Hampir semua Ibu ingin tau makanan dan minuman apa saja yang pantang dimakan selama menyusui. Apalagi bila Ibu penikmat setia makanan atau minuman tertentu. Kali ini Lactamil akan membahas salah satu minuman yang banyak peminatnya, yaitu kopi. Apakah ada nutrisi yang terkandung dalam kopi?

Kopi mengandung karbohidrat, kalsium dan zat besi. Namun ada baiknya bila Ibu perbanyak minum jus selama hamil dan menyusui. Jus Bluberi bisa menjadi pilihan Ibu karena bluberi kaya akan antioksidan dan penting untuk menambahkan energi Ibu.

Di masa kini tidak heran bila Ibu penikmat kopi karena kopi mudah ditemukan dan sering dijadikan pilihan untuk menemani Ibu memulai atau melakukan aktivitas, seperti bekerja, berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja.

Ketika Ibu baru saja melahirkan dan ingin memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, Ibu pasti akan memilih minuman apa saja yang aman diminum. Kabar baik untuk Ibu penikmat kopi karena kopi boleh diminum oleh Ibu menyusui. Namun, Ibu perlu perhatikan syarat-syarat ini agar tetap bisa menikmati kopi dengan aman.

1. Konsultasikan pada dokter

Apabila Ibu sangat ingin meminum kopi, cobalah konsultasikan dahulu pada dokter atau bidan. Dokter atau bidan akan menjelaskan apakah tubuh Ibu bisa menerima kopi atau tidak saat menyusui.

2. Batasi intensitas dan kuantitas

Hal ini perlu diperhatikan karena akan berdampak pada kesehatan bila Ibu meminum kopi dengan jumlah yang banyak. Kurangi intensitas dengan tidak lebih dari 3 cangkir sehari atau tidak lebih dari 300 miligram kafein per hari. Lebih baik jika Ibu hanya meminum 1 cangkir kopi per hari.

3. Larutkan dengan air panas

Supaya kadar kafein tidak terlalu keras, larutkan kopi dengan air panas atau dicampurkan dengan susu. Ibu juga bisa minum kopi berjenis “decaffeinated” atau kopi tanpa kafein.

4. Minum kopi di pagi hari

Kopi sebaiknya di minum di pagi hari, sebelum Ibu memulai aktivitas atau berolahraga. Kafein pada kopi dapat memacu jantung berdetak lebih cepat dan memompa darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Oleh karena itu, Ibu perlu beraktivitas.

5. Batasi minuman mengandung kafein lainnya

Selain kopi ada beberapa jenis makanan/minuman lain yang mengandung kafein, seperti cokelat, es krim, teh dan minuman berenergi. Jika Ibu sudah mengonsumsi kopi, kurangi makanan dan minuman berkafein tersebut.

Meskipun beberapa Ibu tidak dilarang untuk mengonsumsi kopi, jika Ibu sedang menyusui, Ibu disarankan memilih minuman sehat kaya protein, mineral dan vitamin, seperti susu untuk menggantikan kopi.

 

Sumber:

Bl ?ssner, Monika dan Mercedes de Onis. 2005. Malnutrition : Quantifying The Health Impact at National and Local Levels.

Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.

Tweet Nadia Mulya. https //twitter.com/nadiamulyabbb?lang=en. Diakses pada 19 Agustus. 2016.

Reviewed by BabyCenter Medical Advisory Board. 2015. Caffeine and Nursing Mom. www babycenter.com. Diakses pada 19 Agustus 2016.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+