Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • dina ruswita ruswita
    dina ruswita ruswita
    siang dok.kenapa ya berat badan saya tdk segera kembali sebelum saya hamil padahal saya menyusui eksklusif 6 bulan sampai baby saya berumur sekarang 20 bulan.dan semua saya urus sendiri.dan haid saya jadi tidak teratur juga.terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama druswita, Memang benar bahwa, menyusui secara eksklusif bisa menurunkan 500 mg/minggu tetapi harus diperhatikan juga asupan makan mama tidak berlebihan karena jika berlebihan bukannya menurunkan, malah akan semakin naik. Karena pada ibu menyusui rasa haus dan lapar lebih tinggi, untuk itu perlu mengatur jumlah asupan mama, serta lakukan olahraga teratur. Semoga membantu ya Mama  :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Dian indarti
    Dian indarti
    Sore dok, adakah pengaruh produksi ASI pada ibu yang melahirkan secara Cecar? karena biasanya pada persalinan normal ASI (kolostrum) akan ikut kaluar bersama kontraksi hebat. Terimakasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama bunda qisma. Tidak ada perbedaan keluarnya asi pada persalinan normal atau caesar. Keluarnya produksi asi dipengaruhi oleh kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi dan Semakin Mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Susanty Liem
    Susanty Liem
    Sore Dokter,
    Saya mau nanya sesuatu sama dokter.
    Sebaiknya proses persalinan normal atau sesar supaya produksi asi kita lancar?
    dan apakah dengan melahirkan sesar bisa melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) ? karena anak pertama saya tidak mendapatkan IMD waktu itu saya lahir normal tp ASI nya belum keluar. Saran apa saja dokter supaya ASI banyak dan lancar?
    terimakasih ya dok sebelumnya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Susanty, Persalinan norma atau secar, ditentukan atas idikasi opsetri. baik operasi atau normal tidak ada mempengarhi produksi Asi, untuk melancarkan Asi Mama bisa lakukan :
      1. IMD baik normal atau secar
      2. Semakin dini dan sering menyusi serta semakin sering mengosonkan payuara akan meningkatkan Asi
      3. Perhatian  jumlah nutrisi makanan sehari-hari. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mervin Hadianto
    Mervin Hadianto
    Selamat siang dr, saya mau tanya:
    1. Apakah dampak Inisiasi Menyusu Dini pada persalinan normal (disarankan selama 1 jam bersama bayi) dengan persalinan cesar (kemungkinan cuma sebentar, karena bayi berisiko kedinginan di kamar operasi) itu berbeda?
    2. Apakah konsumsi ekstrak daun katuk /fenugreek/ suplemen pelancar ASI SEBELUM melahirkan akan mempercepat produksi ASI agar begitu lahir, kolustrum dan ASI sudah cukup, sehingga tidak harus menunggu sampai 3 hari, yang membuat ibu stress duluan karena alasan ASI tidak ada?
    3. Apa saja sih indikasi medis untuk pemberian susu formula?
    4. Apakah obat antinyeri (ketoprofen suppositoria/suntikan atau bahkan plester berisi morphin - terutama pasca operasi sesar) untuk ibu hamil bisa berdampak buruk pada bayi (mengantuk) sehingga ia akan malas menetek?
    Terimakasih.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • EFRYZA SYAHRY
    EFRYZA SYAHRY
    Siang dok, saya seorang ibu menyusui dan saya juga melahirkan secara normal. Yang mau saya tanyakan dok, Apakah produksi ASI berbeda antara melahirkan normal dan Caesar dok? Dan adakah tipsnya dok agar saya bisa full asi selama 6 bulan atau lebih atau agar ASI nya lancar dok?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Vivi. Tidak ada perbedaan asi ang melahirkan secara caesar atau normal. Yang harus diperhatikan adalah semakin sering Mama menyusui atau semakin sering Mama mengosongkan payudara maka produksi asi Mama akan semakin banyak. Tetapi produksi asi juga sangat ditentukan oleh nurisi Mama selama menyusui dan ini tetap harus diperhatikan. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • ROSMERY INDRAYANI
    ROSMERY INDRAYANI
    Selamat Siang Dok
    Saya ibu yang melahirkan secara cecar tetapi saya tidak IMD apakah ada pengaruh kepada bayi tetapi sekarang saya masih menyusui anak saya..dan jika kecapean atau cuaca dingin bekas jahitan cecar sering nyut2 an apa karena itu bekasnya belum sembuh total ya dok
    terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Rosmery, Luka jahitan akan sembuh total, setelah beberapa bulan, jadi dibulan-bulan pertama, rasa ngilu diujung-ujung jahitan hal yang normal. IMD adalah salah satu teknik untuk meningkatakn bonding antara ibu dan bayi yang dipercaaya meningkatkan Asi. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ajeng Nur Eskawati
    Ajeng Nur Eskawati
    Selamat siang dokter. Saya mau bertanya :
