Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Nutrisi Wajib di Trimester Pertama

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Lilis
    Lilis
    Siang ma....

    Makanan atau minuman apa saja yg dapat menenuhi Nutrisi Wajib d Trimester Pertama?

    Bagaimana cara menyiasati nutrisi wajib d Trimester Pertama,sedangkan saya mengalami tidak nafsu makan,mual di saat mencium aroma yang tajam,dan di saat mengkonsumsi susu rasanya ingin di muntahkan kembali...

    Apakah suplemen,vitamin2,calsium pemberian dari dokter dapat memenuhi Nutrisi wajib di Trimester Pertama?

    Terimakasih atas jawaban nya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang mama Lilis, senang bisa bersilaturahmi dengan mama:)

      Sebaiknya pada trimester pertama mama lebih memperhatikan makanan yang mengandung mikronutrisi seperti asam folat ( bayam, brokoli, ikan, daging); zat besi (kacang merah, hati ayam) dan kalsium (susu, keju dan ikan) juga konsumsi makronutrisi seperti protein (daging, telur, tempe, tahu) dan jangan lupa konsumsi air putih ya mama. Dan mama pun dapat berolah raga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi yang tentunya banyak mengandung vitamin D alami yang sangat baik bagi kesehatan mama

      Untuk mengatasi mual ini sebaiknya mama mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, mama dapat mengkonsumsi air jahe atapun permen jahe dan hindari stres serta banyak istirahat

      Suplemen, vitamin , calsium yang diberikan oleh dokter sebaiknya dibarengi dengan asupan makanan bernutri seperti yang disebutkan di atas tentunya akan memenuhi nutrisi di trimester pertama ini

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.

  • Juwita Rachmawati
    Juwita Rachmawati
    Siang bunda, saya bunda 1 anak usia 6bln dan saya curiga saya hamil lagi karena sudah 1 bln ini saya pusing mual muntah terus menerus tapi belum berani saya cek k bidan sih bun. Saya mau tanya ni bun, untuk mencegah semisalnya saya benar hamil lagi. Makanan apa saja yg wajib d penuhin untuk ibu hamil sekaligus untuk menyusui dan makanan apa saja yg bisa terhindar atau mengurangi resiko mual muntahnya ini bun karena saya takut anak yg saya susui mau pun janin kurang nutrisi?

    Terimakasih, mohon pencerahannya ya bun?
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Juwita Rachmawati. Mama yang sedang menyusui dan dalam kondisi hamil saat ini membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Agar kebutuhan nutrisi Mama terpenuhi saat hamil dan menyusui tetap konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang terdiri dari Karbohidrat(yang biasa disebut makanan pokok seperti nasi, kentang, singkong, roti dll), Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral(buah dan sayur), serta cukup konsumsi air putih minimal 3 liter/hari. Serta konsumsi makanan tinggi Protein, Asam folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium untuk membantu tumbuh kembang janin di trimester pertama seperti (telur, ikan, hati ayam, bayam, kacang-kacangan, pisang, jeruk, alpukat, keju dan lain-lain). Makanan dan minuman yang dapat Mama konsumsi untuk mengatasi mual dan muntah yaitu Mama dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, konsumsi buah-buahan segar, air jahe, air jeruk, jus buah, biskuit, krekers dan lain-lain. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Yenny Susanto
    Yenny Susanto
    Selamat siang bunda budiarti...Saya ingin menanyakan nutrisi penting apakah yang harus dipenuhi ibu hamil di trisemester pertama? Apakah nutrisi yang disebutkan itu sangat penting dan wajib untuk dikonsumsi di trisemester pertama? Adakah pengaruh jika tidak mengkonsumsinya. Saya sewaktu hamil anak pertama belum mengerti seperti ini, yang penting tidak mengkonsumsi yang berbahaya buat janin dan yang saya tahu paling penting asupan susu ibu hamil...anak pertama saya lahir dgn berat dibawah normal 2,4kg...semoga dikehamilan berikutnya bb baby bisa normal...Terimakasih bunda budiarti atas penjelasannya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat sore Mama Yenny Susanto. Nutrisi yang dibutuhkan pada trimester pertama sebaiknya Mama perbanyak asupan makanan yang banyak mengandung protein,asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati ayam, daging, ikan salmon, bayam, brokoli, keju, susu, melon, pisang, jeruk, air putih. Dan olahraga ringan dipagi hari dibawah sinar matahari ini dianjurkan karena sinar matahari sebagai sumber vitamin D. Nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan Mama dan janin seperti mencegah anemia pada Mama, mencegah pendarahan pada saat melahirkan dan untuk janin berfungsi sebagai pertumbuhan dan perkembangan janin seperti pembentukan sel darah merah, mencegah bayi lahir prematur, mencegah BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah), pembentukan tabung saraf otak dan pembentukan tulang. Semoga kehamilan Mama berikutnya sehat dan lancar ya Mama. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Gehony Jeconia
    Gehony Jeconia
    Siang bu budiarti

