Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Kurangnya Nutrisi di Awal Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Dhewieg Lupy Ghuffy
    Dhewieg Lupy Ghuffy
    Selamat siang dr. Febriansyah darus. Saya ingin bertanya apa dampak negatif ibu hamil trimester 1 jika kekurangan nutrisi? Apakah ini bisa mengakibatkan perkembangan janin tidak normal? Kemudian saya sebagai seorang perempuan yang sedang hamil, bagaimana cara mencegah agar tidak sampai kekurangan nutrisi? Karena ini adalah suatu hal yang sangat saya takuti dan tidak ingin ini terjadi pada diri saya. Mohon jawaban dan solusinya ya doj ! Terima kasih...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang mama Dhewieg

      Nutrisi sangat diperlukan oleh mama yang sedang hamil untuk mensupport kebutuhan dirinya dan si janin di dalam kandungannya. JIka kandungan nutrisi tidak cukup atau kurang tentunya bisa berdampak buruk pada kehamilan seperti berat badan bayi kurang, pertumbuhan bayo terhambat atau stunting setelah lahir, bayi gampang menderita sakit atau menderita alergi. Untuk mencegahnya perbaiki pola asupan mama dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang sehingga memenuhi semua kebutuhan nutri sat hamil. variasi jenis makanan juga sangat menentukan. Terima Kasih
    • Live Chat sudah selesai.

  • Yuni Syifa DziLi
    Yuni Syifa DziLi
    Dear dr. Febriansyah,



    Dok saya mau tanya kalau hamil muda 6-18 minggu masih bisakah memberikan asi pada si kakak, mengingat saat ini sedang mengalaminya..

    apakah dampak baik dan buruknya jika saya tetap memberikan asi pada si kakak.. apakah nutris buat si calon adik tercukupi dok.. mohon pencerahannya yah dok ?

    makasih dokter
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Yuni Syifa DziLi, pada kondisi ini sebernarnya tidak masalah pada Mama tetap menyusui. Nutrisi ke janin tidak akan hilang diambil oleh si kakak yang sedang menyusui. Tetap berikan ASI selagi anak pertama masih mau dengan syarat, Mama harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan minum air putih 2-3 liter per hari. Semoga jawabannya membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • enny zara
    enny zara
    siang dokter, saat ini saya hamil 12 minggu, nafsu makan menurun, lidah seperti tidak ada rasanya, saat periksa ke bidan di berikan kalsium dan zat besi, lalu saya periksa lagi ke dokter obgyn untuk USG hanya di berikan asam folat, menurut dokternya konsumsi zat besi malah akan membuat tambah mual jadi vitamin yang di berikan bidan tidak perlu di konsumsi. menurut dokter saya harus minum asam folat saja atau vitamin yang di kasih bidan (kalsium & zat besi).Apakah benar konsumsi vit zat besi bisa menambah mual. Makanan apa yang harus saya konsumsi saat nafsu makan sedang turun kaya gini ya dok biar janin tidak kekurangan nutrisi. di tunggu jawabannya.. makasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Umumnya kandungan zat besi memang akan merangsang rasa mual. Tetapi ada beberapa suplemen zat besi yang mengandung IPC kompleks sebenarnya aman untuk dikonsumsi selama Mama mengalami mual dan muntah. Jika mual muntah itu hebat sekali sebaiknya diganti dengan preparat zat besi yang tidak merangsang asam lambung (IPC). Selain itu, selama mual muntah Mama harus mengatasi dengan cara konsumsi makanan sedikit tapi sering. Jika Mama bisa mengkonsumsi susu, kandungan kalsiumnya juga sangat tinggi.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nita Linuria
    Nita Linuria
    Siang dokter...

    Apa saja dampak kurang nutrisi diawal kehamilan dan apa saja yg hrus dikonsumsi agar janin tidak kurang nutrisi? Terimakasih dok...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Nita Linuria, nutrisi merupakan hal yang paling penting buat seorang wanita yang sedang mengandung, karena asupan yang di peroleh selama hamil sampai usia 2 tahun akan sangat menentukan kehidupan si calon anak nantinya. Dampak apa saja yang terjadi jika seorang wanita hamil dengan kondisi kekurangan nutrisi ? bisa mengalami bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah, pertumbuhan anak tidak optimal (stunting), bisa mengganggu kecerdasan dan meningkatkan resiko terkena penyakit-penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes melitus atau gangguan kekebalan tubuh. Semoga jawabannya membantu ya :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Kartika Wulan Sari
    Kartika Wulan Sari
    Dear dr. Febriansyah,

    Biasanya di awal kehamilan, Ibu hamil akan mengalami mual muntah bahkan ada yang mengalami hyperemesis. Bagaimana cara mengatasi mual muntah yang berlebihan agar nutrisi untuk Ibu dan janin tetap tercukupi? Sedangkan bagi penderita hyperemesis untuk minum air putih saja sulit. Lalu apakah kekurangan nutrisi pada Ibu dan janin dapat mempengaruhi tumbuh kembang pada janin?

    Terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hi mama Kartika.

      Selamat ya atas kehamilannya. Hiperemesis adalah hal yang normal dalam kehamilan. Memang mengganggu sih . tetapi yang harus mama tahu bahwa hal ini normal. Selagi mama bisa mengkonsumsi apa saja sebenarnya tidak perlu khawatir. Tipsnya Makan sering dalam jumlah sedikit, kurangi konsumsi makanan yang terlalu berminyak dan merangsang asam lambung seperti pedas atau terlalu berbumbu. JIka mual tetap ada bisa mengkonsumsi jahe sebagai obat tradisional. Jika tetap mual muntah silakan hubungi dokternya untuk mendapatkan terapi . Terima Kasih mama.
    • Kartika Wulan Sari
      Kartika Wulan Sari
      Baik, terima kasih atas jawaban dan juga sarannya.. Semoga saya dan janin yang dikandung sehat selalu :)

      Selamat hari kesehatan dunia :)
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Sama - sama Mama Kartika Wulan Sari. Semoga bermanfaat ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.