Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Apa Saja Persiapan Nutrisi Ibu Menyusui Saat Trimester Akhir

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • rahel
    rahel
    Siang Mama, mau tanya untuk persiapan di trimester ke3 ini nutrisi apa yang perlu di persiapkan ? untuk kacang-kacangan katanya bagus untuk menambah volume darah dan cairan ketuban sedangkan saya tidak menyukai kacang-kacangan adakah makanan pengantinya ?pada saat hamil sebelumnya saya melahirkan secara secar sehingga asi saya tidak langsung keluar dan bayi saya harus di berikan susu formula apakah di trimester 3 ini nutrisi yang di butuhkan tercukupi semua otomatis ketika saya melahirkan nanti asi saya bisa langsung keluar ?



    mohon informasinya ya mama, terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama diaz.

      Nutrisi yang diperlukan di trimester tiga ini menjadi lebih meningkat, kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.

      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh. Mama bisa menggantinya dengan sayuran dan buah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan ya.

      Asi bisa saja mulai keluar pada trimester tiga ataupun setelah melahirkan, namun tidak menandakan akan menghasilkan Asi yang berlimpah. Asi yang berlimpah bisa didapatkan jika konsumsi makanan Mama yang bergizi seimbang dengan adanya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tetap berfikir positif, tidak terlalu capek, dan istirahat yang cukup.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Erra Purwaaningsiih
    Erra Purwaaningsiih
    Selamat siang bunda ..

    Saya mau bertanya ,sekarang ini saya sedang hamil dan kehamilan sayasudah menginjak bulan lebih ..

    tp sampai sekarang ASI saya belum keluar juga sedangkan teman saya yg sama2 hamil dengan usia kehamilan yg sama sudah keluar ASI sekitar 1 bulan yg lalu ..

    Padahal saya sudah rajin membersihkan payudara dan mengompres dengan air hangat ..

    yang saya takutkan nanti hingga proses persalinan ASI saya tidak juga keluar ..

    Mohon solusinya bunda apa yg harus saya lakukan ?

    Terima kasih ..
    Percakapan
    • Erra Purwaaningsiih
      Erra Purwaaningsiih
      Usia kehamilan saya sudah 7 bulan lebih bunda .. terima kasih :)
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat Siang Mama Erra Purwaaningsiih.



      Mama tidak perlu khawatir, karena Asi mulai keluar di trimester ketiga atau setelah melahirkan. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, karena Kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.

      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Kacang-kacangan, untuk mengurangi ketidaknyamanan yang sering muncul pada trimester tiga, sangat disarankan agar Mama lebih sering makan.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat Siang Mama Erra Purwaaningsiih.



      Mama tidak perlu khawatir, karena Asi mulai keluar di trimester ketiga atau setelah melahirkan. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, karena Kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.

      Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Kacang-kacangan, untuk mengurangi ketidaknyamanan yang sering muncul pada trimester tiga, sangat disarankan agar Mama lebih sering makan.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi Mama. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Erra Purwaaningsiih
      Erra Purwaaningsiih
      Terima kasih mama ..

      sangat membantu saya ..
    • Live Chat sudah selesai.

  • N.nurhayati
    N.nurhayati
    Selamat siang mama budiarti

    saya mau bertanya tentang ASI

    1. Selama hamil ASI saya belum keluar saya harus nengonsumsi apa agar ASI Keluar?

    2. Setalah melahirkan ASI belum keluar juga apakah ada pengaruhnya dari konsumsi jamu jamu?

    3. Selama hamil saya di anjurkan untuk memakan daun pepaya dan daun katuk apakah ada pengaruh dari makanan tersebut untuk produksi ASI?

    4.apakah makanan siap saji atau jangfood dapat menghambat produksi ASI?

