Beberapa dari Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan mungkin hanya tahu bahwa untuk meningkatkan kesuburan Ibu harus makan makanan bernutrisi seimbang. Padahal, selain makan makanan bergizi ada beberapa tips lain yang harus Ibu lakukan agar cepat hamil.

Olahraga rutin dan teratur

Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan harus tahu bahwa berolahraga secara rutin adalah tips yang tidak kalah penting dalam memengaruhi kesuburan. Menurut dr Christopher Williams, ahkli endokrin dari University of Virginia, terlalu banyak lemak dalam tubuh bisa memicu produksi suatu jenis hormon yang dapat mengganggu proses ovulasi. Di lain sisi, tubuh yang kekurangan kadar lemak pun membuat produksi hormon terganggu sehingga Ibu akan jarang mengalami ovulasi. Karena hal itulah, Ibu perlu melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu menjaga kadar lemak dalam tubuh, membuat proses ovulasi dalam tubuh Ibu menjadi lancar sehingga Ibu pun menjadi semakin mudah hamil. Tidak hanya Ibu, Ayah juga perlu melakukan olahraga teratur agar dapat menghasilkan sperma yang sehat untuk membuahi sel telur.

Mulai tinggalkan rokok

Jika sebelumnya Ibu adalah seorang perokok, Ibu perlu menghentikan kebiasaan ini jika ingin hamil. Kandungan zat beracun dalam rokok dapat mengganggu proses fertilisasi dan juga implantasi pada tubuh Ibu. Tidak sampai disitu, kandungan dalam rokok juga menyebabkan rahim Ibu cepat menua. dr Robert Barbieri yang merupakan seorang dokter ahli obstetri dan ginekologi di Brigham and Women’s Hospital, Boston mengatakan, seorang Ibu perokok yang berusia 35 tahun seolah memiliki rahim dengan fungsinya yang berusia 42 tahun. Itu artinya, kandungan berbahaya dalam rokok dapat mengurangi kesuburan rahim Ibu.

Jangan melakukan douching

Douching merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan vagina, mencegahnya berbau dan berjamur. Meski begitu, Ibu disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan cara disemprot (douching) jika ingin meningkatkan kesuburan. Menurut dr Christopher Williams, douching justru bisa membunuh bakteri pelindung vagina dan membuat vagina infeksi. Untuk Ayah, kurangilah kebiasaan mandi dengan berendam di air panas karena air panas dapat membunuh sperma sehat yang dapat membuahi sel telur.

 

Sumber:

BabyCenter Medical Advisory Board. How To Get Pregnant Fast. March 2017. https://www.babycenter.com/0_how-to-get-pregnant-fast_10337115.bc

Sarah McCraw Crow and Jennifer LW Fink. Parents. 10+ Ways to Boost Your Fertility. http://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/boost/ways-to-boost-your-fertility/

 

CVM: 680/10/2017 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+