Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Menjaga Asupan Nutrisi Selama Berpuasa

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat bagi 10 pemenang, Mama dengan pertanyaan menarik pada #LiveChat 18 Juni 2015 bersama Ahli Nutrisi Mama Budiarti. Segera kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Mama Care dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang #LiveChat 18 Juni 2015.

    Ikutan juga yuk Buka Bersama Ahli Kandungan Mama Care dr. Febriansyah Darus, SpOG. Mama bisa ketemu, konsultasi dan buka bersama Ahli Kandungan Mama Care ini. Ikutan yuk, caranya cukup mudah :
    1. Daftar secara online di bit.ly/TemuAhli
    2. Tukar kode unik dalam kemasan Lactamil ke bit.ly/LactamilReward Jika Mama sudah pernah menukar kode unik sebelumnya, Mama sudah berkesempatan mengikuti sesi Temu Ahli ini.
    3. Tunggu pengumuman siapa Mama yang beruntung.
    Acara ini khusus bagi Mama yang berada di Jabodetabek. Kesempatan terbatas, jadi daftar sekarang juga!

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Fransiska Yumeida
    Fransiska Yumeida
    Terimakasih maa .. jawabannya sangat membantuuu ... :)
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Live Chat kali ini ditutup ya, Ma. Terima Kasih atas partisipasinya dan ikuti Live Chat selanjutnya dengan topik menarik lainnya.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Uswatun Kasanah
    Uswatun Kasanah
    Assalamu 'alaikum.. Sore bunda, salam kenal :) sebaiknya makanan apa yg hrs kita konsumsi pd saat berbuka spy pd saat shalat tarawih ttp fit, karena biasanya klo berbuka makan gorengan sama air putih (makan nasinya setelah tarawih)??? Terimakasih atas jawabannya :)
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Waalaikumsalam Mama UUS, untuk jenis makanannya boleh apa saja yang penting di konsumsi secara bertahap agar Mama tidak terlalu kenyang saat shalat magrib atau tarawih. Saat buka puasa Mama bisa konsumsi teh manis hangat dengan cemilan kurma atau kroket. Makan  besar bisa di lakukan setelah shalat magrib atau tarawih ya Ma. Semoga dapat membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • kiki sri rizki
    kiki sri rizki
    Selamat siang mamah...saya mempunyai baby usia 11 bulan..saya berpuasa namun knp ank saya tadi bab nya mencret..nutrsi seperti apa yg hars saya komsumsi agar tidak mengganggu kesehatan anak saya ??

    Sebaiknya makanan seperti apa yg saya konsumsi agar asi saya tetap bisa mencukupi nutrsi yg c dedebutuhkan??

    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat Sore Mama kiki, sebenarnya Mama yang berpuasa tidak akan menyebabkan si kecil mencret selama Mama menjaga pola makan. Karena si kecil sudah berusia 11 bulan dan sudah di berikan MPASI, di perhatikan juga untuk pengolahan MPASI dan kebersihan lingkunganya. Sebaiknya Mama yang menyusui selalu memenuhi asupan nutrisi seimbang. Terutama yang mengandung tinggi Protein seperti ikan, daging merah, hati, telur dan tinggi akan serat agar produksi ASI tetap baik. Hindari mengkonsumsi makanan pedas, asam dan bersoda ya. Semoga puasanya berjalan dengan lancar Ma :)

    • kiki sri rizki
      kiki sri rizki
      Yaa mksh mama jwbnnya...sangat membantu
    • Live Chat sudah selesai.

  • vebby melia
    vebby melia
    Selamat siang Mama Care dan Mama Budiarti..
    Saya mempunyai anak umur 16 bulan dan sekarang masih ASI. Agar ASI saya ttp berkualitas, Nutrisi seperti apa yg sebaiknya saya konsumsi selama bulan puasa mbak?menu apa saja yg sebaiknya saya konsumsi saat sahur dan buka puasa?kiat2 apa saja yg bs saya lakukan agar jumlah dan kualitas ASI saya ttp bagus?kira2 umur berapa saya bs mengajarkan anak saya utk berpuasa?Nutrisi apa yang perlu dipenuhi saat sahur dan buka, agar si Kecil tetap sehat saat berpuasa dan ttp semangat menjalani puasa?
    Sekian pertanyaan saya, terimakasih Mama Budiarti :)

    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Hi Mama Vebby,

      Terima kasih atas partisipasinya. Namun pertanyaan Mama hanya dijawab pada pertanyaan yang pertama ya, Ma :)

       

       

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Septiyani
    Septiyani
    msh dibuka y Ma live chatny, sy krm dr td g masuk2
    sejak mualaf sy baru puasa skrg, sy mama dr gafa 9 bulan dan dedek didlm perut usia 12w
    yg m sy tanyakan, gmn carany menjaga tubuh tetap fit selama puasa, selain susu, asam folat dan penambah darah apakah sy perlu tambah suplemen lagi agar asupan nutrisi untuk kakak, adek dan sy sendiri tercukupi ma
    trimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama Bundanya Ahza, Saya kurang menyarankan karena kondisi Mama selain sedang menyusui Mama juga sedang hamil, namun jika Mama ingin tetap berpuasa sebaiknya konsultasikan pada Dokter langsung untuk melihat kondisi Mama. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang, seperti makanan yang tinggi protein terutama protein hewani, makanan tinggi zat besi, dan cukupi kebutuhan cairan 8 sampai 13 gelas sehari. Semoga Mama selalu sehat dan tetap semangat berikan yang ter baik untuk buah hati Mama :)

    • Septiyani
      Septiyani
      amin...
      trimakasih saranny
    • Live Chat sudah selesai.

