Apakah ada Ibu yang tetap berpuasa walau sedang hamil? Menjalani ibadah puasa bagi Ibu hamil memang bukan hal yang mudah, terlebih bagi Ibu yang baru menginjak usia trimester pertama kehamilan dan sering menderita gejala morning sickness.

Saat Ibu sedang berpuasa dan morning sickness menyerang, Ibu bisa lakukan sejumlah tips berikut untuk meredam gejala dan mencegah agar morning sickness tidak datang lagi di kemudian hari.

  • Jika rasa mual ketika berpuasa muncul pada pagi hari, Ibu tidak perlu langsung panik. Tenangkan diri Ibu dan beristirahatlah. Panik dan stres justru dapat memperparah morning sickness yang Ibu alami saat berpuasa.
  • Rasa mual, pusing dan keinginan untuk muntah yang mengganggu bisa Ibu hindari dengan melakukan beberapa metode pijatan atau membeli wangi aromaterapi. Menghirup aroma terapi yang menenangkan bisa menekan rasa mual Ibu dan mencegah Ibu untuk muntah saat berpuasa.
  • Jika tidak sempat membeli aromaterapi, Ibu bisa memanfaatkan buah lemon yang ada di rumah. Mencium wangi lemon yang mengandung citrus dapat membantu mengurangi rasa mual ketika berpuasa.
  • Sahur adalah waktu terbaik bagi Ibu untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang bisa mencegah datangnya gejala morning sickness. Saat sahur, usahakan untuk memilih makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral tinggi. Untuk asupan karbohidrat, Ibu bisa memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau kentang panggang karena dapat membantu Ibu kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut saat sahur, Ibu bisa terhindar dari rasa mual hingga siang hari. Sertakan daging sapi, daging ayam, telur atau ikan untuk memenuhi asupan protein Ibu saat sahur. Mengonsumsi makanan dengan kadar protein tinggi tak hanya dapat mencegah morning sickness, tapi juga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam perut Ibu. Selain itu, jangan memakan gorengan, makanan berlemak atau yang mengandung santan saat sahur. Jenis makanan tersebut akan meningkatkan risiko Ibu terserang muntah-muntah atau mual ketika berpuasa.
  • Jangan lupa, saat sedang hamil Ibu membutuhkan asupan cairan yang cukup. Terlebih jika Ibu juga menjalani ibadah puasa. Selalu minum delapan gelas air dalam sehari, sejak berbuka hingga waktu sahur berakhir, Ibu juga disarankan untuk minum susu kehamilan untuk membantu pemenuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kehamilan. Dengan gizi dan nutrisi yang selalu terpenuhi, tubuh Ibu akan lebih kebal terhadap gejala morning sickness.
  • Jika Ibu sudah mencoba berbagai tips di atas namun morning sickness tetap menyerang dan membuat fisik Ibu lemah, sebaiknya Ibu membatalkan puasa dan segera konsumsi minuman hangat seperti teh jahe untuk memulihkan kondisi Ibu.

 

Sumber:

Baby Center. 12 Ways to Ease Morning Sickness. https://www.babycentre.co.uk/l25005543/12-ways-to-ease-morning-sickness-photos 

Debra Goldman, MD. The Bump. Eating Carbs during Pregnancy. https://www.thebump.com/a/carbs-during-pregnancy 

Mehmet OZ, MD dan Michael Roizen, MD. Fit Pregnancy and Baby. 4 Ways to Ease Morning Sickness. https://www.fitpregnancy.com/pregnancy/pregnancy-survival-guide/4-ways-ease-morning-sickness

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+