    5. Jika kita mengkonsumsi makanan pedas apakah ASI akan terasa pedas?

    6. Makanan apa saja yang bisa menghambat produksi ASI?

    7. Agar ASI kita menenuhi gizi yang seimbang sebaiknya ibu makan makanan seperti apa dan porsinya bagaimana?

    8. Selama menyusui berapa liter konsumsi air putih agar asi lancar karena menyusui cepat haus?

    Terimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Nurhayati,

      1. Asi yang belum keluar selama menyusui wajar saja terjadi. Namun untuk mempersiapkannya sebaiknya Mama konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan perbanyak asupan vitamin serta mineral yang bisa didapatkan dari sayur dan buah. Lakukan pemijatan pada payudara untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak di dalam kelenjar susu agar asi dapat keluar.

      2. Konsumsi jamu tidak berpengaruh terhadap kuantitas asi.

      3. Daun pepaya dan daun katuk memang jenis sayuran yang dapat meningkatkan produksi asi karena mengandung protein, lemak, kalium, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C yang lengkap untuk melancarkan asi. Namun faktor keberhasilan memberikan asi tidak hanya didapatkan dari makanan tetapi juga perhatikan faktor psikologis. Selama menyusui sebaiknya Mama hindari stres, istirahat yang cukup, dan jangan merasa takut/Mama harus yakin bisa memberikan asi secara eksklusif untuk si kecil.

      4. Memang benar makanan siap saji atau junk food dapat menghambat produksi asi karena memiliki kalori, lemak dan garam yang terlalu tinggi.

      5. Tidak, hal tersebut hanya mitos saja. Namun sebaiknya Mama menyusui memang tidak konsumsi makanan yang terlalu pedas karena dikhawatirkan akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan Mama yang nantinya menjadikan proses menyusui menjadi tidak lancar.

      6. Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, bergas, minuman berkafein, alkohol dan makanan junkfood selama menyusui.

      7. Kebutuhan kalori Mama menyusui meningkat menjadi 500 kalori perhari yang bisa didapatkan dari makanan utama dengan prinsip gizi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral), dan konsumsi cemilan seperti kacang-kacangan atau buah.

      8. Kebutuhan air mineral selama menyusui yaitu minimal sebanyak 3 liter perhari.

      Semoga jawabannya membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Puji Astuti
    Puji Astuti
    Siang mama,,,saya ibu dari 2 anak,yg ingin saya tanyakan apa saja persiapan nutrisi yg harus di konsumsi selama hamil agar Asi langsung lancar? Soalnya saya butuh 2hr setelah melahirkan baru keluar Asi.dan apa sebabnya Asi sedikit karena anak saya yg kedua laki2 umur 11bln seperti kurang terus kalo menyusu padahal makannya dlahap ,apa mama ada solusi?,terimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Puji Astuti, persiapan nutrisi untuk menyusui selama hamil Mama bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan segar, makanan tinggi protein khususnya protein hewani seperti telur, ikan, ayam, daging dll dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, katuk, kangkung dll. Faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI Mama berkurang yaitu seperti stres, terlalu capek/kurang istirahat, kurangnya asupan nutrisi. Untuk mengatasinya dengan cara hindari stres, cukup istirahat, konsumsi makanan nutrisi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral), konsumsi air putih minimal 3 liter/hari dan pentingnya dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, suami, teman. Semoga membantu ya Mama.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Linda Batuta
    Linda Batuta
    Aku mau tanya, boleh ya Ma?
    Percakapan
    • Linda Batuta
      Linda Batuta
      Kata dokter aku udah overweight untuk kehamilannya, sehingga untuk vitamin dan makanan disuruh kurangi, bagaimana ya ma baiknya? makanan apa yang harus aku makan, dan berapa jumlahnya?
    • Linda Batuta
      Linda Batuta
      Terima kasih sebelumnya?
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Linda Batuta, khusus mama yang mengalami overweight sebaiknya mengurangi makanan yang digoreng diganti dengan kukus/ rebus ataupun minimal ditumis.Tetap mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin dan mineral. untuk karbohidrat mama dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah, roti gandum ataupun oat. Mulai sekarang mama sebaiknya kudapan diganti dengan buah buaaan/ sayuran. Kurang konsumsi gula dan garam ya mama. Oh iya mama, jangan lupa melakukan olah raga ringan

      Semoga bermanfaat ya mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nisaa
    Nisaa
    selamat siang bunda budiarti..



