Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Menjaga Asupan Nutrisi Selama Berpuasa

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • runti yunita
    runti yunita
    selamat siang Mama
    Bagaimana menjaga asupan makan ketika puasa untuk ibu yang masih menyusui baby dibawah 6 bulan, untuk baby yang masih asi eksklusif, dan supaya asi tetap lancar ?
    Baby saya masih 4 bulan dan rencana asi eksklusif, supaya puasa dan asinya tetap lancar, bagaimana menjaga asupan nutrisinya?
    Terima kasih mama
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat siang Mama runti, sebaiknya konsultasikan pada Dokter terlebih dahulu bila Mama ingin berpuasa sementara sikecil masih berusia di bawah 6 bulan. Saat berpuasa usahakan si kecil lebih banyak menyusu saat malam setelah berbuka hingga waktu sahur, karena ketika berpuasa produksi ASI biasanya berkurang, sementara ASI berlimpah setelah Mama berbuka. Pastikan Mama makan 3 kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Mama menyusui perlu mengkonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak tiap kali makan untuk hasilkan ASI berkualitas. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum, makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ayam, tahu atau tempe. Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur ya Ma. Jangan lupa  untuk banyak minum air putih saat berbuka dan sahur ( 3 Liter sehari). Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil setelah shalat tarawih atau sekitar pukul 9 malam. Cukupi kebutuhan cairan secara di cicil sebanyak 3 liter perharinya. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • fitri angun hadi
    fitri angun hadi
    Assalamualaikum, selamat siang mama ?!
    Saya ibu yang masih menyusui. Selama bulan puasa ini saya tetap memberikan ASI kepada anak saya. Yang saya tanyakan :
    1. Gimana cara menjaga asupan nutrisi, agar ASI tetap lancar selama berpuasa?
    2. Apakah diperbolehkan konsumsi multivitamin seperti penambah darah atau penambah stamina buat ibu menyusui?
    3. Nah bila kita konsumsi air es / dingin. bahaya tidak buat si kecil. Atau berpengaruh terhadap produksi ASI.
    Aku tunggu penjelasannya ya ma… semoga ilmu yang mama share ke saya bisa bermanfaat buat saya dan buah hati saya. Terima kasih…
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti


      Waalaikumsalam Mama fitri
      1. Semua nutrisi sangat dibutuhkan mama saat menyusui dan berpuasa. Mama tetap konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tentunya, lengkapi dengan konsumsi sayuran dan buah saat sahur dan berbuka.
      2. Selama multivitamin sudah dianjurkan oleh dokter, boleh di konsumsi.
      3. Konsumsi air es untuk Mama yang sedang menyusui boleh saja, karena air dingin yang masuk ke dalam tubuh, akan menyesuaikan dengan suhu tubuh Mama, sehingga aman dikonsumsi. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Novita Rahayu
    Novita Rahayu
    Assalammualikum, selamat siang mom...
    Saya seorang ibu ber-anak 1
    anak saya berusia 20bulan selama ini ASIX 6bulan dan ingin dilanjut asi  sampai usia 2tahun.
    Puasa tahun kemarin ketika saya menyusui ASI saya menjadi sedikit dan lebih sering foremilk yang keluar, saya khawatir jika ia tidak kenyang. soalnya sejak saya puasa ia lebih sering nangis. padahal asupan makanan saya selama puasa terjaga saya mengkonsumsi buah,sayur,air 8gelas,dan susu ibu menyusui di waktu sahur & berbuka.
    Namun saya tetap merasa lemas, dan pusing berkunang-kunang bahkan gemetar sesaat.
    Yang ingin saya tanyakan makanan *buah/sayur* apakah yang harus saya konsumsi agar produksi asi lancar dan saya tetap segar tidak lemas dan pusing?? mengingat sebentar lagi anak saya akan di sapih saya tidak ingin kehilangan moment indah menyusui ini.
    Terimakasih sebelumnya mom
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama Novi, Lanjutkan pemberian Asi Mama sampai 2 tahun ya Mama, Saat berpuasa usahakan si kecil lebih banyak menyusu saat malam setelah berbuka hingga waktu sahur, karena ketika berpuasa produksi ASI biasanya berkurang, sementara ASI berlimpah setelah Mama berbuka. Pastikan Mama makan 3 kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Mama menyusui perlu mengkonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak tiap kali makan untuk hasilkan ASI berkualitas. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum, makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ayam, tahu atau tempe. Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur supaya BAB lancar dan tidak terjadi sembelit. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih saat berbuka dan sahur ( 3 Liter sehari ). Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil setelah shalat tarawih atau sekitar pukul 9 malam. Sebaiknya hingga waktu sahur habis, usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya dan ditambah dengan segelas susu hangat. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi resiko anemia bagi ibu hamil, jangan lupa istirahat yang cukup atau lebih banyak dari porsi istirahat sebelumnya. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Live Chat bersama Ahli Nutrisi Budiarti sudah dibuka ya, Ma. Mama Budiarti sudah siap menjawab pertanyaan sesuai topik kali ini yaitu "Menjaga Asupan Nutrisi Selama Berpuasa" Sebutkan juga usia kandungan atau usia si kecil ya

