Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Tips Gaya Hidup Untuk Kehamilan Sehat

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat bagi 10 pemenang, Mama dengan pertanyaan menarik pada?#‎LiveChat? 21 Mei 2015 bersama Ahli Gaya Hidup Mama Nadia Mulya. Segera kirim data diri ke inbox Facebook Fanpage Mama Care dan harap sebutkan Mama sebagai pemenang #LiveChat 21 Mei 2015.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Florencia Irena
    Florencia Irena
    Selamat Sore mama Nadia,
    Bagaimana cara menjaga kesahatan tubuh jika sedang ingin hamil? Karena kebetulan saya terkadang bekerja sampai malam (lembur).

    thankyou
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Flo,

      Terima kasih atas pertanyaannya. Namun, Live Chat kali ini sudah ditutup, ya. Mama bisa bertanya langsung dengan Mama Care Lactamil di 0-800-1-600-600 atau bisa bergabung kembali dalam Live Chat selanjutnya.

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Terima kasih banyak atas partisipasi Mama di Live Chat bersama Ahli Gaya Hidup Mama Nadia Mulya. Saat ini sesi live chat ini resmi ditutup. 

    Mama, jika ingin bertemu dan konsultasi lebih lanjut, akan ada sesi Temu Ahli bersama Para Ahli dari Lactamil. Mama bisa berbagi pengalaman kehamilan dan mengenal lebih dekat dengan Para Ahli Mama Care
    Caranya cukup mudah :
    1. Daftar secara online di bit.ly/TemuAhli
    2. Tukar kode unik dalam kemasan Lactamil di bit.ly/LactamilReward. Jika Mama sudah pernah menukarkan kode unik sebelumnya, Mama sudah berkesempatan bertemu dengan salah satu Ahli Mamacare.
    3. Tunggu pengumuman siapa Mama yang beruntung.

    Tempat terbatas! Acara ini hanya berlaku untuk Mama di wilayah Jabodetabek. 

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • lita rahmalani
    lita rahmalani
    Selamat siang mama NAdia.. .
    Usia kehamilan saya memasuki 26minggu.....dan akhir akhir ini tidur malam saya sering terganggu dng nyeri yg luar biasa dibagian betis....rasanya seperti urat betisnya itu ditarik tarik....apa itu ada pengaruhnya dng aktifitas saya yg kebanyakan duduk ??
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Lita,

      Betis kram memang merupakan hal yang biasa. Selain peredaran darah terutama di bagian bawah tubuh tidak lancar, tubuh Mama hamil juga mengandung 40% lebih banyak darah sehingga sirkulasinya lebih pelan. Ditambah dengan kaki harus menyangga tubuh yang semakin berat dan kurangnya olahraga.

      Yang dapat Mama lakukan adalah sering melakukan streteching sebelum tidur dan setelah bangun dengan mengarahkan telapak kaki kea rah Mama kemudian menjauh dari Mama (point seperti penari balet) kemudian memutar-mutar pergelangan kaki. Tidur dengan kaki disangga bantal atau guling sehingga sirkulasi darah lancar. Dan biasakan saat “ngulet”, jangan terlalu meregangkan betis.

      Terlalu banyak duduk saat sedang bekerja juga tidak baik. Biasakan setiap satu jam berdiri dan berjalan keliling ruangan dan lakukan gerakan peregangan. Jangan biasakan duduk dengan menyilangkan kaki atau menekuk kaki.

