Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Nadia Mulya

Benarkah Bekerja Bisa Menyebabkan Sulit Hamil? Temukan Jawabannya

Nadia Mulya Ahli Seputar Gaya Hidup Mama Hamil
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Nadia Mulya. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • FAIDAH CHALID
    FAIDAH CHALID
    Apakah bekerja pada shift malam akan mempengaruhi produksi hormon kewanitaan ? Apakah hormon kewanitaan akan tetap baik jika kita melakukan istirahat pada siang hari, dengan waktu tidur yang cukup ?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Selamat siang Mama efaiko.

      Mama hanya bisa bertanya satu kali dalam satu topik, agar memberikan kesempatan untuk Mama lainnya. Pertanyaan Mama sebelumnya akan di jawab oleh Mama Nadia Mulya ya, Ma.

      Terimakasih atas partisipasinya.

    • FAIDAH CHALID
      FAIDAH CHALID
      Iya min, maaf... Bcos, tadi belum waktunya ...
    • Live Chat sudah selesai.

  • Gabriella Imelda
    Gabriella Imelda
    Halo Mama Nadia,

    Saya dan suami bekerja kantoran dimana pekerjaan mengharuskan kami berada di depan komputer sepanjang hari, apakah pengaruh radiasi komputer dan naik turun tangga di kantor mengakibatkan saya belum hamil hingga saat ini (usia pernikahan 2 tahun). Apakah ada solusinya seperti makanan atau olahraga yang bisa membantu mengatasi radiasi komputer ini? Minta tips juga yah bagaimana supaya sehabis kerja bisa tetap segar dan semangat untuk menciptakan romantisme suami istri? seringkali saya sudah lelah sehingga langsung tidur, akhirnya masa subur terlewat begitu saja. thank you Mama Nadia dan Lactamil.
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai Mama Imelda, sebenarnya radiasi yang dihasilkan oleh komputer sangatlah kecil dan tidak akan mempengaruhi hormon. Yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah hormon yang dipengaruhi oleh metabolisme. Jadi bila terlalu lama duduk diposisi yang sama ditambah dengan kondisi tegang maka kelamaan akan terjadi gangguan metabolisme. Cara menangkalnya adalah dengan berhenti setiap 1-2 jam lakukan stretching ringan. Bila mama termasuk keterusan jika bekerja, selalu sedia air mineral dan banyak minum sehingga otomatis mama akan banyak bergerak ke kamar mandi. Tetapi apabila hingga 2 tahun belum juga hamil ada baiknya Mama periksakan ke dokter namun sebelumnya coba mama cek gejala berikut ini : Haid tidak teratur, kegemukan, tumbuh bulu halus disekitar tubuh Mama. Bisa jadi mama menggalami keseimbangan hormon PCO jangan khawatir dapat diobati dengan terapi dengan dokter kandungan untuk sementara waktu bila mama dan papa mengalokasikan satu-dua hari dalam 1 minggu untuk olahraga bersama, olahraga juga akan meningkatkan serks drive loh. Jangan lupa juga untuk melakukan "Dateninght" seperti kencan berdua dengan suami di restoran baru agar selalu romatis. Semoga membantu ya Mama :)
    • Gabriella Imelda
      Gabriella Imelda
      terimakasih mama Nadya...jawabannya sangat luar biasa membantuku...Semoga dapat menjawab pertanyaan mama2 lainnya yang punya masalah yang sama denganku :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sriwahyuni Barasa
    Sriwahyuni Barasa
    apakah ada pengaruh sulit hamil bagi wanita yang bekerja di kantoran karena seharian menggunakan komputer.???
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai mama Sri, sebenarnya radiasi yang dihasilkan oleh komputer sangatlah kecil dan tidak akan mempengaruhi hormon. Yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah hormon yang dipengaruhi oleh metabolisme. Jadi bila terlalu lama duduk diposisi yang sama ditambah dengan kondisi tegang maka kelamaan akan terjadi gangguan metabolisme. Cara menangkalnya adalah dengan berhenti setiap 1-2 jam lakukan stretching ringan. Bila mama termasuk keterusan jika bekerja, selalu sedia air mineral dan banyak minum sehingga otomatis mama akan banyak bergerak ke kamar mandi. Semoga membantu ya Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nafeesha Kalova F
    Nafeesha Kalova F
    Selamat siang mama nadia :)

