Mengikuti tumbuh kembang si kecil selalu menyenangkan. Tetapi saat bayi tumbuh gigi bisa membuat keadaan menjadi stress buat Ibu dan bayi. Si kecil merasakan nyeri dan Ibu bisa jadi tidak tahu cara menyiasatinya. Tanda si kecil mulai tumbuh gigi adalah ketika terlihat jelas munculnya 2 gigi kecil bagian bawah diikuti 2 gigi di bagian atas. Umumnya gigi di bagian lain akan mengikuti pertumbuhannya. Tanda lain yaitu gusi menebal, air liur yang banyak, sering mengunyah atau menggigiti sesuatu, muka memerah dan pipi memanas yang sering diikuti oleh naiknya suhu tubuh. Normalnya, si kecil akan demam tetapi tidak lebih dari 38 derajat. Apabila lebih dari itu dan berlangsung berhari-hari, baiknya Ibu membawanya ke dokter.

Normalnya, pertumbuhan gigi dimulai dari umur 6 bulan, meskipun ada juga yang sudah tumbuh sebelum itu ataupun baru tumbuh setelah berumur satu tahun. Momen ini menyakitkan sehingga si kecil pun bisa rewel.

Ada beberapa cara yang Ibu bisa lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya:

- Basahi kain/washcloth dan masukan ke dalam freezer, lalu berikan kepada si kecil untuk digigiti.

- Beri si kecil makanan seperti yoghurt, pisang atau wortel yang sudah didinginkan terlebih dahulu. Sesuatu yang lembut dan dingin dapat menenangkan nyeri akibat giginya yang tumbuh.

- Teether atau mainan lunak yang dingin bisa diberikan untuk dikunyah-kunyah.

- Cuci tangan Ibu dan pijat gusi si kecil yang meradang. Hal ini dilakukan untuk mengatasi tekanan dari gusinya.

- Beberapa mama percaya memberikan salep khusus atau obat penahan nyeri bisa membantu meredakan sakit si kecil, tentunya selalu konsultasikan dengan dokter mengenai masalah ini.  

Sumber:

- Dini, Menyiasati nyeri ketika bayi tumbuh gigi, Kompas.com http://female.kompas.com/read/2013/04/02/1406281/Menyiasati.Nyeri.Ketika.Bayi.Tumbuh.Gigi. - Laili,

6 solusi saat buah hati tumbuh gigi, Tabloid Nova http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/6-Solusi-Saat-Buah-Hati-Tumbuh-Gigi

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+