Sebelumnya kami sudah membahas tentang nutrisi yang Ibu perlukan selama masa kehamilan. Tapi untuk lebih jelasnya, kami memaparkan contoh 10 makanan yang paling baik untuk Ibu konsumsi selama kehamilan:

1. Telur. 

Kandungan gizi telur sangatlah banyak. Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein. Padahal kalori telur hanyalah 90 kalori saja. Selain itu, telur sangat mudah didapatkan, mudah dimasak dengan berbagai variasi, dan murah. Jadi bila Ibu sedang tidak sempat menyiapkan makanan yang rumit, telur bisa jadi pilihan tepat

 2. Salmon. 

Salmon mengandung banyak protein dan merupakan sumber utama Omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Selain itu, tidak seperti beberapa jenis ikan lainnya, salmon hanya mengandung sedikit jumlah methylmercury, bahan kimia yang bisa membahayakan perkembangan sistem syaraf janin.

3. Kacang-kacangan. 

Kacang-kacangan mengandung serat dan protein yang paling tinggi bila dibandingkan dengan sayuran lainnya. Serat yang dikandung kacang juga sangat penting untuk mencegah sembelit.

4. Ubi jalar. 

Ubi jalar memiliki warna daging yang oranye karena mengandung karetenoid, pigmen pada tanaman yang dalam tubuh kita diubah menjadi vitamin A. Selain Ubi Jalar, Labu juga menjadi pilihan karena kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat.

5. Makanan yang terbuat dari gandum utuh. 

Gandum utuh sangat penting untuk masa kehamilan karena kaya serat dan nutrisi, termasuk vitamin E dan selenium. Oatmeal ataupun roti gandum bisa jadi sumber utama untuk Ibu.

6. Kacang Kenari. 

Bila Ibu tidak menyukai ikan atau telur, Ibu bisa mencoba kacang kenari, yang menjadi sumber utama Omega 3.

7. Yogurt. 

Yogurt kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Bila Ibu tidak mengonsumsi kalsium yang cukup selama masa kehamilan, kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang janin akan diambil dari tubuh Ibu lho.

8. Sayuran berdaun gelap. 

Sayuran berdaun gelap seperti Bayam kaya akan vitamin, termasuk vitamin A, C, K, zat besi serta asam folat. Selain itu sayuran ini juga penting untuk kesehatan mata dan pembentukan sel darah merah.

9. Daging tanpa lemak. 

Daging adalah sumber protein yang tinggi. Pilih daging yang lemaknya sudah dikurangi (lean meat).

 10. Sayuran dan buah yang berwarna. 

Memakan variasi sayuran hijau, merah, oranye, kuning, ungu, dan putih memastikan Ibu dan janin mendapatkan nutrisi yang bervariasi, karena setiap kelompok makanan berwarna mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda.

Variasikan makanan Ibu setiap hari untuk memastikan Ibu mendapatkan variasi nutrisi yang berbeda juga. Selain itu, Ibu juga pasti akan lebih tidak gampang bosan bila makanan yang Ibu konsumsi bervariasi, kan?

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan Modern (Dr. Miriam Stoppard)

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+