Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mencegah Kelahiran Prematur Sejak Dini

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil
    Pengumuman 10 pemenang yang mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • sunengsih
    sunengsih
    Selamat siang jelang sore Dok...

    Kami udah hampir 8tahun nikah belum punya momongan.

    Sebulan yang lalu tanpa sengaja saya ketemu seseorang di apotik. Kita sama - sama hendak membeli obat. Saat giliran dia di panggil petugasnya bilang, obat yg diminta wanita muda itu nggak bisa mereka jual karena wanita itu tidak membawa resep dokter, ternyata dia hendak beli obat aborsi.



    Dia udah pernah beli obat aborsi di tempat lain namun belum ngefek, nggak ke guguran. Maka dia ingin beli obat jenis lain lagi untuk aborsi (nama obat tersebut dari temannya yg kerja sbg perawat di sebuah klinik.



    Sy membujuk dia untuk tdk lg aborsi, nanti anaknya sy yg adopsi. Skr usia kandungannya sekitar 25minggu.



    Dok, apakah bayinya kemungkinan lahir prematur atau tidak?

    Efek buruk apa saja yg akan di alami si bayi karena pernah si ibunya tersebut minum obat penggugur kandungan ?



    Teimakasih, semoga nggak telat..,)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama sunengsih.

      Kita tidak bisa menentukan apakah bayi yang dilahirkan prematur atau tidak , karena kita mengetahui kondisi kesehatan Mama. Efek buruk dari obat yang dikonsumsi terantung dari jenis yang diminum. Pada cerita Mama tidak menjelaskan nama obatnya apa, karena banyak sekali obat-obatan yang dipakai orang untuk menggugurkan kandungan. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Santy Manis
    Santy Manis
    Dok saya mau tanya apakah kelahiran prematur itu disebabkan oleh makanan dan kelahiran prematur terjadi karena kondisi kandunga yang lemah atau bagaimana?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Santy Manis.

      Penyebab prematur disebabkan karena adanya infeksi pada daerah vagina atau infeksi pada saluran kemih yang tidak diobati bisa disebabkan terjadinya persalinan prematur. Bayi yang dikandung 2 atau lebih sehingga akan terjadi over distensi rahim. Ketuban pecah sebelum waktunya bisa memacu terjadinya persalinan prematur. Penyakit-penyakit pada ibu misalnya penyakit hipertensi aau penyakit gula. Pengaruh gaya hidup ibu, mislanya ibu yang merokok, kurang istirahat atau tidur, konsumsi obat-obatan dan alkohol selama kehamilan. Faktor-faktor kondisi organ reproduksi, misalnya kelainan bentuk rahim, kelemahan mulut rahim, dll. Pencegahannya yaitu dengan mengetahui faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur misalnya infeksi dengan mencegah terjadinya infeksi pada Mama.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat siang Dokter Febriansyah Darus, SpOG. Saya memiliki 1 Putri berusia 28 bulan. Saat hamil si Kecil kebalikan dari prematur Dok, memasuki usia kandungan 42 minggu (Postmatur ya Dok?). Saya pernah mendengar istilah untuk Ibu hamil diusia kandungan 7 bulan "sudah matang/tua", terus usia 8 bulan kembali lagi usia muda/usia rawan". Yang menjadi pertanyaan saya :

    1. Diusia kehamilan berapa minggu, Bayi dikatakan lahir prematur?

    2. Faktor apa saja yang menyebabkan Bayi lahir prematur Dok?

    3. Apakah kelahiran Bayi prematur selalu dengan Operasi Ceasar Dok?

    4. Dengan cara apakah seorang Ibu hamil dapat melakukan pencegahan agar tidak mengalami kelahiran Bayi prematur?

    5. Bagaimana cara menghadapi dan mengurus Bayi prematur di rumah Dok? (Untuk mengurangi pengeluaran biaya RS).

    Terimakasih banyak Dok, ditunggu penjelasannya.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat sore Mama Betty,

      1. Persalinan kurang dari 36 minggu

      2. Adanya infeksi pada daerah vagina atau infeksi pada saluran kemih yang tidak diobati bisa disebabkan terjadinya persalinan prematur. Bayi yang dikandung 2 atau lebih sehingga akan terjadi over distensi rahim. Ketuban pecah sebelum waktunya bisa memacu terjadinya persalinan prematur. Penyakit-penyakit pada ibu misalnya penyakit hipertensi atau penyakit gula. Pengaruh gaya hidup ibu, misalnya ibu yang merokok, kurang istirahat atau tidur, konsumsi obat-obatan dan alkohol selama kehamilan. Faktor-faktor kondisi organ reproduksi, misalnya kelainan bentuk rahim, kelemahan mulut rahim, dll.

