Menjaga pola makan Ibu hamil di trimester awal sangatlah penting, karena sebagian besar Ibu mungkin mengalami morning sickness atau mual dan muntah yang membuat Ibu menjadi tidak nafsu makan. Meski begitu, Ibu tetap memerlukan banyak vitamin dan mineral yang cukup agar si Kecil dapat berkembang  dengan baik. Jangan mudah percaya mitos yang mengatakan bahwa saat hamil maka Ibu harus mengonsumsi 2  kali lipat porsi makan dari biasanya. Yang benar adalah mengonsumsi makanan yang lebih bergizi 2 kali lipat, bukan makan 2 kali lebih banyak dari biasanya.

Berikut ini adalah panduan pola makan Ibu hamil di trimester awal:

  • Pagi hari

Walaupun rasa mual membuat Ibu tak ingin makan, namun Ibu tetap harus mengonsumsi makanan sehat dan tinggi nutrisi agar kebutuhan asupan untuk si Kecil dapat terpenuhi sehingga mendukung tumbuh kembang janin. Untuk mencegah mual, misalnya Ibu dapat mengonsumsi sereal. Tak perlu khawatir dengan rasanya karena saat ini sereal sudah memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan selera Ibu. Selain itu, sereal kaya akan aneka mineral, vitamin B, karbohidrat serta kalsium yang memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Tak hanya itu, kandungan gandum utuh pada sereal juga mengandung energi yang sesuai dengan kebutuhan Ibu hamil.

  • Siang hari

Di masa kehamilan bukan berarti Ibu harus berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas apapun. Ibu tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa, namun dengan porsi yang dikurangi. Oleh karena itu, pada siang hari Ibu membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi dengan kandungan karbohidrat, protein, zat besi, vitamin D, kalsium, asam folat serta mineral. Ibu direkomendasikan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang lebih tahan lama. Biji-bijian juga merupakan sumber baik untuk vitamin, mineral, dan serat.

  • Malam hari

Saat malam hari, biasanya Ibu cenderung ingin banyak mengonsumsi makanan. Namun, sebaiknya  memilih makanan yang bernutrisi tinggi, seperti mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan. Ibu juga disarankan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur.

Hal yang juga penting diketahui, bahwa Ibu hamil disarankan untuk meminum banyak cairan sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari, baik dalam bentuk air putih biasa, susu, ataupun jus. Kebutuhan cairan ini akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Ibu. Kekurangan cairan di awal masa kehamilan akan membuat Ibu mudah lemas dan bahkan pingsan, sedangkan dehidrasi yang terjadi di akhir masa kehamilan justru bisa menyebabkan kontraksi prematur.

 

Sumber:

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+