    aq lagi hamil 37 minggu ini kehamilan ke 2 q..

    bagaimana ya bund untuk mempersiapkan asupan nutrisi yg harus aq konsumsi agar saat lahiran nanti asi saya bisa keluar dengan lancar krna pengalaman ank pertama asi aq gak keluar n terpaksa mesti pake susu formula..aq gak mau sampe ank ke 2 ini asi q pun tdk keluar..mksh bunda
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Nisaa, kebutuhan kalori di kehamilan trimester 3 meningkat menjadi sekitar 300 kalori/hari yang bisa didapatkan dari protein, karbohidrat dan lemak. Nutrisi penting yang perlu Mama konsumsi di usia kehamilan 37 minggu ini yaitu diantaranya pepaya yang masak (mengandung vitamin c, folat, serat dan potassium untuk meringankan rasa panas dalam perut dan hindari pepaya yang masih muda karena getah pepaya mengandung pepsin yang akan merangsang kontraksi), ikan lemak (seperti salmon dan tuna mengandung omega 3 yang berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama), dan konsumsi sayur serta buah-buahan. Namun selain nutrisi, kondisi psikologis juga harus prima karena salah satu kesuksesan pemberian asi adalah faktor psikologis. Mama juga bisa melakukan pemijatan pada payudara untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar susu secara teratur yakni 2 hari sekali di waktu pagi dan sore hari ketika mandi. Semoga persalinannya nanti berjalan dengan lancar ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat siang Mama Budiarti. Saya mempunyai 1 Putri berusia 27 bulan dan sedang merencanakan Anak kedua. Si Kecil sudah berhasil disapih, walau ASI saya tidak berlimpah banyak, tapi cukup menurut saya. Saya mau menanyakan :

    1. Bagaimana tips memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk Ibu hamil guna mempersiapkan pemberian ASI untuk Buah Hati?

    2. Jenis asupan nutrisi apa saja yang harus dikonsumsi oleh Ibu hamil untuk persiapan menyusui nantinya, agar produksi ASI melimpah dan berkualitas untuk Buah Hati?

    3. Apakah hanya di Trimester tiga saja, seorang Ibu hamil lebih banyak mengkonsumsi asupan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi untuk persiapan menyusui?

    4. Apakah jika seorang Ibu hamil, ASI nya sudah keluar sedikit (di trimester ketiga) ini menandakan produksi ASI nya pasti melimpah ruah saat menyusui? Karena saat hamil sebelumnya, ASI saya tidak keluar.

    Terimakasih banyak Mama Budiarti. Semoga pencerahan dari Mama Budiarti dapat sangat bermanfaat untuk pemberian nutrisi yang baik guna mempersiapkan Kehadiaran Anak kedua saya dengan pemberian ASI yang berkualitas dan berlimpah. Terimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Betty Yuliani Silalahi.

      1. Asupan nutrisi pada Mama yang sedang hamil memang lebih besar dari sebelum hamil. Kebutuhan kalori Mama hamil pada trimester tiga meningkat menjadi 300 Kalori/ hari, hal ini berfungsi untuk menyiapkan Mama dalam proses melahirkan.



      2. Untuk jenis asupan nutrisi Mama yang dibutuhkan selama kehamilan yaitu banyak yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, maupun Mineral. Contoh beberapa makanan yang perlu mama perhatikan pada trimester 3 agar mama lancar dalam menyusui :

      Buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C, folat, serat, dan potassium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meringankan rasa panas dalam perut, yang seringkali dialami ketika hamil, terutama di trimester akhir. Tetapi, ingat konsumsi pepaya yang masak saja, jangan yang masih muda karena getahnya mengandung pepsin yang justru akan merangsang kontraksi.

      Kacang-kacangan, untuk mengurangi ketidaknyamanan yang sering muncul pada trimester tiga, sangat disarankan agar Mama lebih sering makan.

      Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mede, cocok untuk dijadikan snack karena mudah untuk disimpan dalam tubuh.

