R.U.M atau Rational Use of Medicine adalah metode pemberian obat pada si kecil secara rasional dan tidak berlebihan. Pemberian antibiotik yang berlebihan atau praktek polifarmasi (pemberian lebih dari satu obat sekaligus pada kondisi yang tidak butuh banyak obat) dapat membahayakan kesehatan buah hati Ibu.

Berikut ini adalah definisi RUM menurut badan kesehatan dunia atau W.H.O: “Pasien harus menerima pengobatan yang sesuai dengan kondisi klinis mereka dalam dosis yang memenuhi kebutuhan individu tersebut dalam jangka waktu yang cukup dengan informasi yang akurat dan dalam biaya yang serendah mungkin bagi mereka dan lingkungan mereka”- konferensi ahli kesehatan W.H.O di Nairobi, 1985.

Dengan informasi tersebut, ada baiknya kita memikirkan kembali. Sudah tepatkah obat-obatan yang diberi dokter pada anak saat dia sakit. Apakah si kecil menderita infeksi kuman yang sedemikian jahat sehingga tubuh mungilnya membutuhkan sedemikian banyak antibiotik.

Jika si kecil memang perlu mengonsumsi antibioatik, pastikan dosisnya harus benar dan lama pemberian obat tersebut juga harus tepat. Dosis yang tidak memadai tidak akan membasmi kuman, bahkan kumannya justru akan semakin “ganas”.

Berikut tips untuk tiap orang tua saat membawa si kecil berobat ke dokter:

  1. Dengan halus, mintalah agar dokter tidak memberikan puyer, sehingga Ibu secara tidak langsung melindungi si kecil dari bahaya polifarmasi. Ketika obat diberikan dalam bentuk puyer, umumnya sulit untuk mengetahui jumlah obat di dalamnya.
  2. Hitung jumlah baris di kertas resep. Semakin banyak baris dan jenis obatnya, Ibu harus waspada dan banyak bertanya pada dokter. Memang sesakit apa si kecil, hingga obatnya harus sebanyak itu?
  3. Tunjuk tiap baris obat dan tanyakan ini obat apa, jenisnya apa, bagaimana kerjanya dan apa efek sampingnya.
  4. Simpan salinan resep dan minta agar pihak farmasi memberi salinan yang mudah terbaca.
  5. Jika dokter memberi resep puyer, jangan langsung ditebus. Gunakan internet untuk browsing jenis-jenis obat tersebut. Jangan terburu-buru, umumnya gangguan kesehatan anak adalah gangguan ringan. Lebih baik cari informasi selengkapnya sebelum membeli obat.
  6. Penyakit harian anak biasanya tak butuh banyak obat. Jika flu biasanya hanya butuh parasetamol, diare (kecuali yang berdarah) biasanya hanya butuh cairan lebih banyak (ASI, oralit).

Tahukah Ibu, umumnya di negara-negara lain, metode puyer sudah tidak digunakan lagi. Bahkan di Tanzania, negara yang tak semakmur Indonesia, metode puyer sudah tidak digunakan lagi. Ibu sebagai orang tua dan konsumen layanan kesehatan harus lebih bijak dalam memilih dokter ya.

Seringlah bergabung dalam forum parenting dan carilah info dokter anak yang R.U.M di kota Ibu. Semoga si kecil selalu sehat.  

Sumber: Q & A, Smart Parents fot Healthy Children, dr. Purnamawati S. Pujiarto, SpAk, MMPed

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+