    Saya mw tanya,,apa sih nutrisi yg terpenting dn terbaik utk kandunga di trimester pertama...krna saya agak trauma karena anak saya yg pertama lahirnya prematur dg berat badan 1,6kg

    Terimakasih sebelum nya bu
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Gehony Jeconia. Nutrisi penting yang harus dipenuhi pada trimester pertama yaitu makanan tinggi Protein, Asam folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium seperti (telur, ikan, hati ayam, bayam, kacang-kacangan, pisang, jeruk, alpukat, keju dan lain-lain). Tetap konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang terdiri dari Karbohidrat(yang biasa disebut makanan pokok seperti nasi, kentang, singkong, roti dll), Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral serta cukup konsumsi air putih. Selain faktor nutrisi agar Mama dan dan janin selalu sehat sampai persalinan nanti tetap harus berpikir positif, cukup istirahat, dan hindari stres. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Uendd Taufik Sanjaya
    Uendd Taufik Sanjaya
    selamat siang bunda budiarti ..

    senang sekali bisa live chat sama bunda untuk menambah pengetahuan saya..

    saat ini saya sedang mengandung anak pertama dengan usia kandungan 20 minggu. saya seorang karyawan swasta yg saat ini masih bekerja..

    saya bisa di bilang wanita yg aktif . saya mau bertanya apa saja nutrisi yg wajib saya konsumsi dan apa saja mkanan dan buah yg mengandung bnyak vitamin yg di perlukan saat mengandung agar badan saya tetap fit dan yg paling penting kandungan saya tetap terjaga dengan baik ..



    karena saat ini saya masih bingung saya sering sekali mencari pngetahuan di internet dan juga bertanya langsung sama orang yg sudah berpengalaman. tetapi presepsi dan penjelasan berbeda-beda membuat saya bingung sekali apalagi ini kehamilan pertama saya.



    mohon penjelasan dan ilmunya ya bunda ..

    sebelumnya terimakasih banyak bunda budiarti atas waktunya ..
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Hai Mama Uendd Taufik Sanjaya,

      Terima kasih atas partisipasinya, mohon maaf pertanyaan Mama kali ini tidak sesuai topik kali ini yaitu "Nutrisi Wajib di Trimester Pertama". Mama bisa konsultasi langsung ke layanan bebas pulsa Lactamil di 0800-1-600-600 untuk informasi lebih lanjut. Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • binti muvidaturoviah
    binti muvidaturoviah
    Selamat siang mama budiarti



    Saat ini saya punya putra usia 34 bln dan juga saya sedang mengandung anak kedua. Usia kehamilan 16 minggu. Yang mau saya tanyakan apa yang harus saya lakukan agar berat badan mau naik ma? Soalnya dari awal hamil cenderung turun berat badan saya. Sebelum hamil 49kg nah awal hamil jadi 46kg dan sekarang 48kg. Apakah normal ini ma?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Hai Mama binti muvidaturoviah,

      Terima kasih atas partisipasinya, mohon maaf pertanyaan Mama kali ini tidak sesuai topik kali ini yaitu "Nutrisi Wajib di Trimester Pertama". Mama bisa konsultasi langsung ke layanan bebas pulsa Lactamil di 0800-1-600-600 untuk informasi lebih lanjut. Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • lia julianti
    lia julianti
    Selamat siang bu budiarti...

    saya mau tanya.apa mengkonsumsi minuman penguat tulang disemester pertama tidak apa2?ada efek sampingnya g bu klo qta rutin minum itu pd masa kehamilan.terima kasih sebelumnya.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nindy Ardiyanto
    Nindy Ardiyanto
    Selamat siang, Mama..

    Saya ingin bertanya..

    1. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan pada kehamilan trimester pertama? Terdapat pada makanan apa saja nutrisi itu?

    2. Seberapa pentingkah mengkonsumsi susu hamil pada trimester pertama? Bagaimana jika ibu hamil kurang suka atau bahkan mual-mual kalau minum susu?

    3. Waktu saya hamil trimester pertama, saya diberi obat tambah darah sama bidan. Setelah saya rutin mengkonsumsi, saya jadi serig pusing tiap pagi. Ada yang bilang karena pengaruh obat tambah darah itu yang saya konsumsi. Apa benar demikian Ma?

    Mohon penjelasannya ya Ma. Terima kasih..
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat sore Mama Nindy Ardiyanto.

