Melarang adalah salah satu bentuk kekhawatiran Ibu terhadap Si Kecil, tetapi cara Ibu dan Ayah untuk melarangnya dapat mempengaruhi sikapnya dikemudian hari. Oleh sebab itu Ibu perlu untuk memilih cara yang tepat untuk menolak permintaan Si Kecil ataupun untuk melarangnya.

Si Kecil pada dasarnya tidak menyukai larangan seperti “tidak” atau “jangan”. Seringkali Ibu melarang, tetapi Si Kecil malah melakukan hal sebaliknya. Penelitian menunjukkan bahwa banyaknya larangan yang diterima dapat mempengaruhi sikap Si Kecil pada masa yang akan datang. Si Kecil dapat meniru kembali cara Ibu menolak permintaanya. Bahkan Si Kecil yang seringkali dilarang memiliki kemampuan bahasa yang kurang dibandingkan anak lain yang sering menerima kalimat positif. Jadi Ibu janganlah sering larang Si Kecil dan coba lakukan beberapa hal dibawah ini :

  • Gunakan kalimat lain
    Salah satu cara melarang Si Kecil yang baik adalah dengan mengganti kata larangan dengan kalimat positif. Misalnya, daripada berkata ”Jangan main bola di dalam ruangan!” lebih baik katakan “Ayo bermain bolanya di luar ruangan ya “
     
  • Latih rasa tanggung jawab
    Contohnya jika Si Kecil bermain-main dengan gelas minuman dan menumpahkannya di atas meja, berikanlah kain dan minta Si Kecil untuk membersihkan air yang tumpah, dengan cara ini Ibu tidak melarangnya, namun melatihnya agar bertanggung jawab atas perbuatannya.
     
  • Berikan pilihan
    Jangan katakana ya atau tidak, tapi berikanlah Si Kecil pilihan, jika dia meminta es krim, tawarkan pilihan buah atau roti kepada Si Kecil, sehingga dia akan akan belajar bahwa Ibu menolaknya secara langsung tetapi dengan cara positif.
     
  • Berikan alasan
    Berikan penjelaan pada Si Kecil, mengapa Ibu melarangnya, mungkin dia belum memahami seluruh ucapan Ibu, tetapi ini merupakan proses pembelajaran untuk Si Kecil agar dia mengerti.
     
  • Berkata tidak bila terpaksa
    jika dalam kondisi tertentu Ibu terpaksa mengatakan tidak, ucapan tidak boleh emosional tetapi harus tegas, sehingga Si Kecil tau bahwa ini adalah larangan serius.
     
  • Hindari permintaan anak
    Sebelum Si Kecil meminta sesuatu yang tidak Ibu ijinkan, antisipasilah agar si kecil tidak teringat untuk memintanya, alihkanlah perhatiannya.

Diharapkan dengan menghindari kata-kata larangan kepada Si Kecil, Ibu dapat menumbuhkan sikap positif di dalam dirinya, dan ia tumbuh menjadi anak yang ceria.

 

Sumber :

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+