      3. Pada bayi yang lahir pada usia kurang dari 34 minggu biasanya dilakukan tindakan sesar untuk mencegah perdarahan pada kepala bayi pada saat proses persalinan berlangsung.

      4. Dengan cara mengetahui faktor-faktor resiko tersebut dan cara menghindarinya.

      5. Perawatan bayi lahir prematur biasanya dengan metode kanguru, tetapi harus konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu.

      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Herlina Santi
    Herlina Santi
    Selamat siang dokter , saya ingin menanyakan apakah penyebab utama terjadinya kelahiran prematur? Dan apakah makanan atau aktifitas tertentu bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur? Karena adik saya pernah mengalami kelahiran prematur yang menyebabkan anaknya harus dirawat di NICU/PICU selama 10 hari , padahal sebelumnya dia beraktifitas seperti biasa , tidak ada yg terlalu berat. Terima kasih dokter
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Herlina Santi.

      1. Adanya infeksi pada daerah vagina atau infeksi pada saluran kemih yang tidak diobati bisa disebabkan terjadinya persalinan prematur. Bayi yang dikandung 2 atau lebih sehingga akan terjadi over distensi rahim. Ketuban pecah sebelum waktunya bisa memacu terjadinya persalinan prematur. Penyakit-penyakit pada ibu misalnya penyakit hipertensi aau penyakit gula. Pengaruh gaya hidup ibu, mislanya ibu yang merokok, kurang istirahat atau tidur, konsumsi obat-obatan dan alkohol selama kehamilan. Faktor-faktor kondisi organ reproduksi, misalnya kelainan bentuk rahim, kelemahan mulut rahim, dll. Pencegahannya yaitu dengan mengetahui faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur misalnya infeksi dengan mencegah terjadinya infeksi pada Mama.

      2. Makanan dan aktifitas tidak menyebabkan terjadinya persalinan prematur.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • zubaidah yaniarti yaniarti
    zubaidah yaniarti yaniarti
    Dok saya mau tanya pas hamil anak pertama, saya mengalami flek/pendarahan selama 35 hari, dokter menganjurkan untuk bedrest dan diberi penguat sampai kandungan umur 5 bulan. Ketika umur kandungan 7 bulan saya mengalami kontraksi hebat. Kata dokter akibat kelelahan maka saya bedrest lagi. Alhamdulillah setelah umur 35 minggu anak saya lahir dengan normal dan sehat.Sekarang saya lagi program hamil anak kedua, dari pengalaman saya yang pertama saya takut kehamilan anak saya yang kedua terjadi kontraksi lagi sama dengan kehamilan yang pertama.

    Pertanyaannya:

    1. Apakah kehamilan anak saya termasuk prematur karena lahir di minggu ke 35?

    2. Apakah dengan riwayat kehamilan pertama saya saat kontraksi di usia kehamilan muda seperti itu bisa muncul lagi di kehamilan berikutnya?

    3. Apakah kehamilan disertai flek/pendarahan memang beresiko lahir prematur

    4. Apa sebenernya penyebab bisa terjadi kontraksi di usia kehamilan yang masih muda?

    Terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat sore Mama Zubaidah,

      1. Iya, karena usia kehamilan kurang dari 36 minggu.

      2. Harus dicari penyebab terjadinya kontraksi. Jika sudah tahu harus segera diobati atau ditatalaksanakan.

      3. Flek disertai tandanya kontarksi merupakan tanda persalinan. Jika tidak dihentikan pada usia kehamilan kurang dari 36 minggu akan terjadi persalinan prmwatur.

      4. Penyebab kontraksi pada kehamilan muda disebabkan karena adanya infeksi atau desifiensi hormon progesteron. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • pienky meliana
    pienky meliana
    dok, uk saya 6 bln & dirumah kebetulan mengharuskan saya utk naik turun tangga.Apakah bnr kalo sering naik turun tangga bisa berakibat kelahiran prematur ? thx
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama pienky meliana.