    Mam, rutinitas kerja 8 jam dan dilanjut dengan kuliah malam 3jam lebih banyak aktivitasnya dimana di dalam dan diluar ruangan yang terkena debu dan terkena asap rokok apakah rutinitas yang begitu sibuk dan kondisi sekitar yang kurang baik maka sulit memiliki keturunan??apakah ada program khusus mam utk memeprcepat keturunan. Terima kasih
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Lova, sebenarnya kurangnya istirahat dan lingkungan berpolusi bila secara terus menerus akan mempengaruhi tingkat kesuburan, tetapi tubuh memiliki mekanisme sindiri untuk dapat menangkal "racun" tersebut. Yang paling utama faktor umur dan kebugaran.  Usia muda (aku rasa Mama yang masih kuliah masih dalam usia muda ya) memiliki resistensi yang lebih kuat. Tetapi umur bukanlah hal yang pasti bila tubuh tidak bugar, jadi selelah apapun Mama harus tetap mengalokasikan waktu untuk olahraga ringan. Karena olahraga itu salah satu manfaatnya akan membuat Mama tidur pulas lebih cepat sehingga fase deep sleep atau tidur berkualitas lebih panjang. Sedapat mungkin hindarilah asap rokok dan makan makanan yang mengandung antiaoksidan. Untuk program khusus untuk mempercepat kehamilan nanti akan aku share di artikel Mamacare.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil
    Selamat siang Mama. Mama Nadia Mulya sudah siap menjawab pertanyaan seputar Benarkah Bekerja Bisa Menyebabkan Sulit Hamil? Temukan Jawabannya. Silahkan bergabung,
    Percakapan
  • dini Yuliyanti
    dini Yuliyanti
    Siang mama nadya yg cantik saya mau tnya itu mitos atau fakta yah klo wanita yg bekerja bkin susah hmil krna teman2 kntor saya jg pda mengalaminya. Trus ada tipsnya tidak biar cpet hmil buat wanita yg bekerja karna frekuensi krja saya jg ckup berat hrus plg mlm tiap hari apa itu jg mempengaruhi jg. Makasih jwbannya
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya

      Hai Mama Dini, apakahitu adalah fakta atau mitos tergantung dari berbagai kondisi. Pekerjaan sebagai ibu rumahtangga pun apabila monoton dan mengakibatkan kelelahan mental dan kemudian mengakibatkan kelelahan fisik juga dapat mempengaruhi hormon dan metabolisme tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi tinggkat kesuburan. Bila wanita karir sulit hamil bisa lebih disebabkan oleh faktor eksternal dibanding pekerjaan itu sendiri, seperti menghabiskan waktu yang lama di mobil saat kemacetan, duduk terlalu lama di depan komputer sehingga jarang bergerak, membeli makanan junk food/gorengan/ tidak sehat, dll.  Tipsnya adalah mengatur pola makan (bawa bekal masakan rumah/buah - buahan), minuman vitamin anti oksidan/ multivitamin khusus wanita, dan bayar tidur di akhir pekan.

    • dini Yuliyanti
      dini Yuliyanti
      Maksih mama nadya jwabannya aku bklan ksih tips k tmen2ku
    • Live Chat sudah selesai.

  • FAIDAH CHALID
    FAIDAH CHALID
    Apakah bekerja pada shift malam akan mempengaruhi 'hormon' kewanitaan, sehingga akan menyulitkan rencana kehamilan ? Apakah jenis pekerjaan, juga akan mempengaruhi hormon kewanitaan ?
    Percakapan
    • Nadia Mulya
      Nadia Mulya
      Hai mama efaiko, sebuah penelitian menunjukan bahwa jika bekeja shift malam untuk jangka waktu yang panjang memang akan mempengaruhi tingkat kesuburan ada dua faktor utama yang pertama faktor fisik yaitu terjadinya gangguan fungsi biologis yang ditandai siklus menstruasi berantakan, faktor kedua adalah kebiasan karena waktu yang seharusnya untuk bermesaran dengan suami mama justru lelah dan beristirahat. Hal ini bisa ditanggulangi dengan pembagian shift malam dan shift pagi jadi ada waktu bagi tubuh untuk "Riset ke kondisi awal". Selain itu hindari minum kopi dan minuman energi secara berlebih karena akan mempengaruhi metabiolisme tubuh. Jenis pekerjaan seperti operator exsray (sering berhubungan dengan radiasi) dan pekerjaan berbahaya lain tentunya akan mempengaruhi horom estrogen dan progesteron. Semoga membantu ya Mama :)
    • FAIDAH CHALID
      FAIDAH CHALID
      Makasih..... : ) Sukses selalu untuk Mama Nadia !
    • Live Chat sudah selesai.