidan apa yang terbaik, soalnya kini banyak macamnya, ada kapsul berisi beta karoten, Selenium, Zinc, Vit C dan E, ada kapsul ekstrak kulit manggis yang kini sedang ngetrend, ada kapsul isi ataxanthin yang diklaim sebagai antioksidan terkuat, ada polifenol dalam teh hijau? Sementara pola makan saya walau ada buah, namun hanya sebatas pisang, alpukat yang sedang musim, yang notabene kurang cukup antioksidan alami.
    3. Bagaimana cara olahraga ringan di tempat kerja agar badan fit, soalnya rasanya kelelahan berkepanjangan akhir2 ini, apa memang saat menyusui seperti ini?
    4. Kalau untuk makanan kalengan seberapa sering boleh konsumsi dalam seminggu seperti sarden, kornet, jagung manis, dll. Seberapa batas yang masih boleh agar saya tetap hidup sehat dan bugar.
    5. Bagaimana cara melatih gaya hidup sehat untuk anak-anak saya sementara kami tak punya waktu olahraga.
    Makasih Mama.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Olieve Leksamana,

      Salut ya Ma dengan upaya memberikan ASI. Tentunya Mama tahu bahwa dengan Mama bekerja di Rumah Sakit, artinya tubuh Mama telah membentuk antibodi untuk berbagai penyakit yang “berkeliaran” di RS, dan langsung ditransfer kepada bayi. Untuk pencegahan terhadap kuman, paling utama adalah mencuci tangan. Bersihkan juga puting dengan kapas dan air hantar matang sebelum menyusui.

      Saya kurang percaya ya dengan deterjen dan pelembut pakaian yang mengandung antibakteri. Bila di lokasi tersebut ada kuman atau kotoran, ya akan menempel juga. Cara paling aman adalah mempersiapkan apron atau kimono bersih yang dikenakan setiap menyusui si kecil.

      Karena Mama masih menyusui, baiknya antioksidan itu berasal dari sumber langsung dibanding dari suplemen. Seperti dari sayur mayur dan buah (kismis, kurma, berries, anggur, kacang, bayam, kacang-kacangan, teh hijau). Untuk kulit manggis, lebih baik Mama buat sendiri untuk memastikan tidak ada kandungan kimia lain. Apalagi sekarang musim manggis Ma. Kerok kulit manggis, keringkan (jangan terkena matahari), blender hingga menjadi serbuk kemudian seduh dan minum airnya.

      Olahraga ringan dapat dilakukan dengan bergerak aktif hingga menaikkan detak jantung, seperti naik turun tangga. Memang terkadang rasanya malas untuk berolahraga, tetapi manakala sudah dilakukan, tubuh akan fresh dan tidur lebih nyenyak.

      Ajak anak menekuni hobi baru bersama, misalnya yoga atau berenang. Setiap hari Minggu pagi, misalnya, berjanjian untuk yoga bersama dengan membeli dvd yoga. Keluarga sehat dan anak semakin erat bonding dengan Mama Papa.

      Makanan kalengan, baiknya sih tidak sama sekali Mama. Kalau ada alternatif yang fresh dan sehat, ya lebih baik itu. Keluarga saya menerapkan cheat day, jadi satu hari dalam seminggu makannya bisa lebih “loss” seperti mie instan. Tetapi karena lebih doyan dengan makanan sehat (saya hobi memanggang ayam dengan aneka bumbu), maka akhirnya makanan kalengan menjadi kurang diminati.

      Semoga terjawab ya Ma! 

    • Live Chat sudah selesai.

  • Elsay Henri
    Elsay Henri
    Siang mbak nadya saya mau tanya ni,suami saya setiap tidur harus pakai kipas angin,,hal ini terbawa pada 2 balita saya,,apakah penggunaan kipas angin pada waktu tidur itu bisa berakibat buruk pada balita mngingat ada yg bilang katanya bisa kena paru2 basah,,benarkah hal demikian,,terimakasih sebelumnya
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Elsay, dikhawatirkan saat tertidur menggunakan kipas angin sementara kondisi tubuh kebetulan sedang tidak fit malah akan mengakibatkan masuk angin dan mengakibatkan tubuh tidak enak rasanya. Sebaiknya jika balita mengkuti Papanya sebaiknya kipas angin dipantulkan ketembok terlebih dahulu dan jangan langsung dipantulkan ke anak, usahakan tubuh anak tertutup dari bahan kaus katun yang adem sehingga tidak mudah masuk angin.

    • Live Chat sudah selesai.