Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk beberapa wanita agar tubuhnya siap menerima kehamilan, dan tidak ada istilah terlalu cepat untuk mempersiapkan fisik Ibu agar siap menerima kehamilan.

Berikut Beberapa hal yang bisa perlu diperhatikan:

  1. Jika Ibu sebelumnya sudah mengkonsumsi pil atau obat-obatan kontrasepsi, ataupun memakai alat kontrasepsi, berhentilah segera. Butuh waktu kurang lebih 1 bulan agar bisa mulai pembuahan, sedangkan untuk alat-alat kontrasepsi seperti suntik butuh waktu 12 bulan.
  1. Pastikan Ibu dan pasangan konsultasi ke dokter untuk perencanaan kehamilan ini dan ceritakan dengan detail penyakit apa saja yang pernah Ibu derita dan pola serta gaya hidup Ibu.
  1. Konsumsilah asam folat minimal 1 bulan sebelum merencanakan kehamilan.
  1. Pastikan Ibu dan pasangan mendapatkan vaksin TORCH (toxo, rubella, cytomegalo, dan herpes).
  1. Mulailah gaya hidup sehat. Hindari mengkonsumsi alkohol, berhentilah merokok, dan jauhi obat-obatan terlarang. Rajinlah berolahraga secara rutin minimal 30 menit, 2-3 kali seminggu.
  1. Kurangi juga konsumsi kafein seperti yang terdapat di dalam kopi, teh, minuman bersoda, minuman berenergi dan juga obat-obatan.
  1. Pastikan Ibu dan pasangan tidak terinfeksi penyakit kelamin seperti gonorrhea , syphilis dan clamydia. Konsultasikanlah ke dokter setiap hal yang mencurigakan yang berhubungan dengan alat kelamin dan kandungan Ibu.
  1. Kenalilah sejarah kesehatan keluarga Ibu dan pasangan. Hal ini akan sangat membantu untuk mendeteksi kemungkinan penyakit genetik yang akan di bawa oleh Ibu dan bayi.
  1. Sering-seringlah sharing dengan ahli, teman yang sudah berpengalaman ataupun orangtua untuk mendapatkan informasi dan benar tentang merencanakan kehamilan yang sehat.

Selain itu, peran pasangan sangat penting untuk merencanakan kehamilan yang sehat. Pastikan pasangan Ibu menghindari semua kebiasaan yang berpengaruh negatif untuk sperma seperti :

-       Minum alkohol

-       Merokok ataupun menghisap tembakau

-       Menggunakan steroid

-       Menggunakan narkoba

-       Mengkonsumsi obat-obatan yang seharusnya dibeli dengan resep dokter tanpa pengawasan medis

-       Sauna, whir pools ataupun berendam dengan air panas di atas 102 derajat Fahrenheit.

-      Memiliki pola makan yang tidak baik.

Berdiskusilah dengan pasangan dan buatlah satu kesepakatan untuk memilih gaya hidup yang sehat untuk merencanakan kehamilan.

 

Sumber :

www.mayoclinic.com/health/preconception

www.cdc.gov

www.planparenthood.org/health-topics/pregnancy

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+