Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Benarkah Bekerja Bisa Menyebabkan Sulit Hamil? Temukan Jawabannya

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Samta Maryana Panjaitan
    Samta Maryana Panjaitan
    Saya bekerja di perbankan bagian Account Officer (AO) sama dg marketing. Selama 2 thn saya bekerja dg tekanan tinggi, dan area kerja yg berbukit2 tidak membuat sulit hamil. Saya nikah bulan Juli 2014, kini saya sdh isi 2 minggu. Tetap konsumsi makanan bergizi dan minum lactamil genesis dan sblm minum susu berdoalah :)
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Terimakasih Mama Samta sudah mengkonsumsi Lactamil Genesis, dan selamat ya Ma sudah isi 2 minggu. Semoga selalu sehat untuk Mama dan calon si Kecil.

    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama Samta, Wah senang sekali Mama sudah hamil ini menunjukan bahwa pekerjaan dengan tekanan tinggi dan kondisi yang menantang tidak mempengaruhi tingkat kesuburan apalagi jika ditunjang dengan makanan dan minuman bergizi. Semoga kelahirannya berjalan dengan lancar ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Olieve Leksmana
    Olieve Leksmana
    Selamat siang Mama Nadia, ada teman baik saya pria dan wanita. Yang pria berumur 41 tahun dan sudah setahun menikah, bukan perokok, dia kerja PNS di Dinas Pendidikan, istrinya 30 th, tadinya bekerja swasta di sebuah LSM, namun kini berhenti dan tidak bekerja lagi. Hasil USG istrinya normal, tak ada kista dll, sementara yang mengagetkan hasil analisis sperma suaminya sangat jelek, 70% sperma rusak, dan jumlahnya sedikit, cuma 10.000/mm3 dikatakan masuk oligospermia. Saya mau bertanya, 1.kenapa bisa terjadi kerusakan sperma sampai menjadi oligospermia, padahal pekerjaanya guru SMP dan tidak merokok (tapi pasti perokok pasif karena teman-temannya banyak yang merokok? 2.Apakah USG cukup akurat untuk menyatakan bahwa ibunya subur dan normal, karena sekarang hanya ibu rumah tangga, berhenti kerja karena ingin punya anak. 3. Apakah masih ada faktor pekerjaan lainnya yang mempengaruhi pasangan teman saya tadi sulit hamil, baik pekerjaan suami, maupun istri. Penjelasan dan saran Mama Nadia sangat saya perlukan. Terimakasih.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Olieve Leksmana, memang bila kehamilan tidak terjadi walaupun pria dan wanita memiliki tubuh yang bugar dan gaya hidup yang sehat maka perlu di lakukan pemeriksaan medis yang detail seperti teman Mama. Oligosperma adalah penyebab utama ketidak suburan pria yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak berhubungan dengan gaya hidup walaupun sebagai perokok pasif dapat mempengaruhi juga. faktor lain seperti kebiasaan sering melakukan sauna, berkendara dengan motor pada jarak jauh, menggenakan celana ketat dll yang mengakibatkan suhu disekitar testis menjadi panas dan "terkekep", mengalami infeksi saluran kemih yang berkepanjangan, adanya kondisi autoimunitas. Kondisi medis ini harus ditangani oleh dokter hingga tuntas dan dapat juga melakukan tehnik pembuahan inseminasi buatan, dimana dokter akan memilihkan sperma yang baik dan matang kemudian disemprotkan kedalam tubafalopi (rahim). Apabila memang ini penyebab sulitannya hamil maka tidak disebabkan faktor pekerjaan, saran saya untuk teman mama untuk meningkatkan upaya kehamilan adalah dengan berolahraga bersama karena akan membantu meningkatkan aliran darah keseluruh organ tubuh (termasuk organ reproduksi dan meningkatka imunitas).Semoga membantu, Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Desi lestari
    Desi lestari
    siank dok...

