Selamat, kini si kecil sudah jadi sarjana ASI alias lulus ASI eksklusif. Kini petualangan baru Ibu beralih ke menyiapkan MPASI atau Makanan Pendamping ASI untuk sang buah hati. Memasuki tahapan baru, tentu muncul berbagai pertanyaan baru, seperti bagaimana jadwal pemberian MPASI? Berapa kali dan berapa banyak makanan yang harus diberikan dalam sehari?

Berikut ini adalah contoh jadwal pemberian MPASI, tapi Ibu bisa modifikasi sendiri sesuai kebutuhan.

1. Bangun tidur.

 Berikan ASI (lewat sendok atau disusukan langsung)

2.  Sarapan pagi

Bubur tepung beras atau bubur maizena. Jika usianya sudah di atas 7 bulan, Ibu bisa memberikan havermout (oatmeal), roti campur susu, puree ubi kuning atau labu kuning (kukus, haluskan dan campur ASI), bila di atas 9 bulan puree tadi bisa ditambahkan keju parut.

3. ASI dan cemilan pagi.

Selain ASI, beri juga cemilan jus buah atau yoghurt, Ibu juga bisa memberikan potongan buah untuk digenggam dan membiarkan si kecil belajar makan sendiri (baby led weaning)

4. Makan siang.

 Ibu bisa memberi nasi tim saring dengan sayuran dan kaldu sebagai sup untuk sang bayi. Isian untuk nasi tim: 1-2 sdm daging cincang, 3-5 sdm sayuran seperti wortel ,brokoli, labu siam atau buncis). Kukus tiap sayuran dan  bahan makanan sekaligus tapi di wadah yang berbeda dan simpan di wadah yang berbeda pula, agar rasanya enak dan jelas tidak saling bercampur.

5. Selingan sore.

 Ibu bisa memberi ASI saja atau ASI dalam puree buah seperti alpukat atau mangga. Bila si kecil sudah berusia 9 bulan, Ibu bisa mencampur puree buah dan ASI dengan yoghurt.

6. Makan malam. 

Beri puree kentang atau nasi tim halus (jika makan siang tidak dengan makanan berkarbohidrat). Jika si kecil sudah makan siang dengan makanan berkarbohidrat, Ibu bisa memberi puree buah dan ASI. Jadwal makan malam sedikitnya 1 jam sebelum waktu tidur.

7. Sebelum tidur.

Cukup berikan ASI Tips MPASI: lebih baik berikan buah yang dihaluskan ketimbang air jusnya saja karena, bubur buah memiliki lebih banyak kandungan serat. Ketika memberikan anak jus buah, latih si kecil untuk menggunakan gelas bercorong (sippy cup).

Selamat memberi MPASI, Ibu.  

Sumber: Q & A, Smart Parents fot Healthy Children, dr. Purnamawati S. Pujiarto, SpAk, MMPed  

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+