      Pada kehamilan yang sehat, sebenarnya tidak ada hambatan dalam melakukan aktifitas fisik, seperti naik turun tangga. Tetapi pada kondisi tertentu, misalnya Mama dengan riwayat kehamilan prematur berulang atau didiagnosis dengan kelemahan mulut rahim sebaiknya membatasi kegiatan fisik.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Lira Hanifa Khairunnisa
    Lira Hanifa Khairunnisa
    siang,dokter.saya hanya ingin bertanya singkat saja.bagaimana mencegah supaya pada kehamilan2 berikutnya tidak sampai melahirkan prematur?karena saya punya sejarah anak pertama lahir prematur dikarenakan pre eklamsia saat kandungan memasuki usia 7 bulan dan ternyata plasenta previa yang menyebabkan pendarahan saat usia kandungan 30 minggu.pendarahan tidak bisa dihentikan sehingga janin harus dikeluarkan saat itu juga.makasih atas jawabannya.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat sore Mama Lira, pada kondisi Mama faktor penyebab prematuritas adalah preekalmsia dan plasenta previa. Plasenta previa tidak bisa dicegah tetapi bisa dideteksi sejak dini. Sementara preeklamsi disebabkan oleh faktor-faktor nutrisi yang tidak sempuna sebelum terjadi kehamilan, perbaiki pola nutrisi dengan konsumsi kakanan dengan pola gizi seimbang, lakukan pemeriksaan ke dokter ahli secara rutin dan teratur. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • sri ilmiawaty
    sri ilmiawaty
    Selamat siang dr. Febriansyah,



    Yang saya ingin tanyakan apakah nanas bisa memicu kelahiran Premature, Faktor makanan apa saja yang harus dihindari?



    Terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama sri ilmiawaty.

      Ini hanya mitos saja yang terbukti secara klinis. Tidak ada makanan yang dapat memicu terjadinya persalinan prematur kecuali alkohol, rokok, dan obat-obatan narkotika. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • ARa
    ARa
    Siang dok,q mau tanya

    1.Apa si penyebab ibu bisa melahirkan secara prematur,lalu apa saja yg harus ibu hamil lakukan atau ibu hamil konsumsi agar kandungannya kuat sehingga tidak terjadi kelahiran prematur,

    2.Apa benar lahir di kehamilan 8bulan trmasuk prematur,

    3.Apa saja dampak negatif untuk bayi yg lahir prematur dok,,lalu apa dampak negatifnya tu akan berkepanjangan hingga bayi itu branjak besar,,serta apa semua bayi prematur akan mengalami pertumbuhan yg serupa dengan anak2 prematur lainnya,,mohon penjelasannya yaa dok,trimakasi,
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat sore Mama Ara,

      1. Adanya infeksi pada daerah vagina atau infeksi pada saluran kemih yang tidak diobati bisa disebabkan terjadinya persalinan prematur. Bayi yang dikandung 2 atau lebih sehingga akan terjadi over distensi rahim. Ketuban pecah sebelum waktunya bisa memacu terjadinya persalinan prematur. Penyakit-penyakit pada ibu misalnya penyakit hipertensi atau penyakit gula. Pengaruh gaya hidup ibu, misalnya ibu yang merokok, kurang istirahat atau tidur, konsumsi obat-obatan dan alkohol selama kehamilan. Faktor-faktor kondisi organ reproduksi, misalnya kelainan bentuk rahim, kelemahan mulut rahim, dll.

      2. Benar, yang dimaksud degan persalinan prematur adalah kelahiran kurang dari 36 minggu dan 8 bulan sama dengan 32 minggu.

      3. Dampak pada bayi tergantung pada usia bayi dilahirkan. Semakin muda usia bayi semakin tidak baik prognosisnya. Bayi yang lahir kurang bulan memiliki kekurangan karena organ tubuhnya belum tebentuk secara sempurna. Kadang-kadang bisa saja terus berlanjut sampai usianya besar nanti misalnya adanya kelainan ginjal, kelainan mata, atau kelainan fungsi jantung. Kembali lagi tegantung pada kondisi organ tersebut dilahirkan.

      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.