    apa benar dok bekerja dapat sulit hamil atau karna bekerja dapat menyebabkan kelelahan dan pola makan yg tidak teratur sehingga tidak memperhatikan nilai gizi yg terkandung dalam pola makan sehariĀ² yg dapat berpengaruh terhadap hormon,mohon pencerahannya y dok trims....
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama Desi bukan pekerjaan yang mempengaruhi sulitnya hamil melainkan faktor fisik dan psikis dan akhirnya menganggu fungsi repoduksi dari Mama maupun Papa. dari cerita Mama desi sepertinya khawatir mengenai gizi. Gizi memiliki hubungan significant terhadap kesuburan. Penting bagi Mama dan Papa untuk Makan secara teratur, gizi seimbang dan bervariasi, kalori tercukupi dan bersumber dari bahan makanan yang sehat (Sayur, buah, terbebas MSG dan kimia lainnya). Bila terjadi kondisi malnutrisi atau obesitas maka akan terjadi gangguan metabolik yang mempengaruhi hormon. Semoga membantu ya Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Dewi Muviatul Hasanah MS ms
    Dewi Muviatul Hasanah MS ms
    Selamat siang mama nadia...
    Berkaitan dg topik diatas, ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan ya ma...

    1. Apa benar ma bekerja menjadi salah satu penyebab mama jd lebih sulit hamil?

    2. Pengaruhnya cenderung diakibatkan oleh mama, papa atau kedua-duanya yang bekerja ma? Dan seperti apa pengaruh yg ditimbulkan ma?

    3. Bagaimana tips untuk pasangan mama papa yang sama2 bekerja, untuk menjalani program kehamilan ma? (kebetulan hal ini terjadi pada kakak sy ma)

    ditunggu jawaban mama ya.. Terimakasih Mama...
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Piee, Pertama : sebenarnya bukan pekerjaannya yang dapat mempengaruhi kehamilan. Ada lho istri - istri yang dirumah saja juga sulit hamil. Selama tidak memiliki masalah kesuburan, maka pekerjaan semelelahkan apapun tidak akan terlalu berpengaruh. Tapi memang ada kondisi yang perlu diperhatikan seperti tingkat stres, lamanya emobile (duduk dalam posisi yang sama dalam waktu terlalu lama) lingkungan yang tidak kondusif (banyak polusi/asap rokok, terlalu bising dan jarak tempuh yang terlalu banyak/macet) satu hal lagi, jika kita mencintai apa yang kita lakukan maka akan memicu hormon endorfin yang membantu meningkatkan aliran darah dan feel hormond lainnya. Kedua : Sebenarnya dapat diakibatkan kedua - duanya karena sangat bergantung pada kondisi fisik dan psikis Mama dan Papa. Ketiga : Tips bagi pasutri yang sama - sama bekerja adalah : mengatur waktu beristirahat (bila pada hari kerja kurang dari 6 jam maka akan dibayar pada akhir pekan) mengatur waktu berhubungan (H +/- masa subur dan di lakukan dengan jeda 1 hari), menekuni hobi olahraga baru bersama (laripagi setiap akhir pekan) dan mengalokasikan waktu khusus untuk datenight atau waktu pacaran.Semoga membantu, Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mailinda kartika sari
    Mailinda kartika sari
    Aku dulu juga bekerja di kantor.. Secara fisik pekerjaan ku memang ga berat hanya saja otak yg sering bekerja..
    Aku baru hamil setelah 9bln menikah. Apa mungkin pengaruh stress pekerjaan yg membuat aku hamil agak telat? Tp tmn krj ku setelah menikah 2 bln bs lsg hamil.. Jadi mungkin banyak faktor yg menyebabkan susah hamil.. Bukan cuma gara2 bekerja ya..
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama Linda, Sebenarnya hamil setelah 9 bulan menikah tidak tergolong telat loh. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pembuahan antara lain umur, tingkat kebugaran tubuh, gaya hidup, kondisi kebugaran suami serta waktu berhubungan. Jadi betul kata Mama Linda banyak faktor susah atau Mudahnya hamil. Semoga membantu ya Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sri Dewi Teti Sari
    Sri Dewi Teti Sari
    :: Selamat siang Mama Nadya, ada banyak masalah yang dapat menyebabkan sulit hamil, mulai dari faktor bawaan suami istri, kesehatan, kesuburan, dan lain-lain. Sebagian wanita tidak mengetahui apa saja penyebab sulit hamil tersebut. Yang saya ingin saya tanyakan : - 1. Apakah faktor bekerja juga bisa menyebabkan perempuan sulit hamil ?.. sedangkan ada sebagian perempuan tanpa disadari bisa hamil walaupun dalam keadaan bekerja. - 2. Apa yang sebenarnya yang menyebabkan seorang perempuan sulit hamil ?.. - 3. Mengapa sebagian perempuan bisa cepat hamil sedangkan sebagian perempuan lainnya susah hamil ?.. - 4. Apakah perempuan yang mempunyai riwayat penyakit diabetes bisa hamil ?.. Terima Kasih Sukses Selalu. ::
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Dewi, Pertama : sebenarnya bukan pekerjaannya yang dapat mempengaruhi kehamilan. Ada lho istri - istri yang dirumah saja juga sulit hamil. Selama tidak memiliki masalah kesuburan, maka pekerjaan semelelahkan apapun tidak akan terlalu berpengaruh. Tapi memang ada kondisi yang perlu diperhatikan seperti tingkat stres, lamanya emobile (duduk dalam posisi yang sama dalam waktu terlalu lama) lingkungan yang tidak kondusif (banyak polusi/asap rokok, terlalu bising dan jarak tempuh yang terlalu banyak/macet) satu hal lagi, jika kita mencintai apa yang kita lakukan maka akan memicu hormon endorfin yang membantu meningkatkan aliran darah dan feel hormond lainnya. Kedua : Faktor eksternal seperti jenis pekerjaan yang disebutkan Mama diatas,  faktor internal dapat terjadi baik pada Mama maupun Papa, pada Mama dapat dilihat dari siklus haid yang tidak teratur atau terjadinya ketidak seimbangan hormon yang dapat menyebabkan fluktuasi berat badan, mendadak tumbuhnya bulu halus di sekitar tubuh, dan rasa lelah berlebih. Untuk faktor internal sebaiknya Mama periksakan kedokter karena dapat segera diterapi kok menggunakan terapi hormon, semoga menjawab ya Mama. Ketiga : Cepat atau lambatnya kehamilan berbeda pada setiap wanita dapat di pengaruhi oleh faktor gaya hidup, kebugaran tubuh, umur, kondisi organ reproduksi suami. Keempat : Perempuan diabetes bisa hamil hanya saja perlu di jaga kehamilannya dengan sering kontrol pada dokter. Ia harus menjaga makanannya, rajin berolahraga, dan menjaga kenaikan berat badan.