      Semoga membantu ya Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Natassya Valens
    Natassya Valens
    Halo Mama Nadia, saya ingin bertanya gimana melewati morning sickness yang berlebihan? padahal harus bekerja setiap hari bahkan kadang lembur. thankyou
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Natassya
      Sebenarnya semua kehamilan itu unik. Bisa saja Mama mengalami mornig sickness hebat pada kehamilan pertama, tetapi hamil kebo ( tidak merasakan gejala mual ) pada kehamilan berikutnya, atau sebaliknya. Bila memang mengalami morning sickness, Mama harus menyiasati agar semua kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Salah satu caranya adalah dengan makan sedikit tapi sering dan jangan pernah membiarkan perut dalam kondisi kosong, kerena justru akan membuat asam lambung naik dan semakin merasa mual. Salah satu syarat nutrisi yang baik adalah bervariasi / beragam. Jadi Mama harus sering mengganti menu makan, jangan hanya nasi dan ikan seadanya saja. Cobalah bereksperimen dengan roti isi, kentang dipanggang, selada buah, rujak, dan lain-lain. Mama juga harus minum multivitamin yang di resepkan Dokter, karena mungkin Dokter melihat gejala kurang mendapatkan nutrisi yang cukup. Jangan khawatir Ma, biasanya bulan 4 keatas morning sickness berangsur hilang, sehingga lebih mudah untuk makan-makanan yang baik bagi kehamilan seperti susu kehamilan. Sabar ya Mama Natassya, semoga seiring bertambahnya usia kehamilan rasa mual dan lelah berangsur hilang. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • lita rahmalani
    lita rahmalani
    Selamat siang mama Nadia...
    Usia kehamilan saya sudah memasuki 26 minggu...BB sa!
    Gaya hidup seperti apa yg harus saya lakukan diusia kehamilan segitu... ?
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Lita     
      Diusia kehamilan 26 minggu, seharusnya tubuh Mama sudah merasa jauh lebih nyaman dengan berbagai perubahannya. Sehingga Mama bisa lebihleluasa beraktifitas termasuk berolahraga.     
      Gaya hidup dapat diklasifikasi ke: nutrisi, olahraga, istirahat dan lingkungan. Dari segi nutrisi, Mama harus banyak makan makanan bergizi, alami (atau melalui proses seminimal mungkin. Makanya hindari makanan instan dan kalengan. Buah dan sayur segar adalah yang terbaik, tapi cuci dengan bersih ya), bervariasi (sering selang seling makanan agar semua mikronutrisi terpenuhi), dan bebas kimia (MSG, pengawet, pewarna, dll. Makanya lebih baik masak sendiri jadi Mama tahu betul kandungan di dalam makanan Mama), dan perbanyak air putih dibandingkan minuman kemasan manis. Ini sih semua panduan dasar makanan dalam kondisi apapun (bukan sekedar saat hamil). Bedanya kalau hamil, ada beberapa makanan yang perlu dihindari. Makanan yang berpotensi membuat sembelit (Mama hamil kan gerak ususnya lebih lambat jadi akan lebih sering mengalami sembelit. Hindari/ makanan karbohidrat simpleks seperti nasi/roti putih atau makanan yang membuat “panas” seperti durian dan tape, dan perbanyak serat alami seperti sayur dan buah), makanan dengan kandungan metal (seperti ikan laut/seafood), makanan yang dapat membuat sakit perut kemudian diare dan dehidrasi (makanan yang tidak dimasak dengan sempurna – ingat, Mama hanya boleh makan yang sudah dimasak dengan matang! – makanan yang tidak dibersihkan dengan baik atau berkualitas rendah), dan makanan yang mengandung bakteri atau kuman, seperti keju lembek, yoghurt, dan jajanan kaki lima.
      Untuk olahraga, selama kehamilan Mama dianggap oleh dokter normal (Mama tidak mengalami hipertensi, riwayat keguguran, abnormalitas rahim, kehamilan ganda dan kehamilan beresiko) maka berolahraga itu boleh, bahkan dianjurkan. Tetapi pilih olahraga low impact yang tidak mengundang resiko cidera apalagi pada perut, seperti menghindari sepeda, tenis, basket, dan contact sport lainnya. Bagi para pelari, sebaiknya empat bulan pertama berjalan cepat saja atau menggunakan treadmill dengan kecepatan pelan tetapi inklasi tinggi (menanjak). Nanti setelah empat bulan bila pelekatan dan posisi janin baik, Mama boleh kembali berlari pelan. Tetapi secara sadar, hindarilah gerakan yg melompat- lompat. Olahraga justru akan membantu Mama tidur lelap di malam hari; padahal tidur nyenyak menjadi yang sulit bagi Mama apalagi dengan semakin membesarnya kehamilan.
      Untuk istirahat, akan semakin sulit seiring dengan kehamilan. Di trimester awal, puas-puasin tidur tengkurep! Nanti masih bisa kok Mama dengan ganjalan bantal dan guling. Intinya carilah posisi senyaman mungkin dan buat suasana menjelang tidur sesantai mungkin. Biasakan saat memasuki jam tidur, suasana sudah gelap, tidak ada gangguan dari TV atau HP, pasanglah alunan lagu klasik atau instrumental, pasang wewangian yang menenangkan seperti lavender atau rose, dan buatlah minuman favorit seperti segelas susu coklat hangat atau secangkir teh chamomile. Jangan minum terlalu banyak ya Ma agar tidak terbangun untuk bolak balik buang air kecil.
      Untuk lingkungan maksudnya adalah suasana yang mendukung untuk Mama. Mama hamil mengalami perubahan bukan sekedar perubahan fisik saja, tetapi perubahan mental. Mungkin menjadi mudah murung, sensitif, gampang menangis atau kesal. Mama sebaiknya Mama dikelilingi oleh hal positif yang membuat senang. Take it easy. Kurangi pekerjaan di kantor dengan mendelegasi kepada rekan lain. Jangan mau melakukan terlalu banyak pekerjaan sekaligus. Jangan terlalu stress dengan segala sesuatu. Mama kan tentunya ingin membiasakan bayi dengan aura dan pikiran positif. Selain itu, lingkungan juga harus bersih dari segala jenis polusi. Jauhitempat dimana ada asap rokok, bising membuat pusing, dan perbanyak menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari pagi. Boleh lho Mama rencanakan libur berdua dengan suami alias “babymoon” sebelum menyambut kehadiran si kecil. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Aris Setiadi
    Aris Setiadi
    Siang mama nadia, kaka saya sedang hamil 4 bulan, dia juga bekerja dan akhir-akhir ini sering mengeluh lelah. Gimana ya tips agar dia tidak mudah capek. Kasian soalnya. Terima kasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Aris,