      Ikan lemak, ikan lemak seperti salmon, mackerel, dan tuna, mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan jantung Mama. Namun, jangan mengkonsumsi ikan lemak lebih dari 12 ons perminggu karena ditakutkan akan meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh yang akan membahayakan kesehatan bayi anda.

      Yang terpenting Mama harus mengkonsumsi makan dengan gizi seimbang.



      3. Tidak hanya di trimester tiga saja Mama yang sedang hamil harus mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Sejak awal kehamilan Mama juga disarankan untuk konsumsi makanan dengan gizi seimbang agar pertumbuhan janin optimal. Namun sebaiknya memang pada kehamilan trimester tiga kebutuhan nutrisi lebih meningkat, dikarenakan janin yang tumbuh sudah mulai sempurna dan membutuhkan nutrisi, selain itu kebutuhan nutrisi yang besar berfungsi untuk persiapan Mama saat menyusui.



      4. Asi bisa saja mulai keluar pada trimester tiga, namun tidak menandakan akan menghasilkan Asi yang berlimpah. Asi yang berlimpah bisa didapatkan jika konsumsi makanan Mama yang bergizi seimbang dengan adanya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tetap berfikir positif, tidak terlalu capek, dan istirahat yang cukup.



      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Margareta Dwi Febiani
    Margareta Dwi Febiani
    Selamat siang Mama Budiarti,,



    Saya ingin bertanya makanan apa yang harus dikonsumsi agar ASI segera keluar setelah melahirkan? Dan bagaimana cara agar ASI Ekslusif dapat berhasil? Terima kasih Mama
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Margareta Dwi Febiani, agar ASI Mama segera keluar setelah melahirkan dapat mengkonsumsi banyak buah-buahan segar, makanan tinggi protein dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, katuk, kangkung dll, serta banyak konsumsi air putih minimal 3 liter/hari. Agar Mama dapat memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil dibutuhkan dukungan dari suami, keluarga, dan orang-orang terdekat Mama agar keerhasilan memberikan ASI Eksklusif dapat tercapai. Selain itu untuk Mama tetap menjaga pola makan dengan nutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta hindari stres pada saat memberikan ASI untuk si kecil. Semoga membantu ya Ma.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ary Dwi Handayani Handayani
    Ary Dwi Handayani Handayani
    Dear Ibu Budiarti,



    ingin tanya, kapan sebaiknya menkonsumsi sayur katuk supaya ASI jadi banyak, apakah bisa dimulai menjelang melahirkan? Terima kasih sebelumnya.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Ary, daun katuk adalah salah satu jenis sayuran yang dapat meningkatkan produksi asi dan konsumsi daun katuk bisa dimulai pada saat awal kehamilan untuk membantu persiapan menyusui agar melancarkan produksi asi. Selain daun katuk ada juga beberapa jenis makanan yang disarankan agar dikonsumsi di kehamilan trimester 3 seperti misalnya, pepaya yang masak/matang, kacang-kacangan, ikan lemak dan yoghurt. Kebutuhan kalori di kehamilan trimester 3 meningkat menjadi sekitar 300 kalori/hari yang bisa didapatkan dari protein, karbohidrat dan lemak. Namun selain nutrisi, kondisi psikologis juga harus prima karena salah satu kesuksesan pemberian asi adalah faktor psikologis. Semoga jawabannya dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Lulu
    Lulu
    Selamat siang, saya mau bertanya. Kakak ipar saya saat ini sedang hamil jalan 9 bulan dan sedang pembukaan pertama namun berat janin masih di bawah normal. Makanan apa saja yang dapat meningkatkan berat janin serta makanan apa saja agar ASI langsung keluar setelah melahirkan? Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Nurul, untuk kebutuhan kalori pada trimester 3 meningkat sebanyak 300 kalori yang dapat dipenuhi dari sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk meningkatkan berat janin Mama bisa mengkonsumsi makanan tinggi protein khususnya protein hewani seperti telur, ayam, ikan, daging dll. Agar ASI Mama lancar bisa banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, katuk, kangkung dll, serta konsumsi cukup air putih minimal 3 liter/hari. Semoga dapat membantu ya Ma.
    • Live Chat sudah selesai.