Selama proses kehamilan, Anda pasti akan mendapati berbagai masalah dengan tubuh, mulai dari kram, kaki yang bengkak, sampai sembelit. Keluhan apa saja yang masih menjadi hal umum dan gejala apa yang perlu diwaspadai dan dikonsultasikan ke dokter?

Semoga paparan berikut ini bisa membantu para calon Ibu:

  1. Sembelit. Hormon Progesteron menyebabkan otot usus menjadi lemas dan mengering sehingga sisa makanan menjadi sulit dikeluarkan. Untuk mencegah sembelit, perbanyaklah minum air putih dan makan makanan berserat. Bila sembelit sudah sangat mengganggu, konsultasikan ke dokter kandungan.
  2. Kram. Bisa disebabkan oleh kurangnya zat kapur dalam darah. Untuk menghindarinya, konsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, atau brokoli. Bila kram terjadi, pijat bagian yang kram selama beberapa menit.
  3. Gatal-gatal. Gatal-gatal bisa disebabkan oleh peningkatan asupan darah ke kulit. Namun bila rasa gatal sangat mengganggu dan merata di seluruh tubuh, hal ini bisa disebabkan oleh kelainan fungsi hati. Bila air seni berwarna gelap, segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes darah
  4. Infeksi saluran kencing. Bila Anda merasakan sakit saat buang air kecil, ada kemungkinan Anda terkena infeksi saluran kencing. Segera periksa ke dokter untuk membersihkan infeksi yang terjadi. Untuk mencegahnya, Anda harus banyak minum air putih
  5. Mimisan. Pada kasus yang parah, mimisan bisa terjadi sampai sekali sehari. Konsultasikan ke dokter dan pastikan hal ini tidak membahayakan bayi. Bila Anda mengalami mimisan, tekan bagian hidung Anda yang lunak dengan lembut untuk menghentikan pendarahan
  6. Bengkak. Hindari berdiri terlalu lama dan kurangi konsumsi garam. Bila bengkak terjadi secara berlebihan, konsultasikan ke dokter untuk menjaga agar Anda tidak terkena pre-eklampsia
  7. Sesak nafas. Kurangi aktivitas, sering beristirahat di siang hari, dan pergi tidur lebih awal. Bila sesak napas disertai bengkak dan nyeri di dada, segeralah berkonsultasi ke dokter.
  8. Gusi berdarah. Gusi cenderung menebal dan melembut sebagai akibat dari hormon kehamilan. Untuk mencegah peradangan gusi, perhatikan terus kesehatan mulut Anda. Konsumsi Vitamin C serta hindari makanan manis dan berkadar asam tinggi.

Selain keluhan-keluhan ini masih ada beberapa hal lain yang sering terjadi pada Anda yang sedang hamil. Jangan ragu untuk bertanya kepada ke dokter kandungan bila ada hal yang mengganggu Anda.

Bersabar saja dalam menghadapi ‘cobaan’ fisik ini, dan bayangkan masa-masa menyenangkan saat si kecil terlahir sehat, sehingga pikiran akan selalu happy dan positif.

? Sumber:  Buku Kehamilan dan Persalinan. (Dini Kasdu, Mila Meiliasari, Retno Purwaningsih - 3G Publisher)

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+