    Ditunggu Partisipasinya:)

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Lulu
    Lulu
    Dear Mama Budiarti
    Saat ini saya sedang hamil usia 8 minggu dan masih menyusui anak usia 11 bulan. ASI masih ada hanya saja menjadi lebih sedikit keluarnya. Saat ini saya sedang mencoba untuk berpuasa. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan dan menyusui? Apakah tidak apa-apa jika si abang di sapih saat ini? Karena saya masih ingin memberikan si abang ASI walaupun hanya sampai 1 tahun.
    Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama Lulu, sebaiknya konsultasikan pada Dokter terlebih dahulu bila Mama ingin berpuasa karena kondisi Mama selain sedang menyusui Mama juga sedang hamil, terlebih Asi Mama juga sedikit sebaiknya Mama fokus untuk buah hati dan calon buah hati Mama. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang, seperti makanan yang tinggi protein terutama protein hewani, makanan tinggi zat besi, dan cukupi kebutuhan cairan 8 sampai 13 gelas sehari. Semoga Mama selalu sehat dan tetap semangat berikan yang ter baik untuk buah hati Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • kiki vidianingsih
    kiki vidianingsih
    selamat siang mama budiarti, makanan apa yang harus saya konsumsi selama saya berpuasa agar nutrisi dalam ASI tetap terjaga dan ASI tetap lancar jaya? saya ibu menyusui tanpa sufor. usia anak saya 1 tahun MP-ASI home made, dan tambahan nutrisi apa yang cocok untuk buah hati saya? trimakasih mama budiarti.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat siang Mama kiki, selamat Mama karena sudah memberikan ASI untuk si kecil :) Sebenarnya tidak ada menu khusus untuk Mama menyusui yang penting selalu konsumsi makanan bernutrisi seimbang, tinggi protein, serat, Vitamin C dan Zink agar menahan rasa kenyang lebih lama. Adapun contoh menu saat berbuka :
      Sebelum shalat maghrib (ta'jil):
      1 gelas teh manis
      1 buah kroket atau kurma
      1 gelas jus buah
      setelah shalat maghrib:
      1 porsi nasi putih
      1 porsi daging sapi bumbu bali atau masakan daging, ayam, telur, ikan dan yang berprotein lainnya
      1 tahu atau tempe goreng
      1 porsi sayuran seperti tumis kacang panjang, tauge atau capcay
      1 buah apel
      menjelang tidur/ setelah shalat tarawih :
      1 gelas susu Lactamil Lactasis
      Sedangkan menu untuk sahur :
      Saat Sahur:
      1 gelas susu Lactamil Lactasis sebelum santap sahur
      1 porsi nasi
      1 porsi ayam kecap
      1 porsi sayur bayam atau katuk
      2 potong tempe bacem
      potongan buah segar
      3 gelas air putih
      Air putih dapat di konsumsi secara di cicil saat berbuka dan sahur ya. Semoga bermanfaat :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Iis kartika Sari
    Iis kartika Sari
    Selamat siang dok, saya sedang hamil 6 bulan, boleh gak saya berpuasa... apa saja yang dapat saya konsumsi waktu sahur agar saya dapat mencukupi kebutuhan Gizi saya dan Janin...

    Trims
    Tika
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat siang  Mama Tika, Mama yang sedang hamil boleh saja tetap berpuasa selama dokter merekomendasikan dengan melihat kondisi kehamilan Mama dahulu ya. Agar asupan gizi Mama hamil yang berpuasa seimbang, sebaiknya tetap konsumsi 3x makan dan 2 x selingan tetapi makannya dengan cara di cicil Ma. Contohnya saat menyiapkan sahur Mama bisa mengkonsumsi susu Lactamil Pregnasis nya di lanjutkan dengan makan sahur seperti biasanya dan saat berbuka di awali dengan mengkonsumsi teh manis hangat dan ta'jil seperti bubur kacang hijau, kolak atau kurma. Nanti setelah solat magrib barulah makan besar, dan sebelum tidur Mama bisa konsumsi cemilan seperti buah, biskuit atau susu Untuk Lactamil Pregnasisnya. Tetap jaga kebutuhan cairan minimal 2 liter perhari ya Ma. Perbanyak asupan protein serta serat dari buah dan sayur. Semoga dapat membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Neriyanti
    Neriyanti
    Assalamualaikum mama budiarti

