Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Stimulasi Otak dan Pertumbuhan Janin Selama Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat
    bagi 10 Mama terpilih pada Live Chat 14 Agustus 2015 bersama dr.
    Febriansyah Darus, SpOG. Segera kirim data diri ke inbox Facebook
    Fanpage Mama Care (nama lengkap, alamat, no. telepon) dan harap sebutkan
    Mama sebagai pemenang Live Chat 14 Agustus 2015

    Terima kasih untuk Mama yang sudah berpartisipasi, sampai bertemu di Live Chat berikutnya dengan tema menarik lainnya.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Terimakasih banyak atas penjelasannya Dokter, sangat membantu, menambah pengetahuan saya. Maaf baru reply, karena koneksinya DC terus dari tadi. Terimakasih banyak Dokter, terimakasih Mama Care
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Muflihatul Fuadah, ST
    Muflihatul Fuadah, ST
    Slmt siang Dokter Febriansyah Darus, Sp.OG. Dalam persepsi saya, pertumbuhan janin lebih kepada faktor makanan. Sehingga ketika nutrisi terpenuhi maka pertumbuhan janin pun tidak akan mengalami gangguan. Namun apakah benar persepsi saya tersebut? Mohon pencerahannya. Kemudian dalam hal stimulasi otak, saya lebih melihat dalam hal aktifitas fisik maupun kondisi psikis ibu hamil selama kehamilan. Sehingga yg ingin saya tanyakan ialah aktifitas apa saja yg sebaiknya ibu hamil lakukan untuk menstimulasi perkembangan otak janin agar nantinya bisa tumbuh optimal. Kemudian yg saya tanyakan, apakah kondisi psikis atau mood ibu hamil akan mempengaruhi mental janin ketika nanti kelak dilahirkan. Karena yg kita ketahui bersama bahwa ibu hamil lebih sering mengalami keluhan fisik yg akan membentuk mood atau mentalnya selama kehamilan. Apa yg sebaiknya dilakukan ibu hamil agar tidak mengalami mood buruk selama kehamilan. Terima kasih Dokter.
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Hi Mama Jeng Licha,

      Mohon maaf live chat ini sudah ditutup. Mama bisa bertanya pada Tanya Ahli di bit.ly/TanyaAhliLactamil atau hubungi Mama Care Lactamil di 0-800-1-600-600

      Terima Kasih :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Live Chat kali ini sudah ditutup ya, Ma. Bagi pertanyaan yang belum terjawab, mohon ditunggu pasti akan dijawab.Terima kasih atas pasrtisipasinya, sampai jumpa di Live Chat berikutnya dengan topik yang menarik lainnya. :)

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Septiyani
    Septiyani
    selamat siang dokter,
    sy mama hamil dengan putra 11 bulan, sy jg bekerja
    pekerjaan baru sangat menyita waktu, rutinitas sehari2pun sangat menyita waktu dan energi sampai2 terkadang lupa kalo sedang hamil pula, waktu luang yg ada biasany sy habiskan dengan si kakak yg lagi aktif2ny senang merambat dan belajar jalan, bagaimana carany menstimulasi otak dan pertumbuhan buat si dedek disela kesibukan sy setiap hari walau bagaimanapun sy ingin si dedekpun tetap cerdas dan sehat serta tumbuh dengan sempurna sampai saatnya lahir nanti tp tidak mengabaikan kakak yg masih butuh banyak perhatian.
    terimakasih sebelumnya
    salam
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Bundanya Ahza. Hal utama yang harus dilakukan Mama adalah mencukupi kebutuhan nutrisi janin selama masa kehamilan. Perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang kaya akan protein, DHA, asam amino, omega 3 dan omega 6. Sementara stimulasi eksternal dapat dilakukan dengan cara mengajak si janin berkomunikasi atau cara yang lebih simpel adalah mengikutsertakan kakak bercerita atau bermain dengan si adik yang masih berada di dalam kandungan. Biarkan si kakak bercanda dengan cara mengelus perut Mama dan bermain bersama si kakak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Unsa Saud
    Unsa Saud
    Good afternoon dr.Febriansyah Darus,SpOG
    Dok sejak usia kehamilan brp di lakukan menstimulasi otak janin dan dengan cara apa saja?
    Thank you so much
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Unsa. Stimulasi ekstrnal bisa dilakukan sejak usia kehamilan 20 minggu dengan cara mendengarkan musik, membacakan Ayat-ayat Suci, mengajak bayi bercerita sejak dini. Semoga membantu Ma :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • diyah fadiyah
    diyah fadiyah
    selamat siang dokter,

