Seiring dengan tumbuh kembang si kecil, akan tiba waktunya mereka bersosialisasi dengan anak lain. Memasuki usia prasekolah tentu si kecil akan sering bertemu baik dengan teman sekolahnya atau gurunya. Atau ketika Ibu membawa si kecil ke taman bermain pun, pasti si kecil akan berhadapan dengan anak seusianya atau lebih besar.

Ibu bisa mulai mengajarkan si kecil untuk bersosialisasi sejak dini. Berikut hal-hal yang dapat mama lakukan:

Sopan santun

Biasakan si kecil untuk berlaku sopan santun kepada siapa saja. Ajarkan si kecil untuk selalu mengucapkan "terima kasih", "maaf", "permisi" dan "tolong" di mana saja dan kepada siapa saja, karena hal ini akan terus terbawa sampai ia dewasa.

Berbagi

Ketika berhadapan dengan anak lain, ingatkan si kecil untuk berbagi mainan meskipun barang tersebut sedang ia mainkan. Beri tahu si kecil untuk tidak merebut mainan anak lain.

Tidak memukul

Memukul atau perilaku agresif lainnya sering kali ditiru dari perilaku orang dewasa. Karena itu Ibu dan orang dewasa di sekitarnya perlu menjaga perilaku baik. Usia balita adalah saat dimana si kecil pandai meniru.

Merengek

Ajari si kecil untuk selalu menggunakan kata-kata dalam mengekspresikan apa yang ia mau. Hal ini bisa menghindari dari rengekan dan tangisan yang tidak jelas.

Pujian

Berikan balita pujian apabila ia berperilaku baik dan melakukan hal yang benar. Pujian akan membuatnya berbesar hati dan mendorongnya untuk melakukan kebaikan.

Bantu ia berteman

Kemampuan bersosialisasi tidak datang secara natural untuk semua orang apalagi balita yang awam akan hal ini. Bantu si kecil misalnya dengan perlahan mengenalkan pada anak seusianya, mungkin dari teman sekolahnya atau tetangga di rumah. Apabila si kecil sudah saling nyaman, ajak anak tersebut playdate dirumah. Seiring dengan si kecil mulai terbiasa dengan kehadiran anak kecil lain, ia akan membawa kebiasaan itu ke tempat lainnya.    

 

Sumber:

- Mengajarkan balita bersosialisasi di sekolah,  AyahBunda Online http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/psikologi/mengajarkan.balita.bersosialisasi.di.sekolah/001/007/288/1/1

- Hannie Kusuma, Mengajari balita bersosialisasi, Info Bunda http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=72&catid=11&catname=Tumbuh-Kembang-Balita&title=Membantu-Balita-Bersosialisasi

- Amanda Rock, How i encourage my shy child?, About.com Guide http://preschoolers.about.com/od/socialemotionalgrowth/f/Helping_a_shy_child.htm

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+