Kekurangan gizi apalagi saat menyusui akan menimbulkan gangguan kesehatan, baik pada Ibu maupun si kecil. Biasanya gangguan ini akan menyebabkan bayi mudah sakit dan terkena infeksi.

Beberapa hal yang dapat Ibu pelajari

  • Jadikanlah diri Ibu sebagai ahli efisiensi, yaitu memilih makanan bergizi tapi tidak mahal dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi.
  • Mengkonsumsi makanan yang bersifat alami, yaitu menghindari makanan olahan yang biasanya telah banyak kehilangan nilai gizinya dan akan mempengaruhi nilai gizi air susu. Hindari juga penyedap atau MSG.
  • Menjadikan kebiasaan makan yang baik dan sehat sebagai kebiasaan keluarga, tidak minum minuman yang beralkohol, menggunakan obat-obatan tanpa seizin dokter, kafein, atau merokok.
  • Jika Ibu merasa kelaparan, si kecil pun akan merasakan hal yang sama, jadi jangan lewatkan jam makan ya.
  • Banyak-banyak minum air putih agar Ibu tidak dehidrasi dan produksi ASI jadi lancar.
  • Mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menghasilkan air susu yang baik, secara kualitas atau kuantitas dan mempercepat kondisi setelah melahirkan, jadi jangan lupa untuk membuat setiap gigitan makanan tersebut berarti untuk Ibu. Sayuran hijau seperti daun Katuk terbukti bermanfaat dalam memperlancar produksi ASI.
  • Memilih makanan yang mengandung kalori sesuai dengan kebutuhan karena semua kalori tidak diciptakan setara. Kalori yang berasal dari gula kurang bermanfaat, kurangi konsumsi makanan yang manis karena hanya akan menimbulkan masalah kesehatan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan Modern (Dr. Miriam Stoppard)  

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+