      1. Nutrisi yang dibutuhkan pada trimester pertama sebaiknya Mama perbanyak asupan makanan yang banyak mengandung protein,asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati ayam, daging, ikan salmon, bayam, brokoli, keju, susu, melon, pisang, jeruk, air putih. Dan olahraga ringan dipagi hari dibawah sinar matahari ini dianjurkan karena sinar matahari sebagai sumber vitamin D.

      2. Mama, susu hamil sebagai tambahan nutrisi di masa kehamilan. Apabila Mama kurang menyukai susu hamil karena mual dan muntah Mama dapat memenuhi asupan nutrisi Mama dari makanan, karena makanan adalah sumber nutrisi yang utama.

      3. Mama setiap obat memiliki efek yang berbeda-beda, sebaiknya untuk menanyakan efek dari obat yang Mama konsumsi bisa dikonsultasikan kembali dengan bidan atau dokter.

      Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Alya rahmawati
    Alya rahmawati
    selamat sore mama

    saya mau tanya . kakak ipar saya sedang hamil muda. katanya ga doyan makan . rasanya cuma mual sangat tapi tidak sampe ( maaf ) muntah badan lemes. dan punggung rasanya nyeri . kata orang tua mungkin anaknya cowok. waktu dia tanya ke saya apakan saya mengalami hal serupa saat hamil saya bilang tidak ( kebetulan anak saya 2 cowok semua ) yang saya mau tanyakan apa penyebab rasa mual yang berlebih itu mama, dan bagaimana mengatasinya ? makanan atau nutrisi apa saja yang harus dikonsumsi agar calon bayi dan mama bisa terpenuhi nutrisinya? apakah mual itu hanya terjadi saat trisemseter awal atau bisa berlanjut sampai trisemester berikutnya? terimkasih jawabannya Mama .
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat sore Mama Alya Rahmawati, senang bisa bersilaturahmi dengan mama:)

      Pada trimester pertama sebagian besar mama mengalami mual dan muntah karena adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen sehingga mempengaruhi fungsi neuron dalam tubuh mama

      Sebenarnya pada trimester pertama ini mama bisa mengkonsumsi makanan kesukaan mama, tidak ada pantangan, tapi sebaiknya mama pun memperhatikan makanan yang mengandung mikronutrisi seperti asam folat ( bayam, brokoli, ikan, daging); zat besi (kacang merah, hati ayam) dan kalsium (susu, keju dan ikan) juga konsumsi makronutrisi seperti protein (daging, telur, tempe, tahu) dan jangan lupa konsumsi air putih ya mama. Dan mama pun dapat berolah raga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi yang tentunya banyak mengandung vitamin D alami yang sangat baik bagi kesehatan mama

      Untuk mengatasi mual ini sebaiknya mama mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, mama dapat mengkonsumsi air jahe atapun permen jahe dan hindari stres serta banyak istirahat

      Setelah melewati trimester pertama ini biasanya selera makan mama hamil mulai membaik

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat sore Mama Alya Rahmawati, senang bisa bersilaturahmi dengan mama:)

      Pada trimester pertama sebagian besar mama mengalami mual dan muntah karena adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen sehingga mempengaruhi fungsi neuron dalam tubuh mama

      Sebenarnya pada trimester pertama ini mama bisa mengkonsumsi makanan kesukaan mama, tidak ada pantangan, tapi sebaiknya mama pun memperhatikan makanan yang mengandung mikronutrisi seperti asam folat ( bayam, brokoli, ikan, daging); zat besi (kacang merah, hati ayam) dan kalsium (susu, keju dan ikan) juga konsumsi makronutrisi seperti protein (daging, telur, tempe, tahu) dan jangan lupa konsumsi air putih ya mama. Dan mama pun dapat berolah raga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi yang tentunya banyak mengandung vitamin D alami yang sangat baik bagi kesehatan mama

      Untuk mengatasi mual ini sebaiknya mama mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, mama dapat mengkonsumsi air jahe atapun permen jahe dan hindari stres serta banyak istirahat

      Setelah melewati trimester pertama ini biasanya selera makan mama hamil mulai membaik

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.

  • Yuniarti
    Yuniarti
    Selamat siang ibu budiarti, sy mau bertanya soal nutrisi yg bagus untuk saya seperti apa ya bu karna saya hamil 4bulan tp sepertinya tidak ada perubahan pd berat badan saya dan perut saya juga ga terlihat besar seperti kehamilan saya sebelumnya.. apa solusinya ya bu dan saya harus bagaimana? Mohon di jawab bu trima kasih sebelumnya :)
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Hai Mama Yuniarti,

      Terima kasih atas partisipasinya, mohon maaf pertanyaan Mama kali ini tidak sesuai topik kali ini yaitu "Nutrisi Wajib di Trimester Pertama". Mama bisa konsultasi langsung ke layanan bebas pulsa Lactamil di 0800-1-600-600 untuk informasi lebih lanjut. Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.