Terdapat tiga tipe orang tua dalam membesarkan anak : tegas, diktator, dan liberal.

Cara membesarkan anak berbeda-beda dari satu keluarga dan keluarga yang lain. Bahkan berbeda-beda juga dalam satu keluarga dalam situasi yang berbeda.

Tetapi semua itu dapat dikelompokkan secara luas menjadi tiga:

Orang Tua Yang Tegas

Menjadi orang tua yang tegas mempunyai pendirian, penuh kasih sayang dan baik. Mereka memberikan batasan-batasan dan mengharapkan anak-anaknya mematuhinya. Tidak terlalu memanjakan tapi juga tidak terlalu keras. Mereka biasanya membiarkan anaknya mengambil keputusan sesuai dengan umurnya, dan selalu memberikan tanggung jawab lebih seiring dengan bertambahnya umur. Mereka mendengarkan apa keinginan anak mereka tapi tidak menuruti semua keinginannya. Mereka memberikan alasan untuk peraturan-peraturan tertentu dan panduan, dan membiarkan konsekuensi terjadi secara alami terhadap anak mereka selama tidak membahayakan. Anak-anak dari orang tua seperti ini biasanya berkembang dengan baik saat dewasa.

Diktator

Tipe orang tua ini adalah ketat, keras dan tidak fleksibel. Mereka berusaha untuk mengontrol semua aspek kehidupan anak mereka, dan tidak mengijinkan anak mereka untuk memilih. Orang tua seperti ini mengharapkan anaknya patuh dan biasanya menggunakan metode disiplin yang keras tanpa menghiraukan sisi emosional si anak. Mereka tidak menjelaskan alasan dibelakang semua peraturan yang dibuat, dan memberikan konsekuensi versi mereka jika dilanggar. Anak-anak dari orang tua seperti ini biasanya membutuhkan arahan yang spesifik dan kurang ekspresif.

Liberal

Orang tua dengan tipe seperti ini biasanya memberikan keleluasaan agar anak mereka menentukan sifat dan perkembangan anak mereka. Mereka jarang menetapkan peraturan dan juga konsekuensi. Biasanya mereka akan menjauhkan anak mereka dari segala konsekuensi. Orang tua seperti ini biasanya sangat sayang dan baik pada anak mereka, tetapi biasanya akan mengalami frustasi saat kelakuan anak mereka tidak baik. Sekalipun dengan kelakuan yang tidak baik, biasanya orang tua tidak melakukan intervensi kecuali akan mengakibatkan celaka fisik. Anak-anak dari orang tua seperti ini biasanya akan kurang dewasa dalam bersikap, dan kurang bertanggung jawab saat dewasa.  

Source: http://www.livestrong.com/article/76463-types-parenting-styles/  

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+