  • lilis fujiyati
    lilis fujiyati
    Selamat siang dokter budiarti.. Selamat menjalankan ibadah puasa?
    saya kan lg hamil usia 10minggu ma. Saya ingin puasa sampai full tapi saya sering lemas pusing bahkan td sampai muntah. Gimana yya ma agar ibadah puasa saya tidak terganggu? Makanan atau buah apa yg bagus dikonsumsi oleh ibu hamil muda seperti saya agar nutrisi selama berpuasa tetap terjaga?
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama lilis_fujiyati, Selamat menjalankan ibadah puasa juga Mama. Mama yang sedang Hamil boleh saja berpuasa selama kondisinya sehat tetapi tidak dipaksakan ya. Batalkan puasa apabila Mama mengalami mual dan muntah  berlebihan, gerakan janin melemah, kontraksi, pusing dan lemas. Agar rasa kenyang lebih lama Pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup saat sahur seperti mengkonsumsi daging, tinggi serat, konsumsi makanan kaya akan vitamin C dan zink untuk menjaga daya tahan tubuh, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Konsumsi juga susu Lactamil Pregnasis nya untuk penambahan nutrisi saat hamil.  Saat berbuka makanlah dengan cara di cicil agar tidak terlalu kekenyangan. Misalnya Mama makan di bagi menjadi beberapa tahap, saat magrib ( ta'jil), sehabis solat magrib, setelah solat tarawih dan menjelang tidur. Saat menjelang tidur, Mama bisa konsumsi cemilan sehat dan mengenyangkan seperti roti gandung, sereal, buah, puding atau susu. Semoga dapat membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • vebby melia
    vebby melia
    Selamat siang Mama Care dan Mama Budiarti..
    Saya mempunyai anak umur 16 bulan dan sekarang masih ASI. Agar ASI saya ttp berkualitas, Nutrisi seperti apa yg sebaiknya saya konsumsi selama bulan puasa mbak?menu apa saja yg sebaiknya saya konsumsi saat sahur dan buka puasa?kiat2 apa saja yg bs saya lakukan agar jumlah dan kualitas ASI saya ttp bagus?kira2 umur berapa saya bs mengajarkan anak saya utk berpuasa?Nutrisi apa yang perlu dipenuhi saat sahur dan buka, agar si Kecil tetap sehat saat berpuasa dan ttp semangat menjalani puasa?
    Sekian pertanyaan saya, terimakasih Mama Budiarti :)

    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

       

      Selamat siang mama Vebby :)

      Mama Veby selama berpuasa ini agar mama tetap fit dan ASI mama berkualitas, maka perlu mama perhatikan adalah karbohidrat komplek seperti nasi merah, roti gandum, sejenis pasta sehingga mama tahan lapar karena karbohidrat komplek ini mambuat kenyang lama, mama bisa konsumsi saat sahur. 

      Selain itu mama perlu perhatikan juga asupan protein hewani seperti daging merah (daging sapi, hati sapi/ ayam, telur, ikan) dan jangan lupa banyak makan buah dan sayuran hijau ya mama dan terakhir perbanyak minum air putih agar mama terhindar dari dehidrasi. 

      Tapi  ada juga  beberapa  jenis makanan yang harus dikurangi adalah kafein yang terdapat pada kopi, minuman berkarbon.

      Sedangkan untuk berbuka puasa pastinya mama mengkonsumsi makanan yang manis agar mama langsung mendapat tenaga karena seharian mama sudah  berpuasa, seperti kurma, teh manis hangat, yogurt ataupun buah buahan ,  Untuk makanan utama tetap dengan menu nutrisi seimbang ya mama sebaiknya ada makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrisi (vitamin dan mineral) 

      Selamat menjalankan ibadah puasa mama dan semoga jawaban ini dapat membantu mama Vebby;)


    • Live Chat sudah selesai.

  • Maya Pristiana
    Maya Pristiana
    Semay siang mama Budiarti
    Saya sedang hamil 27week,, makanan apa sajakah yang harus di konsumsi agar nutrisi buat janin tetap terjaga dan saya tidak merasa pusing dan lemas saat berpuasa?

    Trim's mama
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat siang  Mama Maya, Mama yang sedang Hamil boleh saja berpuasa selama kondisinya sehat tetapi tidak dipaksakan ya. Batalkan puasa apabila Mama mengalami mual dan muntah  berlebihan, gerakan janin melemah, kontraksi, pusing dan lemas. Sebenarnya tidak ada makanan khusus. Agar rasa kenyang lebih lama Pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup saat sahur seperti mengkonsumsi daging, tinggi serat, konsumsi makanan kaya akan vitamin C dan zink untuk menjaga daya tahan tubuh, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Konsumsi juga susu Lactamil Pregnasis nya untuk penambahan nutrisi saat hamil.  Saat berbuka makanlah dengan cara di cicil agar tidak terlalu kekenyangan. Misalnya Mama makan di bagi menjadi beberapa tahap, saat magrib ( ta'jil), sehabis solat magrib, setelah solat tarawih dan menjelang tidur. Saat menjelang tidur, Mama bisa konsumsi cemilan sehat dan mengenyangkan seperti roti gandum, sereal, buah, puding atau susu. Hindari dahulu makanan yang terlalu merangsang, seperti terlalu pedas, asam atau bersoda. Begitu juga yang bermasalah dengan kolesterol, diet garam dan sebagainya. Berikut plus-minusnya: Makanan manis bermanfaat untuk menambah/mengembalikan energi. Makanan yang terlalu asin cepat mengundang haus. Makanan yang terlalu asam merangsang asam lambung sehingga menyebabkan mual, perih. Semoga puasanya lancar ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.