    • Sri Dewi Teti Sari
      Sri Dewi Teti Sari
      :: Terima kasih Mama Nadia, atas penjelasannya semoga bermanfaat bagi kita semua. ::
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nurjariah
    Nurjariah
    Siang Mama Nadia,
    Saya seorang wanita yang bekerja,selama kerja saya tidak memperhatikan pola makan sehingga gizi saya kurang dan berpengaruh pada HORMON saya sehingga HAID tidak teratur,terkadang haid tak kunjung datang hingga berbulan-bulan,Sekarang saya pingin cepat hamil dan suami saya pun gaya hidupnya tidak sehat..pulang kerja larut malam dan perokok aktif.bagiamana caranya agar saya cepat hamil walaupun kondisi saya dan suami seperti itu?tips dan trik apa yang bisa kami lakukan agar cepat punya momongan.tks sebelumnya bu
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama OZA, Sepertinya Mama sudah tahu alasan dibalik mengapa belum kunjung hamil. Bila Mama merasa kekurangan gizi apalagi hingga haid tidak teratur, besar kemungkinan mama menggalami keseimbangan hormonal (PCO) yang dapat mengakibatkan sel telur tidak berkembang secara optimal. Ditambah dengan suami dimana, asap rokok terbukti menurunkan fungsi organ reproduksi. Satu-satunya cara adalah merubah gaya hidup Mama dan Papa karena nanti jika sudah hamil, artinya gaya hidup Mama dan Papa harus berubah secara permanen jadi bagaimana bila dimulai perlahan dari sekarang agar nantinya memiliki sel telur dan sel sperma yang sehat, menghasilkan janin yang juga sehat. Tips dari aku adalah tekuni olahraga baru bersama dengan suami. Olahraga terbukti akan mendorong orang untuk mengubah prilaku hidup secara keseluruhan. Semoga membantu ya Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Retno Nia Wardani
    Retno Nia Wardani
    selamat siang mama Nadia Mulya.
    saya mau menanyakan beberapa hal tentang kondisi kesehatan seorang wanita.
    mama,,,,jika seorang wanita berusia 28 tahun dan sudah menikah dengan usia pernikahan 3 tahun,tapi sampai aaat ini belum juga mempunyai seorang anak,padahal siklus haidnya teratur.kerjanya kadang dikantor kadang dilapangan.
    yg mau saya tanyakan....apakah mungkin wanita yg seperti ini sulit hamil lantaran karena pengaruh pekerjaannya?
    sedangkan banyak seorang istri yg disekitar saya yg hanya dirumah saja dan tidak ada pekerjaan yg berat juga banyk yg sulit hamil.
    terimakasih mama Nadia Mulya atas perhatiannya.....
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Nia, benar sekali pengamatan Mama bahwa sulit hamil bukan hanya saja masalah wanita karir tetapi juga dialami oleh para istri yang dirumah saja. Pertanda utama dari pada sulit hamil biasanya adalah siklus haid yang tidak teratur akibat hormon yang tidak seimbang. Tetapi bila siklus haid Mama teratur maka ada 2 kemungkinan : pertama ada kondisi fisik atau spikologis baik dari Mama maupun Papa yang mengakibatkan pembuahan tidak terjadi. Untuk itu Mama perlu menelaah gaya hidup Mama apakah ada yang perlu dirubah. Misal waktu istirahat, apa yang dimakan, waktu berhubungan (sebaiknya berhubungan pada h+/- 4 hari dari masa subur dan di selingi satu hari istirahat agar sel sperma matang. Faktor kedua dan yang paling sering saya temui adalah faktor illahi alias memang belum waktunya. Sabar ya Ma sebaiknya Mama alihkan perhatian dengan merencanakan liburan romatis berdua suami atau bersenang - senang dengan teman - teman wanita mumpung belum ada anak, pucuk dicinta ulam tiba biasanya justru kehamilan terjadi di saat Mama sedang sibuk dengan hal lain.

