Metode mendidik anak dengan keras memiliki dampak yang beragam.

Metode mendidik anak dengan keras mempunyai efek positif dan negatif. Sebaiknya Ayah memahami dulu apa saja kemungkinan yang terjadi jika menjadi orang tua yang keras.

Disiplin

Anak Ayah akan memahami dengan cepat apa yang memuaskan atau tidak di depan mata Ayah, apabila Ayah sudah menetapkan ekspektasi Ayah dengan jelas terhadap anak Ayah. Dengan membesarkan anak Ayah dengan keras Ayah akan dapat membuat anak Ayah disiplin. Hal ini akan berpengaruh dengan bagaimana dia akan bersikap dengan Ayah, berpengaruh terhadap kegiatan sekolah, bersosialisasi dengan teman, dan akhirnya akan mempengaruhi karirnya juga kelak. Jika Ayah mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap anak Ayah maka metode mendidik anak dengan keras akan membuahkan hasil.

Memberontak

Tidak semua anak dapat merespon baik peraturan keras yang diterapkan di rumah. Jika anak Ayah tidak terbiasa disiplin atau lebih suka menggunakan keputusannya sendiri, dia akan memberontak. Sifat memberontak itu akan terjadi secara terus-menerus, terutama jika anak Ayah sudah menempatkan diri dalam posisi oposisi. Sebagai Ayah, perhatikan sifat anak Ayah, jika anak Ayah mempunyai sifat memberontak, maka cara mendidik yang ketat dan keras akan membuat situasi semakin buruk.

Konsistensi

Beberapa anak membutuhkan peraturan dan konsistensi untuk dapat berkembang dengan baik. Jika Ayah memilih untuk mendidik anak Ayah dengan keras dan ketat, anak Ayah akan memahami apa yang Ayah harapkan dan akan merasa lebih aman karena dapat memperkirakan apa reaksi Ayah. Peraturan memang cukup sulit untuk diikuti oleh seorang anak, tetapi jika anak Ayah membutuhkan konsistensi akan peraturan dan hukuman, maka metode yang ketat dan keras merupakan pilihan yang cocok untuk Ayah dan anak Ayah.

Reaksi Sosial

Metode mendidik anak memang merupakan hal pribadi antara Ayah, pasangan, dan anak itu sendiri. Tetapi menggunakan metode yang ketat dan keras dapat terlihat “menyiksa” bagi orang luar yang memperhatikan hubungan Ayah dan anak Ayah. Jika Ayah membuat peraturan yang mempengaruhi pandangan orang luar terhadap anak Ayah, bersiap-siaplah akan opini atau reaksi sosial dari lingkungan sekitar.

Ayah, pasangan dan anak harus berdiskusi mengenai pilihan metode ini, dan cari jalan keluar terbaik untuk keluarga Ayah.

Source: http://www.livestrong.com/article/523693-the-effects-of-strict-parents/  

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+