Sewaktu buah hati Ibu masih bayi, ASI bisa diandalkan untuk menjadi sumber gizinya. Tapi saat anak sudah tumbuh besar, sumber asupan nutrisi utama untuk pertumbuhan pastinya adalah Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang penuh gizi.

Bila Ibu adalah Ibu bekerja yang tidak bisa memperhatikan langsung kebiasaan makan si kecil, pastikan saja si kecil mau mengkonsumsi paling tidak salah satu dari 7 makanan super berikut ini:

  1. Alpukat. Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang bisa membahayakan jantung. Alpukat juga merupakan sumber serat yang menstabilkan kadar gula darah, dan sumber vitamin E yang melindungi sel tubuh Ibu dan si kecil dari radikal bebas.
  2. Blueberry. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, Blueberry dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan daya ingat, dan mencegah jenis kanker tertentu.
  3. Gandum. Selain membantu stabilitas kadar gula dalam darah, Gandum juga bahan makanan yang kaya akan serat
  4. Salmon. Tak hanya kaya protein, ikan Salmon juga mengandung omega 3 yang mengurangi resiko sakit jantung
  5. Bayam.  Kaya akan zat besi, kalsium, Asam Folat, vitamin A dan C, Bayam sangat baik untuk perkembangan tulang dan otak
  6. Ubi jalar. Ubi jalar kaya akan vitamin B, C, E, kalsium, potassium, zat besi, karbohidrat, dan serat, sehingga menjaga pencernaan tetap sehat.
  7. Yoghurt. Bahan makanan yang berasal dari susu fermentasi ini kaya akan kalsium dan protein, sehingga sangat baik untuk pencernaan dan membantu melawan bakteri buruk dalam perut. Sebaiknya Ibu membeli yoghurt tanpa rasa dan menambahkan buah-buahan segar ke dalam yoghurt tersebut.

7 makanan ini adalah 7 makanan super alias super foods yang sangat baik untuk perkembangan si kecil. Bila si kecil termasuk anak yang pemilih dalam hal makanan, temukan makanan pengganti yang divariasikan dengan 7 makanan super ini sehingga makannya bisa semakin lahap.

Semoga si kecil akan terus tumbuh sebagai anak yang sehat.

 

Sumber: www.babycenter.com

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+