    1. Ibu yg melahirkan cecar apa tetap bisa melaukan Inisiasi menyusu dini?
    2. Apakah ASi yg dikeluarkan oleh ibu yang melahirkan normal dan cecar memiliki kandungan nutrisi yg sama?
    3. Ada beberapa teman yg melahirkan dgn cara cecar kmdn produksi ASI sedikit. Apakah itu pengaruh cecar atau krn nutrisi ibu yg kurang?
    4. Apa benar ibu yg melahirkan secara normal cenderung lebih cpt pulih dan sehat dibandingkan ibu yg melahirkan scr cecar?
    5.Saya melahirkan scr normal tp ASi br keluar stlh 4 hari, normalkah itu?
    6. Apa ada perbedaan antara bayi yg dilahirkan secara normal dan cecar?
    Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ajeng.
      1. IMD tetap bisa dilakukan walaupun melahirkan secara caesar.
      2. Kandungan nutrisi tetap sama.
      3. Kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai menyusui, kurang seringnya menyusui/meneteki bayi, posisi dan perlekatan bayi yang kurang tepat (manajemen laktasi) serta nutrisi Mama menyusui yang kurang
      4. Iya benar.
      5. Asi bisa saja keluar 3 hari setelah bersalin. Kadang-kadang diminggu-minggu pertama keluarnya asi belum lancar dan ini adalah normal. 
      6. Semakin sering Mama menyusui dan mengosongkan payudara, produksi asi akan semakin banyak.
      Semoga membnatu :)

    • Ajeng Nur Eskawati
      Ajeng Nur Eskawati
      terima kasih atas penjelasannya dok...
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nani Susanti
    Nani Susanti
    Siang Dr. Febriansyah.. 8 bulan yang lalu saya melahirkan anak pertama dgn proses caesar, sayangnya saya tdk melakukan IMD pada saat itu tp syukur alhamdulillah skrg saya bs memberikan asi eksklusif. Yang ingin di tanyakan, apakah nutrisi asi akan berbeda apabila melakukan / tdk melakukan IMD dan apakah akan berpengaruh pada imunitas anak saya ke depannya? Karna banyak yg bilang klo imunitas anak yg di lahirkan secara caesar berbeda (mudah terserang penyakit) di bandingkan dgn yg lahir secara normal. Terima kasih :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Nani Susanti, Iminitas bayi tidak ditentukan oleh persalinan. Tindakan IMD tetap bisa dilakukan walau persalinan secar. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Septiyani
    Septiyani
    siang dr. Febri
    klo sy denger2 dr teman setelah cecar kt tidak bisa langsung menyusui, klo dipaksakan berbahaya tidak dok?
    alhamdulillah 2 kali melahirkan sy normal dan ASI langsung lancar tp mengingat usia dan faktor resiko melahirkan selanjutnya disarankan cecar, bagaimana carany agar tetap bisa menyusui minimal ASI ekslusif walo persalinanny cecar dok?
    trimakasih sebelumnya
    salam
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Bundanya Ahza. Tidak benar bahwa tindakan operasi caesar akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas asi. Walaupun persalinan dilakukan dengan cara caesar, tindakan seperti IMD, menyusu dini dan rawat gabung masih tetap dapat dilakukan, hanya bedanya dihari-hari pertama pasca salin Mama harus menyesuaikan posisinya karena luka operasi dan selebihnya sama tidak ada yang berbeda. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • maesaroh
    maesaroh
    Siang dok,,saya melahirkan secara cesar asi ku ko dikit ya padahal sebelum melahirkan uk 8 bln an asi ku sering keluar bnyk,apa bener kata orang suntikan yg di suntikan d punggung saat cesar menyebab j
    Kan produksi asi berkurang
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Saroh, Tidak benar bahwa suntikan anestesi dipunggung membuat Asi berkurang. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.