Oleh Yona Shelly, S Gz.

Pada awal kehamilan, Ibu hamil biasanya masih sering merasakan mual muntah yang membuat Ibu tidak mood untuk makan. Namun Ibu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan ‘mood’ dan terbukti juga meningkatkan suasana hati Ibu  menjadi lebih baik.

Karena selama kehamilan, Ibu membutuhkan nutrisi yang baik untuk si kecil yang masih berada di dalam kandungan. Nah, berikut beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan Ibu selama hamil yang dapat meningkatkan mood

1. Roti Gandum

?Karbohidrat rendah glycaemic adalah pilihan  penting untuk membantu mengatur kadar glukosa darah. Dengan mengatur kadar glukosa dalam tubuh akan membantu menjaga energi dan suasana hati.

2. Dark Cokelat

Dark Cokelat mengandung antioksidan, flavonois dan fenolik phytochemical yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan penambah mood.

3. Kacang-kacangan dan polong-polongan

Kacang  kedelai mempunyai banyak sekali manfaat. Makanan ini mengandung karbohidrat yang lambat di cerna oleh tubuh, sehingga baik untuk suasana hati. Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari asam lemak , omega 3, dan selenium yang membantu mengurangi depresi dan meningkatkan mood Ibu selama kehamilan.

4. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt bersifat meningkatkan secara alami dan dikenal sebagai penguat mood. Minum susu ditambah sereal sebagai sarapan pun telah terbukti menurunkan frustasi dan kecemasan pada Ibu hamil.

5. Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan, tiram, kerang, kepiting kaya akan asam lemak essensial dan omega 3. Makanan ini juga mengandung selenium yang dapat berfungsi penambah suasana hati. Menurut penelitian, selenium memiliki sifat anti depresan dan hal tersbut sangat baik bagi Ibu hamil.

Dari beberapa makanan di atas, Ibu  bisa memvariasikan makanan sehari-hari nya. Selain itu, Ibu pun bisa mengkombinasikan antara bahan-bahan tersebut. Makanan yang bervariasi dan kaya akan nutrisi semakin membuat Ibu semangat untuk makan, terlebih lagi makanan dan nutrisi tersebut untuk kepentingan si kecil yang masih di dalam kandungan.  

Selamat mencoba Ma..

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+