    • Live Chat sudah selesai.

  • yuni arti
    yuni arti
    Selamat siang Mama Nadia Mulya,
    Apakah ada pengaruhnya untuk wanita yang bekerja disebuah pabrik cat, apakah dapat menghambat kesuburan masa hamil ataupun berpengaruh pada kondisi kehamilannya?. Karena walau bekerja di bagian office juga diharuskan untuk mengontrol proses produksinya untuk mengambil data.
    Karena bau catnya itu masih menyengat walaupun sudah pakai masker.
    Bagaimana caranya agar kondisi kehamilan tetap prima.
    Sekian pertanyaan dari saya. Sebelum dan sesudahkan saya ucapkan terima kasih.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama @yuni_arti10, Memang betul pekerjaan yang bersingunggan dengan kimia seperti pabrik cat bila terus menerus dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan yang pada akhirnya menganggu kinerja sistem repoduksi. Apalagi bila cat tersebut bukan yang aman untuk keluarga (mengandung FOC/ Folatile Organic Compund). Walaupun lebih berbahaya manakala Mama sudah terlanjur hamil dibandingkan sedang program kehamilan. Yang dapat Mama lakukan jangan terekspos terlalu lama dengan wangi cat tersebut misalnya akumulasi 1-2 jam sehari dan gunakan masker yang berkualitas bagus, Mama perlu pahami juga bahwa kesuburan sangat dipengaruhi kondisi psikis selain kondisi fisik. Jadi Mama harus selalu berpikiran positif bahwa tubuhya sehat, dan ditunjang dengan gaya hidup yang sehat juga. Semoga membantu ya Mama :)
    • yuni arti
      yuni arti
      Terima kasih atas jawabannya, sangat bermanfaat sekali
    • Live Chat sudah selesai.

  • Anisa Naylatulkarimah
    Anisa Naylatulkarimah
    Siang Mom Nadia, kondisi atau lingkungan kerja seperti apakah yang bisa menghambat wanita untuk hamil. Selain masalah pekerjaan, faktor apa lagi yang bisa menyebabkan sulit hamil dan bagaimana solusinya. Terima kasih :)
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama nisa_nayla, yang dapat menghambat wanita hamil ada 2 faktor ekternal dan internal. Faktor eksternal seperti pekerjaan yang sangat berat sehingga mengakibatkan kelelahan dan gangguan metabolik tubuh, juga pekerjaan yang beresiko tinggi seperti terpapar radiasi dan kimia (interior designer yang sering menghirup cat wallpaper) faktor internal dapat terjadi baik pada Mama maupun Papa, pada Mama dapat dilihat dari siklus haid yang tidak teratur atau terjadinya ketidak seimbangan hormon yang dapat menyebabkan fluktuasi berat badan, mendadak tumbuhnya bulu halus di sekitar tubuh, dan rasa lelah berlebih. Untuk faktor internal sebaiknya Mama periksakan kedokter karena dapat segera diterapi kok menggunakan terapi hormon, semoga menjawab ya Mama.

    • Live Chat sudah selesai.