      Wah kamu adik yang sangat perhatian Saya coba jawab ya.

      Memang lelah adalah salah satu gejala kehamilan. Saat tubuh sedang mengakomodir rahim dan janin yang kian hari kian membesar, ternyata memakan banyak energi lho. Selain itu tubuh juga sedang beradaptasi dengan perubahan hormon, jumlah volume darah, dan perubahan fisiologis lainnya.

      Sebenarnya bekerja itu, walau melelahkan, diperlukan selama kehamilan, karena membuat Mama senantiasa aktif dan berpikiran positif. Tubuh yang aktif diperlukan terutama saat proses persalinan nanti dan akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu rutinitas dan bersosialisasi akan membuat Mama hamil terdorong untuk berpenampilan rapih. Hanya saja pastikan pekerjaannya adalah sesuatu yang kakak kamu enjoy lakukan. Karena rasa “enjoy” itu menghasilkan hormon endorfin yang baik untuk Mama dan janin.

      Agar tidak mudah capai, pastikan ia bisa tidur sejenak (nap) di sela-sela kegiatannya di kantor. Bawakan bantal yang nyaman. Hanya butuh 20-30 menit deep sleep atau tidur berkualitas agar badan langsung merasa recharged dan fresh. Selain itu pastikan ia dapat beristirahat berkualitas di malam hari. Buat suasana menjelang tidur sesantai mungkin. Biasakan saat memasuki jam tidur, suasana sudah gelap, tidak ada gangguan dari TV atau HP, pasanglah alunan lagu klasik atau instrumental, pasang wewangian yang menenangkan seperti lavender atau rose, dan buatlah minuman favorit seperti segelas susu coklat hangat atau secangkir teh chamomile. Jangan minum terlalu banyak ya agar tidak terbangun untuk bolak balik buang air kecil.

      Semoga dapat membantu kehamilan kakakmu. Salam ya.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ellis suryani
    Ellis suryani
    Selamat siang mama Nadia.Mau brtanya ni,apakah ibu hamil d larang memotong rambut atau pergi k salon?bukan nya sebagai istri kita hatus memberikan peanampilan yg sempurna pada pasangan?terimakasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Lilis,

      Itu mitos kok. Tidak ada pantangan dalam memotong rambut. Betul sekali bahwa sebagai istri kita harus senantiasa tampil rapih di mata pasangan. Hamil bukanlah alasan untuk tampil awut-awutan kan ya.

      Sebenarnya, memotong rambut baiknya dilakukan setelah kelahiran. Karena justru pada saat kehamilan, rambut sedang sehat-sehatnya akibat tingginya hormon estrogen. Saat kehamilan sebaiknya Mama rajin merawat rambut ke salon untuk mengantisipasi momen hormon kembali normal (biasanya 4 bulan setelah persalinan) dan mengalami kerontokan. Saat rontok itulah sebaiknya dipotong agar rambut tidak terlalu “berat”.

