Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Pantangan Makanan Saat menyusui untuk ASI Berkualitas

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil
    Selamat bagi 10 Mama terpilih pada Live Chat 18 Desember 2015 bersama Ahli Nutrisi Mama Budiarti. Segera kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Lactamil (nama lengkap, alamat, no. telepon) dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang Live Chat 18 Desember 2015
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nida Nuraeni
    Nida Nuraeni
    Selamat sore ma,, saya mau bertanya apa benar ada pantangan makanan bagi para busui? Apa saja pantangan nya dan makanan apa saja yg mampu mmbuat ASI brkualitas, apakah makanan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup untuk busui agar mndapatkan ASI brkualitas.?

    Dan jika busui konsumsi obat asma (teosal) apa akan berpengaruh pada pertumbuhan si kecil?

    Terima kasih
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Halo Mama Nida terima kasih atas pertanyaannya,

      karena Mama bertanya dengan pertanyaan yang sama, maka Mama Budiarti akna menjawab pertanyaan Mama pada pertanyaan Mama yang pertama, ya :)

      Terima kasih
    • Live Chat sudah selesai.

  • Dian indarti
    Dian indarti
    Selamat sore bu, saya seorang ibu menyusui si kecil yang hampir berusia 2 th. Sebentar lagi saya mau menyapih si kecil bu, pertanyaan saya apakah menyusui hingga 2 tahun lebih itu air susu sudah tidak bergizi bu? Benarkah kalau kita makan pedas nanti si kecil bisa diare? terimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Dian indarti, selamat karena masih memberikan si kecil ASI hingga saat ini. ASI adalah nutrisi terbaik untuk si kecil. Tidak ada pengaruhnya lama menyusui dengan kualitas ASI. Pengkonsumsian makanan pedas selama dalam batasan wajar, tidak akan membuat si kecil diare ya Ma. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • rahel
    rahel
    Siang Mama, saya ibu menyusui usia si kecil baru satu bulan, anak saya lahir prematur sebelumnya. Sebelumnya Asi saya tidak keluar dan baru 3 minggu ini alhamdulilah sudah mulai keluar. Makanan apa ya ma yang bisa melancarkan asi selain mengkonsumsi daun katuk karena tiap hari mengkonsumsi katuk kadang bosan juga ya ma, Adakah makanan yang harus di pantang karena saya hobi sekali makanan pedas klo makanan tidak pedas kadang saya tidak berselera apakah berpengaruh ke asi saya. Apakah kualitas asi mempengaruhi kecerdasan seorang anak kemudian hari. makasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama diaz, selamat untuk kelahiran si kecilnya ya dan sudah dapat memberikan ASI. Untuk meningkat kualitas ASI perlu diperhatikan kembali untuk asupan dan pola makan Mama dengan mengkonsumsi nutrisi seimbang dan perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium serta konsumsi air putih 13 gelas/hari. Pada dasarnya tidak ada pantangan makanan selama menyusui selama tidak dikonsumsi secara berlebih. Boleh saja jika Mama ingin mengkonsumsi makanan pedas namun untuk tingkat kepedasan dan jumlahnya disesuaikan dengan kondisi Mama saat ini ya. Kecerdasan si kecil tidak hanya dipengaruhi dari kualitas ASI saja namun nutrisi, stimulasi, dan peran orang tua juga dapat menentukan kecerdasannya di kemudian hari. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mujiati
    Mujiati
    Saat ini saya hamil 7 bulan,

    1. Apa yang harus saya lakukan untuk persiapan menyusui agar ASI bernutrisi?

    2. Bagaimana mengetahui ASI berkualitas?

    3. Makanan/minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari?

    4. Apakah pijat ASI diperbolehkan?

    5. Perlukan minum susu formula untuk menyusui?
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Mujiati,

      1. Dalam mempersiapkan masa menyusui, Mama perlu Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium.

      2. Pada dasarnya semua ASI berkualitas. Dalam menyusui, yang terpeting perhatikan pengkonsumsian

      makanan dengan prinsip nutrisi seimbang ke dalam menu harian Mama, konsumsi susu Mama menyusui, konsumsi cairan 13 gelas/hari, hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil

      menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar.

      3. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat Mama menyusui, selama pengkonsumsian makanan atau minuman tersebut dalam batasan wajar dan tidak berlebihan.

      4. Mama bisa melakukan pijatan pada payudara untuk menstimulasi agar ASI yang diproduksi semakin banyak dan lancar.

      5. Pengkonsumsian susu di masa kehamilan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Mama, karena kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan Mama yang sedang menyusui. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nida Nuraeni
    Nida Nuraeni
    Selamat sore ma,, saya mau bertanya apa benar ada pantangan makanan bagi para busui? Apa saja pantangan nya dan makanan apa saja yg mampu mmbuat ASI brkualitas, apakah makanan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup untuk busui agar mndapatkan ASI brkualitas.?

    Dan jika busui konsumsi obat asma (teosal) apa akan berpengaruh pada pertumbuhan si kecil?

    Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Nida Nuraeni. Pada dasarnya tidak ada pantangan makanan selama menyusui selama tidak dikonsumsi secara berlebih. Mengkonsumsi makanan nutrisi seimbang saja memang tidak cukup untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, sebaiknya selama menyusui hindari stres, tetap berpikir positif, dan pentingnya dukungan dari suami, keluarga, dan juga teman serta konsumsi air putih 13 gelas/hari. Untuk konsumsi obat sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya Ma. Semoga membantu ya. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Wetty 'uut' Utaminingsih
    Wetty 'uut' Utaminingsih
    Siang Mama Budiarti,



    Saya sedang menyusui, anak saya baru berumur kurang lebih 2 bulan. Orang-orang saya banyak memberi tahu pantangan pada saya, antara lain

    1. Tidak diperbolehkan makanan bersantan karena akan membuat perut si kecil kembung

    2. Tidak boleh makan kacang-kacangan dengan alasan yang sama seperti no.1

    3. Tidak boleh makan buah-buahan yang asam seperti mangga dan jeruk

    4. Tidak boleh makan ikan-ikanan karena membuat ASI menjadi amis. Padahal saya kira ikan-ikanan justru baik untuk kualitas ASI



    Apakah pantangan-pantangan di atas benar?



    Terimakasih sebelumnya.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Wetty 'uut' Utaminingsih, wah selamat untuk kelahiran si kecilnya ya dan Ma masih memberikan ASI untuk si kecil saat ini. Pada dasarnya tidak ada pantangan makanan selama menyusui selama tidak dikonsumsi secara berlebih. Mengkonsumsi makanan bersantan dan buah-buahan yang asam tidak secara langsung berpengaruh terhadap pencernaan si kecil namun dikhawatirkan jika Mama mengkonsumsi secara berlebih akan mengalami gangguan pencernaan Mama seperti diare sehingga pemberian ASI pun akan terhambat. Mengkonsumsi kacang-kacangan dan ikan sangat disarankan karena mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • erlis suryani
    erlis suryani
    Selamat siang Mama Budiarti...

    Setelah melahirkan mamak mertua menyarankan saya untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas,bersantan dan berlemak.Apakah hal itu bisa di ikuti?Benar kah ada pantangan makanan disaat menyusui?

    Benarkah setiap makanan yang d konsumsi ibu saat menyusui akan berpengaruh pada ASI,juga bisa ikut di rasakan oleh bayi?Jika benar apa yang harus di lakukan?

    Apa saja kandungan Gizi pada ASI sehingga ASI di sebut2 asupan yang tepat untuk bayi 0-6 bulan?

    Minim nya pengetahuan penduduk di kampung saya tentang ASI sehingga bayi d usia 0-6 bulan sudah d beri makanan sampingan,seperti pisang atau bubur.Apa pengaruh/dampak yang akan terjadi pada bayi bila d beri makanan sampingan sejak dini? Terimakasih atas pencerahan nya mama Budiarti...
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Erlis Suryani, selamat karena masih memberikan ASI untuk si kecil. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat Mama menyusui, selama dalam batasan wajar dan tidak berlebihan. Makanan yang Mama makan tidak akan merubah rasa dari ASI itu sendiri. Di dalam ASI banyak mengandung vitamin dan mineral seperti, seng, kalsium, dan zat besi yang mudah diserap oleh si kecil. Kandungan tersebut juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil, sehingga ASI merupakan nutrisi terbaik untuk si kecil. Mengingat sistem pencernaan si kecil yang masih rentan, sebaiknya si kecil diberikan ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan, serta dilanjutkan dengan pemberian ASI dan MPASI hingga 2 tahun. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • pienky meliana
    pienky meliana
    ma, awal feb 2016 nti saya akan melahirkan anak ke 2..bagi tips nya donk supaya ASI bisa berlimpah karna wkt anak pertama ASI saya kurang shg sepulang dr RS lgs sambung sufor ? apa ada jenis makanan / minuman yg hrs dikonsumsi mendekati masa persalinan ? thx mom
    Percakapan
    • pienky meliana
      pienky meliana
      mom, saya mo bertanya...apakah ada ciri2 yg bisa membedakan mana ASI berkualitas
    • pienky meliana
      pienky meliana
      mom, apakah ada ciri2 yg mana ASI berkualitas
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama pienky meliana. Agar ASI Mama lancar setelah melahirkan perlu diperhatikan kembali untuk asupan dan pola makan Mama saat ini ya dengan mengkonsumsi nutrisi seimbang dan perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium serta konsumsi air putih 13 gelas/hari. Faktor lain yang dapat mendukung kelancaran ASI yaitu menghindari stres, cukup istirahat untuk menyimpan energi saat Mama persalinan nanti, dukungan dari suami, keluarga dan juga teman. Pada dasarnya semua ASI kualitasnya baik Mama namun yang mempengaruhi apakah ASI tersebut lancar atau tidak yaitu faktor nutrisi dan psikologi, jika Mama merasa sedih, stres, marah, terlalu banyak pikiran, dan terlalu capek ini dapat menghambat produksi ASI. Semoga membantu ya Ma dan semoga diberikan kelancaran saat persalinan nanti. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • fatqurokhim nur abadi
    fatqurokhim nur abadi
    Selamat siang mama...papa boleh bergabung jg kan...he...

    Saya hanya khawatir dg istri sy ,sedang menyusui anak kami berusia 2bl sedangkan dia tdk doyan susu dan agak pemilih makanannya,sy khawatir utk kedepannya dg kelancaran asinya ...berikan sy dan istri pencerahan,apa saja makanan yg boleh dan tidak utk ibu menyusui agar asi tetap lancar dan berkualitas,sebenarnya susu utk ibu menyusui apakah sangat berpengaruh thd kelancaran asi.terima kasih sebelumnya.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.