    Saya punya baby 5 bulan ma , sekarang saya berpuasa , hanya saya khawatir ma, apa asupan gizi di Asi yg di produksi selama berpuasa akan cukup buat baby ma ?

    terima kasih mama ^^
    selamat berpuasa ....
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama farbydhe, sebaiknya konsultasikan pada Dokter terlebih dahulu bila Mama ingin berpuasa sementara sikecil masih berusia di bawah 6 bulan. Selama sikecil nyaman, kebutuhan makanannya tercukupi dan berat badannya berkembang sesuai dengan usianya, puasa sebenarnya boleh saja. Saat berpuasa usahakan si kecil lebih banyak menyusu saat malam setelah berbuka hingga waktu sahur, karena ketika berpuasa produksi ASI biasanya berkurang, sementara ASI berlimpah setelah Mama berbuka. Pastikan Mama makan 3 kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Mama menyusui perlu mengkonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak tiap kali makan untuk hasilkan ASI berkualitas. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum, makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ayam, tahu atau tempe. Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur supaya BAB lancar dan tidak terjadi sembelit. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih saat berbuka dan sahur ( 3 Liter sehari ). Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil setelah shalat tarawih atau sekitar pukul 9 malam. Cukupi kebutuhan cairan secara di cicil sebanyak 3 liter perharinya. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Fransiska Yumeida
    Fransiska Yumeida
    Assalamualaikum Mama ,,,
    SAYA Siska > mama Zain ,
    Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Menyambut Bulan suci Ramadhan buat semua ^^
    Ma ...
    Sekarang saya berpuasa ,
    Tapi jam jam sekarang badan agak sedikit melemah :( ,
    Anak saya zain sekarang usia 1 tahun 8 bula ma , anak saya susah sekali mau makan, jadi masih Sangat Tergantung ASI Saya.
    Di Hari-hari biasa setiap 2 jam sekali saya merasa lapar,semakin anak saya besar sekarang,semakin kuat dia menyusu ma... Bagimana caranyanya ya ma biar saya boleh Kuat dalam berpuasa ?...
    Nutrisi apa yang harus saya perlukan ma biar tetap vit ? ...
    Saat sahur maupun berbuka .

    terimakasih mama ^^
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Waalaikum salam mama Siska :) saya pun mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah puasa di Bulan suci Ramadhan.
      Mama Siska saat bulan Ramadhan ini tentunya mama juga ingin menjalankan ibadah puasa, nah untuk itu ada berapa asupan nutrisi yang harus mama perhatikan agar puasa mama kuat.
      Pertama untuk mendapat tenaga yang kuat harus mama perhatikan adalah saat sahur mama konsumsi jenis karbohidrat komplek seperti nasi merah, roti gandum, sejenis pasta sehingga mama tahan lapar karena karbohidrat komplek ini mambuat kenyang lama
      Selain itu mama perlu perhatikan asupan protein hewani seperti daging merah (daging sapi, hati sapi/ ayam) sehingga mama kuat juga  dan jangan lupa minum air putih yang banyak ya mama agar mama terhindar dari dehidrasi. Terakhir perbayak buah dan sayuran.  
      Tapi  ada juga  bebera jenis makanan yang harus dikurangi adalah kafein yang terdapat pada kopi, minuman berkarbon.

      Sedangkan untuk berbuka puasa pastinya mama mengkonsumsi makanan yang manis agar mama langsung mendapat tenaga karena seharian mama sudah  berpuasa, seperti kurma, teh manis hangat, yogurt ataupun buah buahan ,  Untuk makanan untama tetap menggunakan nutrisi seimbang ya ma

      Semoga jawaban ini dapat membantu mama Siska :)


    • Live Chat sudah selesai.

  • Ria Sepriani
    Ria Sepriani
    Dear Ibu Budiarti,

    Yang ingin saya tanyakan adalah makanan apa saja yang bagus untuk di konsumsi selama bulan ramadhan agar asupan nutrisi tetap terjaga?

    Terima Kasih
    Ria Sepriani
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama Ria Sepriani, Mama yang dsalam kondisi hamil dan menyusui harus tetap konsumsi makanan bernutrisi seimbang, tinggi protein terutama untuk protein hewani seperti hati, daging merah, telur. Serta perbanyak konsumsi sayur, buah dan cairan. Kebutuhan cairan Mama hamil sebanyak 2-2,5 liter/ hari sedangkan untuk Mama yang menyusui sebanyak 3 liter/ hari. Hindari konsumsi gula yang berlebihan ya. Semoga puasanya lancar Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.