      Semoga terjawab ya Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Nur Wulan Dari
    Nur Wulan Dari
    siang mama nadia, gimana ya menjaga kehamilan tetap sehat tapi berat badan tetap terjaga? Soalnya saya agak susah mengontrol nafsu makan yang meningkat saat hamil Terima kasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Nur,

      Wah sama problemnya seperti saya, hehehe. Karena setiap hamil saya tidak pernah merasakan mual, maka tidak pernah ada kendala dalam makan.

      Sebenarnya jangan terlalu dirisaukan Ma. Tidak apa kuantitas banyak, selama kualitasnya baik. Yang saya lakukan adalah mengalihkan keinginan makan itu dengan makanan yang sehat seperti buah (saat ini sedang makan rujak), sayur, dan camilan yang sehat. Kalau tergoda makanan yang high kolesterol, saya harus “bernegosiasi” dengan diri sendiri bahwa itu akan membawa lebih banyak problem daripada sekedar berat badan naik, seperti justru kolesterol naik dan lemak tidak sehat menumpuk di badan.

      Agar berat badan terjaga, Mama harus mengimbangi penambahan input kalori dengan pembakaran, alias olahraga.

      Untuk olahraga, selama kehamilan Mama dianggap oleh dokter normal (Mama tidak mengalami hipertensi, riwayat keguguran, abnormalitas rahim, kehamilan ganda dan kehamilan beresiko) maka berolahraga itu boleh, bahkan dianjurkan. Tetapi pilih olahraga low impact yang tidak mengundang resiko cidera apalagi pada perut, seperti menghindari sepeda, tenis, basket, dan contact sport lainnya. Bagi para pelari, sebaiknya empat bulan pertama berjalan cepat saja atau menggunakan treadmill dengan kecepatan pelan tetapi inklasi tinggi (menanjak). Nanti setelah empat bulan bila pelekatan dan posisi janin baik, Mama boleh kembali berlari pelan. Tetapi secara sadar, hindarilah gerakan yg melompat-lompat. Olahraga justru akan membantu Mama tidur lelap di malam hari; padahal tidur nyenyak menjadi yang sulit bagi Mama apalagi dengan semakin membesarnya kehamilan.

      Yang penting Mama mengunyah secara sadar dan aktif bergerak setiap harinya.

      Semoga terjawab ya Ma!

    • Live Chat sudah selesai.

  • putri driyan
    putri driyan
    Selamat siang Mama Nadia Mulya, Saya mau bertanya apakah benar jika Mood Swing Yang tidak wajar yang dialami ibu hamil bisa berdampak kepada janin yang dikandung? Selama kehamilan saya sering merasakan emosi saya berubah-ubah kadang saya suka marah-marah padahal karena hal sepele, lalu dulunya saya paling suka sekali minum kopi sampai sekarang juga masih suka walaupun hanya setengah gelas saya minum saat mual-mual setelah minum kopi mual saya hilang kata orang-orang saat hamil tidak boleh minum kopi dan bisa membahayakan janin tapi saya tidak pernah merasakan kelainan atau hal-hal aneh Apakah seperti itu Mama Nadya Kopi bisa membahayakan Janin? Lalu Apa yang saya harus lakukan agar saya memiliki Gaya Hidup Sehat Saat Kehamilan ?. Terimakasih Mama Nadya Mulya dan Mama Care :)
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Putri,

      Salah satu gejala kehamilan adalah mood swing atau perubahan suasana hati. Mama menjadi lebih sensitif, mudah tersentuh dan mudah marah. Ini hal wajar kok Ma, terima saja tetapi juga coba diatasi secara sadar. Yaitu coba selalu untuk berpikiran positif. Caranya adalah kelilingi diri dengan hal dan kegiatan positif. Ruangan kantor atau kamar tidur harus dibuat semenyenangkan mungkin, misal dengan wangi-wangian. Juga jangan terlalu serius atau tegang menyikapi permasalahan. Segala sesuatu bisa dibicarakan, jadi kehamilan adalah momen tepat untuk mempererat silaturahmi dengan sesama sahabat wanita.

      Jika ngopi adalah salah satu “mood booster”, lakukan saja Ma. Tidak apa kok Mama hamil minum kopi. Saya juga rutin minum kopi, hanya saja takarannya saya kurangi dari sehari 3x menjadi hanya 1x. Atau bisa memilih kopi yang  dicampur dengan banyak susu seperti latte atau cafĂ© au lait, atau pilih yang decaffeinated.

      Take it easy ya Ma, dan kapanpun ingin bertanya atau sekedar curhat bisa menghubungi Mama Care careline.

    • Live Chat sudah selesai.