    waktu sy hamil, sy sering bicara sendiri dengan janin di perut saya dok. sy juga menyuruh suami dan keluarga sy untuk ikut bicara dengan janin di perut saya, tapi mereka tidak mau dok, katanya merasa aneh.

    sy juga sering menyanyi lagu anak2 sendirian dok, tapi orang di sekitar saya malah menganggap sy aneh. padahal wanita hamil butuh dukungan dari orang sekitarnya ya dok. gimana ya dok caranya supaya suami dan keluarga bisa mensupport saya menstimulasi otak dan pertumbuhan janin di perut sy itu

    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Diyahfadiyah. Apa yang Mama lakukan adalah hal yang benar. Memang kesannya aneh berbicara sendiri, tetapi ini penting untuk membantu stimulasi dari faktor eksternal. Untuk masalah suami dan keluarga, Mama bisa mengajaknya agar membaca Live Chat ini atau mengajak keluarga dan suami konsultasi ke dokter. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Alya rahmawati
    Alya rahmawati
    Siang menjelang sore dokter
    Saya mau tanya , apakah musik bisa menjadi stimulasi bagi otak anak dok? Saya sering mendengarkan musikĀ² klasik saat hamil. Lantas kalau baby sudah keluar stimulasi seperti apa yang baik untuk otaknya ? Saat hamil saya sering meminum vitamin untuk DHA. Sebenarnya itu dibutuhkan tidak ya dok ?
    Terimakasih atas jawaban nya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Alya. Mendengarkan musik adalah salah satu stimulasi eksternal yang bisa dilakukan oleh Mama. Jika bayi sudah keluar, bisa tetap dilakukan stimulasi dengan cara mengajak bayi berkomunikasi, mengajak bayi bercerita sejak dini, mengajarkan hal-hal tertentu, memberikan mainan yang bersifat mendidik, dll. DHA tentunya sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan sel-sel otak bayi. Semoga membantu ya :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • lia julianti
    lia julianti
    siang dokter.untuk menstimulasi otak janin bisa dengan cara apa saja ya?apakah ada makanan tertentu agar stimulasi ity bisa optimal?terima kasih dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Lia. Selain dengan nutrisi yang kaya DHA, asam amino, omega 3 dan omega 6, stimulasi bisa dilakukan sejak usia kehamilan 20 minggu ke atas dengan cara mendengarkan musik, mengajak bayi berbicara atau membacajan ayat suci al-quran untuk yang muslim. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Noviana
    Noviana
    Selamat siang dr.Febriansyah Darus, SpOG hampir sj sy ketinggalan live chat ini, sy hamil usia 32 mgg, yg ingin sy tanyakan, berdasarkan penelitian, lebih baik mana menstimulasi otak dan pertumbuhan janin dg memperdengarkan musik klasik atau dg memperdengarkan ayat suci al-qur'an? Terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Noviana. Kedua-duanya baik. Musik klasik memiliki irama-irama yang menenangkan, memiliki intonasi dan frequensi yang bervariasi untuk menstimulasi otak. Tetapi membacakan Al-Quran menurut sejumlah penelitian juga baik dilakukan dan membuat bayi menjadi lebih tenang. Selain itu, Mama bisa membacakan cerita-cerita tentang Nabi dan lain-lain atau dapat mengajarkan bayi berhitung dan lain-lain selama dalam perut. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.