Pernahkah Anda mencoba mencari penjelasan lebih rinci dari dokter kandungan  mengenai tabel-tabel dan angka-angka yang terdapat pada print out hasil USG Anda? Selama ini mungkin hanya sekelumit saja yang Anda tahu, itupun dari penjelasan dokter Anda.

Umumnya, saat dokter mengatakan bayi  Anda dalam keadaan sehat dan normal, itu sudah lebih dari cukup bagi anda, berikut jenis kelamin bayi Anda tentunya. Hal tersebut membuyarkan rasa penasaran dan rasa bingung Anda mengenai apa isi sebenarnya pada tulisan-tulisan yang tertera di print out tersebut.

Bermacam-macam pengukuran yang muncul pada hasil USG Anda memang hanya dokter yang dapat membacanya, hal ini memang tidak diperuntukkan untuk orang awam. Namun tidak ada salahnya jika kita juga dapat mengerti istilah-istilahnya.

Istilah-istilah dalam USG (directory untuk masa kehamilan)

  1. Beberapa istilah yang terdapat pada hasil USG :
  2. LMP (last menstrual period):  hari pertama haid terakhir.
  3. EDD (LMP): perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi.
  4. GA (Gestational Age): perkiraan umur kehamilan, pengukurannya berdasarkan pada panjang tungkai lengan, ataupun diameter kepala.
  5. BPD (Biparietal diameter): ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga.
  6. HC (Head Circumferencial): lingkaran kepala. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan di trimester dua atau tiga.
  7. AC (Abdominal Circumferencial): ukuran lingkaran perut bayi. Biasanya pengukurannya disatukan dengan pengukuran BPD dan akan menghasilkan perkiraan berat bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
  8. FL (Femur Length): ukuran panjang tulang paha bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
  9. FW (Fetal Weight): berat janin.
  10. EFW (Estimation Fetal Weight): perkiraan berat bayi.
  11. FTA (Fetal Trunk Abdominal): merupakan panjang badan.
  12. GS (Gestasional Sac): merupakan ukuran kantong kehamilan berupa bulatan hitam. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester pertama.
  13. CRL (Crown Rump Length): ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan trimester pertama.
  14. F-HR (Fetal Heart Rate): frekuensi jantung bayi.

 

Hal-hal yang terkait dalam pemeriksaan USG

  • Konfirmasi kehamilan.
  • Mengetahui usia kehamilan
  • Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan
  • Masalah dengan plasenta
  • Kehamilan tunggal atau kembar
  • Mengukur cairan ketuban
  • Kelainan pada janin.
  • Mengetahui jenis kelamin bayi.

 

MENGENAL Macam-macam USG

  USG 2 Dimensi USG 3 Dimensi USG 4 Dimensi
Gambar Yang Terlihat Bayi dari 1 sisi Bayi secara keseluruhan Bayi secara keseluruhan dan bergerak
Apa Yang Diketahui? Kelainan bawaan (biasanya hanya dimengerti oleh dokter kandungan / bidan) Kelainan bawaan seperti jantung, bibir, tulang, plasenta, alat kelamin (biasanya bisa langsung diketahui dan dilihat oleh calon orangtua) Sama seperti 3 dimensi namun kelainan dapat terlihat lebih jelas dari 3 dimensi
Usia Kehamilan Untuk USG Dapat dilakukan sepanjang masa kehamilan Dapat dilakukan sepanjang masa kehamilan, namun dianjurkan pada usia janin 28-34 minggu agar calon orangtua lebih puas dengan hasil USG, ukuran janin tidak terlalu kecil / tidak terlalu besar Dapat dilakukan sepanjang masa kehamilan, namun pada usia 20 minggu sudah bisa jelas terlihat
Lama Pemeriksaan USG 15 – 20 menit, karena hanya satu sisi dan hanya tenaga medis yang mengerti 15 – 30 menit, karena dapat melihat secara keseluruhan 15 – 45 menit, karena gambar lebih bergerak dan lebih leluasa untuk mengetahui banyak hal dari USG tersebut
Bentuk Penyimpanan Dicetak seperti foto Dicetak seperti foto dan dapat disimpan dalam CD ROM Dapat disimpan dalam CD ROM dengan gambar seperti video

Sumber: Buku Kehamilan dan Persalinan. (Dini Kasdu, Mila Meiliasari, Retno Purwaningsih - 3G Publisher)

 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+