Belakangan ini, produk baru untuk bayi mulai banyak dikenal di Indonesia: cloth diaper. Cloth diaper (clodi) adalah popok modern yang merupakan gabungan antara popok sekali pakai dengan popok kain, karena clodi bisa dicuci setelah dipakai tapi tidak langsung bocor seperti popok kain bila bayi buang air kecil atau besar. Apa saja kelebihan dan kekurangan clodi bila dibandingkan popok sekali pakai?

Kelebihan:

  1. Secara garis besar, clodi lebih hemat daripada popok sekali pakai. Harga clodi bervariasi antara Rp 80.000,- (clodi lokal atau buatan Cina) sampai Rp 350.000,- (impor) per buah. Tapi Ibu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli clodi di awal saja, karena clodi umumnya bisa dipakai dari sejak bayi baru lahir sampai anak dengan berat sekitar 15-16 kg. Selain itu, bila si kecil sudah cukup besar, clodi bisa disimpan untuk digunakan lagi oleh adik si kecil suatu hari nanti.
  2. Clodi lebih ramah lingkungan karena membantu mengurangi sampah popok sekali pakai
  3. Resiko bayi terkena ruam popok lebih kecil, karena clodi diganti lebih sering daripada popok sekali pakai. Selain itu, si kecil yang alergi terhadap bahan gel pada popok sekali pakai akan lebih aman dan nyaman saat memakai clodi
  4. Tampil lebih gaya dengan clodi. Popok modern ini sudah hadir dengan berbagai pilihan warna dan motif, sehingga tak perlu lagi tampil dengan popok kain warna putih biasa ataupun popok sekali pakai.

 Kekurangan:

  1. Clodi harus lebih sering diganti daripada popok sekali pakai, sehingga agak kurang praktis bila dipakai saat Ibu dan si kecil sedang bepergian.
  2. Perawatan cloth diaper agak sedikit lebih rumit daripada popok kain. Kalau dilihat dari penjabaran di atas, kekurangan clodi hanya terletak pada kurang praktisnya produk ini. Tapi kelebihannya jelas lebih banyak daripada kekurangannya. Selamat mencoba clodi, Ibu.

 

Sumber:

  • pengalaman Ibu Zara Zestya, Ibu 1 orang putri usia 2 tahun
  • Buku Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan Modern (Dr. Miriam Stoppard)    
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+