Nurfitriavi Noeriman, Ahli Perencanaan Keuangan Lactamil Ibu Care

Alhamdulilah sebentar lagi Lebaran, senangnya dapat THR.
THR anda untuk apa saja?
THR anda untuk siapa saja?

Yuk, mari kita membuat niat bahwa THR yang didapat tahun ini harus bermanfaat untuk banyak hal dan bermanfaat untuk semua orang. Tidak hanya datang kemudian hilang tak berbekas dalam sekejap. Karena semua berawal dari niat, terlebih lagi niat yang suci di bulan Ramadhan pasti akan mendapat pahala dan ridha dari Allah SWT.

Setelah niat, kemudian langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan dan anggaran. Perencanaan ini sebaiknya dibuat jauh sebelum uang THR datang. Karena seringkali kekacauan terjadi apabila anggaran dibuat terlambat. Antara anggaran dan nafsu untuk menghabiskan, si anggaran akan kalah saingan. Uang di tangan, daftar belanja langsung bermunculan di kepala. Tanpa pikir panjang, berasa memiliki uang banyak, langsung pergi ke tempat belanja, kekalapan pun terjadi. Setelah pulang belanja, baru penyesalan datang. Yah, kenapa harus belanja sebanyak ini ya? Semua akan tampak indah dan menggoda saat di area perbelanjaan, namun setelah dibawa pulang ke rumah, barulah akal sehat berbicara. Jangan sampai anda mengalami hal ini, karena dengan demikian anda menjadi sangat egois.

THR hanya dihabiskan untuk nafsu sendiri saja. Padahal di dalam uang THR tersebut ada banyak hak orang lain. Hak pekerja rumah, hak keluarga, hak orang tua, hak anak, hak orang di sekitar lingkungan rumah, hak fakir miskin. Mengapa begitu? Ingat bahwa yang berlebaran bukan hanya anda, tapi juga semua orang di sekitar anda. Dan ingat pula, bahwa sebenarnya ladang amal dan ibadah di bulan suci Ramadhan memiliki pahala yang sangat tinggi.

Sayang kalau semua uang THR hanya dihabiskan untuk kepentingan diri sendiri yang sebenarnya bisa dilakukan di bulan-bulan lain. Saat bulan Ramadhan, sisihkan lebih banyak untuk beramal. Bulan ini hanya datang 1 bulan dalam 1 tahun. Maka jangan sia-siakan kesempatan anda. Selain beribadah, pesan saya sebagai perencana keuangan gunakan dan manfaatkan uang anda di bulan ini untuk hal yang bermanfaat.

Berikut adalah contoh anggaran THR yang dapat anda gunakan sebagai panduan:

THR anda Rp 1.000.000
THR pasangan Rp 1.000.000
Total THR Rp 2.000.000
   
Anggaran Pengeluaran  
Zakat harta Rp    300.000
Zakat fitrah Rp    100.000
Sedekah/infaq/ saat bulan Ramadhan Rp      50.000
THR+hadiah+ongkos pulang kampung asisten rumah tangga Rp     300.000
THR pekerja di lingkungan rumah + kantor Rp     100.000
Ongkos mudik Rp    500.000
Pengeluaran belanja kue+masak Lebaran Rp    200.000
Belanja baju lebaran anak+keluarga Rp    200.000
Amlop untuk sanak saudara Rp    100.000
Pengeluaran saat mudik di kampung halaman Rp    150.000

 

Untuk anda yang sudah berkeluarga, rincian anggaran di atas adalah hal biasa. Bahkan mungkin seringkali uang THR terasa kurang, karena pengeluaran hari raya sangat lah banyak. Itu mengapa membuat anggaran sangatlah penting. Karena tanpa anggaran yang jelas, hak orang lain akan terabaikan.

Untuk anda yang belum berkeluarga, seharusnya pengeluaran Lebaran anda tidak akan sebanyak anggaran di atas. Karena hanya perlu memperhatikan pengeluaran diri sendiri dan keluarga (orang tua saja), tanpa harus membuat bujet untuk pekerja rumah tangga, anak dll. Oleh karenanya untuk para lajang, niat dan kemungkingan untuk beramal lebih banyak sangatlah mungkin. Tentunya selain untuk beramal lebih banyak, anda akan mempunyai sisa uang THR yang dapat dipergunakan untuk pengeluaran tahunan lainnya. Seperti misalnya membayar pajak/STNK/kurban dan liburan yang menyenangkan.

Untuk anda yang tidak merayakan Lebaran, namun menerima THR di saat Lebaran. Harus lebih berhati-hati lagi dalam membuat anggaran. Jangan sampai terbawa euphoria Lebaran, ikut sibuk belanja kue, belanja baju, karena semua teman sekitar melakukan hal tersebut. Ingat bahwa hari raya anda masih beberapa bulan kemudian. Buat lah juga anggaran yang jelas dengan skala prioritas yang benar. Tentunya apabila anda ingin ikut memberikan THR bagi pekerja rumah dan orang sekeliling, silakan. Tapi kemudian sisihkan untuk pengeluaran hari raya anda di tempat aman. Jangan sampai THR nya habis sebelum waktunya.

Setelah niat, kemudia membuat anggaran, langkah penting selanjutnya adalah pelaksanaan. Semoga tidak banyak godaan dan kekacauan saat anda melaksanakan anggaran yang telah dibuat. Selamat menikmati uang THR ! Ingat bahwa THR anda harus bermanfaat untuk semua orang ya ..

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+