Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mengenal Tes Down Syndrome Saat Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • yohana puji
    yohana puji
    dr. Febriansyah Darus,SpOG saya mau bertanya anak saya yg pertama mengalami keterlambatan motorik yakni pada usia 10bln blm dapat duduk secara tegak, menurut dokter anak, anak saya menderita down sindrome. Hal ini tidak membuat kami sedih, atau berkecil hati namun dokter jg bilang anak saya menderita PJB yakni ada lubang di jantungnya dan stelah dilakukan echo mmg benar adanya. Dan mmg bb susah utk naik. Saya cemas dan khawatir. Terakhir tgl 18,oktober 2014 anak saya meninggal di RS. Harapan kita Jakarta. Blm smpat dilakukan tindakan medis utk jantungnya ttp Allah telah memanggil nya. Saat ini saya sedang merencankan kehamilan kembali..apa yang harus saya persiapkan dokter..saya sangat takut klo sampai terulang. Bagaimana test sindrome utk wanita hamil..terus terang saya masih awam sekali. Mohon informasi nya dokter. Terimakasih banyak.
    Oia dokter utk informasi, saya berumur 28thn. Pada kehamilan pertama saya rajin minum susu dan makanan bergizi,selalu cek ke dr. Kandungan dan konsumsi vit.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • risna gusnita
    risna gusnita
    Trima ksih dok atas info nya bermanfaat bngt :-)
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ita Kurniastuti
    Ita Kurniastuti
    Terimakasih dok atas jawabannya, sangat bermanfaat sekali. :)
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Terimakasih banyak atas Pencerahannya Dokter. Informasi yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya sebagai seorang Ibu dan yang akan berencana Hamil Anak kedua. Terimakasih banyak Dokter dan Mama Care
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • dyah ayu Purwati
    dyah ayu Purwati
    pertanyaanku belum dijawab tapi sesi chat sudah di tutup :(
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Umroh Mahfudhoh
    Umroh Mahfudhoh
    Met siang Dr. Febriansyah Darus, Sp.OG. Terus terang saya masih sangat awam mengenai Down Syndrome ini.Dan ketika kemarin sempat mencari informasi tentang Down Syndrome, dan itu membuat saya ngeri. Dan hal ini tidak pernah terbayangkan oleh saya sama sekali. Dokter saya ingin mengetahui, apakah penyebab utama Down Syndrome ini. Apakah yang bisa kita lakukan untuk menghindari resiko terkena down syndrome. Apakah ibu hamil mengkonsumsi makan tertentu bisa memicu terjadi kelainan itu pada janin? Mohon informasinya Dokter. Terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Dear Mama Fudhoh,

      Down syndrome adalah kumpulan gejalan yang disebabkan oleh adanya gangguan kromosom 21 sehingga juga disebut dengan Trisomi 21. DS merupakan penyakit genetik, terjadi akibat gangguan pembelahan kromosom 21 saat kehamilan terjadi. Sampai saat ini DS tidak bisa disembuhkan dan dicegah. Sebenarnya ma, karna ini merupakan kelainan genetik  tidak ada makanan atau minuman yang harus dihindari. Tetapi salah satu cara adalah dengan mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin sebelum kehamilan terjadi dengan mencukupi semua kebutuhan mikronutrisi mama dan papa. Salah satu faktor adalah hamil pada usia lanjut atau diatas 35 tahun. Menurut penelitian kejadian DS meningkat 1:30pada mama yang hamil di atas 35 tahun.

      Semoga membantu mama….

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mijil Jalu Prianggo
    Mijil Jalu Prianggo
    saya ada dua pertanyaan menyangkut Down Syndrome:

    1. Bagaimana ciri down syndrome?
    2. Bisakah down syndrome di cegah?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Papa Mijil,

      1. Ciri down syndrome umumnya memiliki bentuk muka mongoloid, tingkat IQ rendah bisa disertai dengan kelainan jantung, dll. Down syndrome bisa di deteksi dari awal kehamilan. Mama yang hamil dengan janin down syndrome tidak memiliki ciri tertentu selama kehamilan.
      2. Kita tidak bisa mencegah dan mengobati down syndrome. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Mama, Live Chat Mama Care sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh dr. Febriansyah Darus, SpOG.

    Ditunggu juga pengumuman 10 Mama pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Mama Care. Jangan lupa juga untuk ikutan #KuisLiveChat di twitter @mamacareID ya, hadiah menarik menanti Mama.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Azalia Zahwa Aisyahra
    Azalia Zahwa Aisyahra
    Bagaimana cara untuk mengetahui Down syndrom saat kehamilan, apakah bisa di deteksi sedini mungkin?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Dear Mama Zahwa.

      Down Syndrome adalah penyakit genetik, bisa didteksi dari awal kehamilan. Misalnya dengan melihat ketebalan lapisan caiarn di bawah tengkuk bayi  (NT : Nuchal Translusensi) sebagai petanda awal kelainan gentik. Jika dari pemeriksaan ini ada ketidak normalan maka dilanjutkan dengan pemeriksaan biomarker lainnya. Bisa dengan pemeriksaan USG atau pemeriksaan serologi atau pengambilan darah. Tetapi untuk diagnosis pasti bisa dilakukan dengan pemerikaan NIPT atau karyotyping untuk mengetahui jenis kromosom dari bayi yang di kandung.  Tetapi tidak semua pemerikssaan ini harus dilakukan. Umumnya dengan mengenali faktor risiko misalnya pada wanta dengan usia lebih dari 40 tahun atau pada kehamilan sebelumnya ada anak yang menderita DS maka skrining DS harus dilakukan dengan cermat.

      Semoga membantu mama..

    • Live Chat sudah selesai.

  • runti yunita
    runti yunita
    Selamat siang dr. Febriansyah Darus, SpOG
    Dok yang dimaksud down syndrome itu apa ?
    Apa yang menyebabkan down syndrome? Dan bagaimana cara pencegahannya ?
    Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Dear Mama Runti

      Down syndrome adalah kumpulan gejalan yang disebabkan oleh adanya gangguan kromosom 21 sehingga juga disebut dengan Trisomi 21. DS merupakan penyakit genetik, terjadi akibat gangguan pembelahan kromosom 21 saat kehamilan terjadi. Sampai saat ini DS tidak bisa disembuhkan dan dicegah. Sebenarnya ma, karna ini merupakan kelainan genetic tidak ada makanan atau minuman yang harus dihindari. Tetapi salah satu cara adalah dengan mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin sebelum kehamilan terjadi dengan mencukupi semua kebutuhan mikronutrisi mama dan papa. Salah satu faktor adalah hamil pada usia lanjut atau diatas 35 tahun. Menurut penelitian kejadian DS meningkat 1:30pada mama yang hamil di atas 35 tahun.

      Semoga membantu mama….

    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Runti Yunita, down syndrom adalah kumpulan gejala-gejala penyakit seperti tingkat intelegensia yang rendah, bentuk muka yang khusus (mongoloid) seperti anak-anak keterbelakangan mental atau disertai dengan kelainan jantung atau kelainan-kelainan lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan pembelahan kromosom 21 saat awal kehamilan terjadi yang merupakan penyakit genetik yang sampai saat ini tidak bisa di cegah dan disembuhkan. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.