Ketika sebuah berita gembira diterima Ibu, yaitu ada dua janin di dalam perut, ya Ibu dan Ayah akan memiliki bayi kembar. Bukan satu bayi yang akan diasuh, tetapi dua sekaligus. Bahkan seringkali Ibu tidak sempat berfikir tentang jenis kelaminnya. Apa hal yang paling terfikirkan? Sibuk yang ganda, anggaran yang ganda, baju-baju yang harus dikalikan dua, semua menjadi kuadrat. Satu hal yang juga disiapkan adalah menyusui dua anak dalam waktu yang sama.  

Semua harus dikalikan dua. Siapkah Ibu dan juga Ayah? Tidak ada pilihan selain menjawab dengan kata Siap! Nah sama seperti Ibu yang lain di masa kehamilannya yang banyak belajar tentang segala hal tentang cara menghasuh anak setelah kelahiran, Ibu yang sudah tahu akan melahirkan bayi kembar tidak perlu panik. Terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produksi ASI dan menyusui.

Percaya Diri Dimulai sejak Ibu mengetahui bahwa ada dua bayi di dalam perut, satu hal yang perlu ditanamkan di pikiran adalah percaya diri untuk bisa menyusui. Keyakinan tersebut adalah sebuah energi besar untuk Ibu yang pastinya juga berimbas ke Ayah dan si duo yang ada di dalam perut.

Jangan patah semangat, bukalah komunikasi dengan Ibu lainnya yang juga mempunyai bayi kembar. Komunikasi saat ini sudah begitu mudahnya, social media bisa mempertemukan Ibu dengan siapapun di belahan dunia manapun. Jadi jangan pernah merasa hanya Ibu yang mengalami hal ini.

Konselor Laktasi Selain dokter spesialis yang akan membantu Ibu di saat persalinan nanti, konselor ASI juga adalah salah satu figur penting yang harus ditemui di masa kehamilan. Apalagi dengan kondisi bahwa Ibu akan menyusui dua bayi sekaligus, apa yang harus dilakukan, disiapkan.

Bagaimana posisi yang nyaman untuk Ibu dan juga si kembar, bagaimana dengan proses IMD, bagaimana penentuan waktu menyusui, bagaimana pengaturan waktu menyusinya. Hal-hal yang disebutkan bisa dicari tahu sebelumnya, sehingga ketika si kembar sudah benar-benar hadir di dunia, Ibu sudah tidak panik dan bahkan frustrasi, tapi lebih bersiap hati dan juga fisik.  

Pertanyaan yang seringkali muncul adalah “Bisakah saya menyusui bayi kembar di waktu yang sama?” dan jawabannya adalah BISA.  

Semakin banyak ASI diasup maka seiring pula dengan produksinya akan terus terjadi. Payudara Ibu tidak pernah tahu berapa bayi yang menyusu, satu atau dua bayi bahkan lebih tak ada masalah. Jangan khawatirkan akan jumlah ASI yang diproduksi. Fokus pada pola menyusui saja agar waktunya efektif dan kedua bayi Ibu mendapatkan asupan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui ketika si kembar telah hadir di dunia:  

  • Jika bayi kembar ini adalah merupakan kelahiran yang pertama, lebih baik Ibu menyusui secara terpisah. Karena semuanya serba pertama, lebih baik Ibu fokus padi tiap bayi ketika proses menyusui. Menyusui secara terpisah membuat Ibu bisa mengerjakan hal lainnya, karena satu tangan Ibu masih bebas.
  • Ketika menyusui pastikan ada air mineral yang dengan mudah Ibu minum. Taruh di Tumblr yang besar, agar sewaktu-waktu mama haus ketika menyusui bisa langsung minum. Hormon oksitosin yang dilepaskan ketika menyusui memang membuat Ibu lebih cepat haus.
  • Jika sudah menemukan posisi yang nyaman untuk menyusui si kembar, boleh saja Ibu menyusui secara bersamaan. Dengan cara ini Ibu akan sangat menghemat waktu. Banyaklah berlatih!

Sumber: http://www.babycentre.co.uk/baby/twins/breastfeedinganswers/ https://www.breastfeeding.asn.au/bfinfo/twins.html

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+